Cara Buat Rekening BNI Online Langsung Aktif dan Dapat Kartu ATM

Cara Buat Rekening BNI Online Langsung Aktif dan Kartu ATM

Bagi sebagian orang masih kebingungan bagaimana cara buat rekening BNI online. Bahkan tidak sedikit yang menanyakan apakah rekening BNI Online akan mendapatkan kartu ATM dan buku tabungan.

Jika Anda termasuk salah satu dari yang memiliki pertanyaan yang sama, silahkan simak informasi berikut ini untuk bikin rekening BNI. Bahkan rekening tersebut bisa langsung aktif Anda gunakan untuk transaksi secara online karena tersedia kartu virtual.

Cara Buat Rekening BNI Online

Bank Negara Indonesia (BNI) adalah salah satu bank terbesar di Indonesia dengan jangkauan yang luas di seluruh wilayah Indonesia.

Seiring dengan kemajuan teknologi, BNI telah menghadirkan berbagai layanan perbankan yang dapat diakses secara online, salah satunya adalah rekening BNI online.

Rekening online memberikan kemudahan dan kepraktisan bagi nasabah untuk melakukan transaksi perbankan dari mana saja dan kapan saja.

Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan rekening BNI, Anda perlu memahami cara membuka rekening dan juga tips dalam menggunakan rekening tersebut agar terhindar dari risiko keamanan.

Keuntungan Memiliki Rekening BNI Online

Apa itu Rekening BNI Online?

Rekening BNI online adalah jenis rekening bank yang dapat diakses melalui internet. Dengan memiliki rekening BNI online, nasabah dapat melakukan berbagai transaksi perbankan secara online seperti transfer uang, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, hingga investasi saham.


Selain yang telah disebutkan di atas, ada beberapa keuntungan menabung di BNI Online yang bisa Anda temukan diatanranya adalah sebagai berikut:

Mudah dan Praktis

Dengan memiliki rekening bank online, Anda dapat melakukan transaksi perbankan kapan saja dan di mana saja. Kalian tidak perlu lagi datang ke kantor cabang BNI untuk melakukan transaksi. Cukup dengan mengakses internet banking BNI, Anda dapat melakukan transaksi perbankan secara online.

Aman dan Terpercaya

Keamanan menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam melakukan transaksi perbankan. Rekening BNI online telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang cukup kuat seperti token dan verifikasi SMS untuk melindungi akun kalian dari tindakan penipuan atau kejahatan cyber.

Banyak Pilihan Transaksi

Dengan memiliki rekening BNI, Anda dapat melakukan berbagai macam transaksi perbankan seperti transfer uang, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, hingga investasi saham.

Baca Juga: BNI Fleksi Ditolak! Jangan Panik, Ini Penyebab dan Solusinya

Hal ini membuat nasabah BNI semakin mudah dalam melakukan transaksi perbankan.

Hemat Waktu dan Biaya

Dengan melakukan transaksi perbankan secara online, kalian dapat menghemat waktu dan biaya yang sebelumnya dikeluarkan untuk datang ke kantor cabang BNI. Selain itu, Anda juga tidak perlu lagi membuang waktu untuk mengantre saat transaksi di kantor cabang.

Cara Buat Rekening BNI Online

Cara buat rekening BNI Online sangat mudah dan cepat. Bahkan hanya dalam hitungan menit, Anda sudah bisa memiliki rekening yang dapat Anda gunakan untuk mnenerima pembayaran dari teman atau rekan bisnis Anda.

Untuk membuka rekening BNI, kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Unduh Aplikasi

Langkah terbaik bikin rekening BNI Online adalah melalui aplikasi yang dapat kalian unduih di playstore maupun appstore. Silahkan unduh dan instal aplikasi BNI Mobile Banking di smartphone kalian.

Buka Rekening

Setelah instalasi selesai, lanjut dengan membuka aplikasi tersebut dan cari menu Buka Rekening. Klik menu ini untuk melakukan proses pendaftaran.

