Aplikasi Edit Video yang Dipakai Youtubers

13 Aplikasi Edit Video yang Dipakai Youtubers di HP dan PC

6. Adobe Premiere Clip

Siapa yang tidak kenal dengan Adobe Premier? Ya ini merupakan aplikasi edit video untuk youtubers yang menyediakan versi untuk HP dengan nama Adobe Premier Clip.

Dengan menggunakan Adobe Premiere Clip, Anda dapat secara otomatis mengedit klip video yang direkam dengan ponsel. Nama aplikasi ini memperjelas bahwa aplikasi ini menggabungkan beberapa klip video.

Aplikasi untuk pengeditan video Android ini memungkinkan pengguna untuk mengedit video mereka secara manual dengan alat seperti efek dan musik. Ini juga memiliki fitur tambahan yang dapat ditambahkan secara manual.

  • Pengembang: Adobe
  • Minimal: OS Android 4.4
  • Ukuran File: 59MB
  • Download: 10.000.000 lebih
  • Rating: 3.5/5 (Playstore)

Aplikasi Edit Video