Pilih Jenis Tabungan

Silahkan Anda memilih jenis tabungan yang ingin Anda gunakan. Ada beberapa produk tabungan yang ditawarkan oleh BNI mulai dari tabungan Anak hingga tabungan berjangka. Untuk jenis tabungan yang paling umum digunakan adalah BNI Taplus.

Isi formulir pendaftaran

Setelah masuk ke halaman pendaftaran, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran dengan data diri yang lengkap dan benar. Pastikan nomor KTP yang Anda masukkan sudah benar dan sesuai dengan yang ada.

Verifikasi identitas

Setelah mengisi formulir pendaftaran, silahkan mengirimkan atau melakukan foto selfi untuk diverifikasi oleh pihak BNI. Selain itu Anda juga harus mengirimkan foto tanda-tangan kalian pada kertas putih.

Aktivasi rekening

Setelah verifikasi identitas selesai, kalian akan mendapatkan user ID dan password untuk mengakses internet banking BNI. Anda dapat langsung melakukan aktivasi rekening dengan cara melakukan setoran awal sesuai dengan jenis tabungan yang Anda pilih.

Mendapatkan Kartu ATM

Setelah semua proses Anda lewati dan juga telah melakukan setoran awal, Anda bisa mendapatkan karu ATM dan buku tabungan. Untuk Kartu ATM dan buku tabungan sendiri tidak dikirim ke alamat Anda, tetapi kalian harus mengambil ke kantor cabang BNI terdekat.

Syarat Pembukaan Rekening BNI

Bagi Anda yang ingin bikin rekening BNI online, ada beberapa syarat dan persyaratan yang harus dipenuhi. Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk buat rekening BNI online:

E-KTP

KTP atau kartu tanda penduduk adalah dokumen identitas yang wajib dipenuhi oleh nasabah. Calon nasabah perlu menyiapkan E-KTP asli saat akan bikin rekening online.

NPWP

NPWP atau nomor pokok wajib pajak adalah dokumen penting bagi nasabah yang ingin membuka rekening Bank. Namun, untuk nasabah yang tidak memiliki NPWP, BNI juga menyediakan opsi untuk membuka rekening tanpa NPWP.

Data Lengkap

Anda perlu mengisi data lengkap dan benar pada formulir pendaftaran rekening BNI. Beberapa data yang perlu diisi antara lain nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan informasi pekerjaan.

Umur

Untuk cara bbuat rekening BNI online, setidaknya Anda minimal harus berusia 17 tahun ke atas. Sedangkan untuk bikin rekening tabungan Anak, hanya bisa dilayani oleh orangtua atau wali.

Email dan Nomor Handphone Aktif

Anda perlu memiliki email dan nomor handphone aktif yang dapat digunakan untuk verifikasi dan notifikasi dalam proses pembukaan rekening BNI online. Pastikan nomer dalam keadaan aktif danmemiliki cukup pulsa untuk mengirimkan data OTP saat bikin rekening BNI online baru.

Baca Juga: Syarat Pinjaman BNI Fleksi – Kredit Tanpa Agunan Limit 500 Juta

Setelah memenuhi persyaratan di atas, Anda dapat mengikuti proses buat rekening BNI online dengan cara yang telah disebutkan sebelumnya.

Setoran Awal Tabungan BNI

Setoran awal adalah uang yang perlu disetor oleh nasabah pada saat pembukaan rekening BNI online. Besaran setoran awal ini dapat berbeda-beda tergantung jenis rekening yang dibuka. Pada umumnya, setoran awal untuk membuka rekening BNI online cukup terjangkau dan tergolong murah dibandingkan dengan bank lainnya.

Sebagai contoh untuk setoran awal pada rekening tabungan BNI Taplus, Anda hanya perlu menyediakan dana sebesar Rp. 250.000. Jumlah ini termasuk sangat terjangkau dan mudah dipenuhi oleh nasabah yang baru pertama kali membuka rekening.

Sedangkan untuk setoran awal pada rekening deposito BNI, besaran uang yang perlu disetor jauh lebih besar. Hal ini disebabkan karena rekening deposito BNI memiliki tenor atau jangka waktu yang lebih lama dan tingkat bunga yang lebih tinggi. Besaran setoran awal untuk rekening deposito BNI online minimal adalah Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah).

Namun, penting untuk diingat bahwa setoran awal yang telah disetorkan oleh nasabah tidak akan menjadi saldo awal rekening. Saldo awal rekening akan muncul setelah proses aktivasi rekening selesai dilakukan.

Setoran awal dapat dilakukan dengan cara transfer ke rekening BNI atau dengan menggunakan layanan e-channel seperti ATM atau internet banking. Pastikan untuk melakukan setoran awal sesuai dengan besaran yang telah ditentukan dan sesuai dengan jenis rekening yang dibuka.

Tips Menggunakan Rekening BNI Online

Setelah Anda memiliki rekening online dari Bank BNI, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terutama mengenai masalah keamanan.

Hal in penting mengingat belakangan ini banyak kejahatan yang bisa dilakukan secara online dan ini juga demi menjaga dana yang Anda simpan di Bank. Dan berikut ini adalah tips menggunkaan rekening secara online.

Periksa Saldo Rekening Secara Berkala

Hal yang perlu dilakukan nasabah adalah melakukan pengecekan saldo rekening secara berkala. Hal ini dapat dilakukan untuk memastikan saldo yang ada di dalam rekening masih cukup untuk melakukan transaksi tertentu.

Dengan melakukan pengecekan secara berkala, Anda juga dapat memantau adanya transaksi yang tidak diketahui atau adanya tindakan kejahatan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jaga Kerahasiaan User ID dan Password

Kerahasiaan user ID dan password merupakan hal yang sangat penting dalam menggunakan rekening BNI online. Jangan pernah memberikan user ID dan password kepada orang lain, termasuk pada pihak Bank BNI.

Selain itu, hindari juga menggunakan password yang mudah ditebak atau menggunakan password yang sama dengan akun lainnya.

Perhatikan Batas Transfer

Bank BNI memiliki batas maksimal transfer dalam satu hari. Oleh karena itu, pastikan kalian memahami batas transfer yang berlaku agar transaksi dapat berjalan lancar dan tidak terkendala.

Baca Juga: Tabel KPR BNI Terbaru dan Suku Bunga Yang Ditawarkan

Anda dapat memeriksa batas transfer yang berlaku pada website resmi BNI atau menghubungi customer service BNI. Untuk batas transfer sendiri tentunya berbeda antara antar bank dan sesama pengguna BNI.

Pastikan Alamat Website yang Dikunjungi Benar

Sebelum melakukan transaksi perbankan melalui internet banking BNI, pastikan alamat website yang dikunjungi benar dan resmi dari Bank BNI.

Hindari mengunjungi website yang tidak jelas atau mencurigakan untuk menghindari tindakan penipuan atau kejahatan cyber.

Gunakan Jaringan Pribadi

Hindari menggunakan jaringan Wifi yang bersifat publik atau umum. Hanya gunakan jaringan internet yang bersifat pribadi seperti contohnya penggunaan data dari nomer ponsel. WIFI yang bersifat publik atau umum dan banyak digunakan orang rentan terhadap aksi kejahatan.

Gunakan Device Pribadi

Sebaiknya hanya gunakan gadget atai device milik pribadi untuk mengakses layanan perbankan apapun terutama jika mewajibkan untuk login. Penggunaan device yang berbeda-beda sangat berbahaya dan rentan terhadap pencurian data terutama akun untuk login ke BNI Online.

Kesimpulan

Rekening BNI online merupakan solusi mudah dan praktis bagi kalian untuk melakukan transaksi perbankan secara online.

Keuntungan memiliki rekening BNI online antara lain mudah dan praktis, aman dan terpercaya, banyak pilihan transaksi, serta hemat waktu dan biaya. Untuk membuka rekening BNI, nasabah dapat mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas.

Namun, kalian juga perlu memperhatikan beberapa tips dalam menggunakan rekening BNI seperti melakukan pengecekan saldo secara berkala dan menjaga kerahasiaan user ID dan password.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda dapat memaksimalkan penggunaan rekening online dan melakukan transaksi perbankan dengan mudah dan aman.

Dapatkan informasi lainnya dari joglonesia.com di Google News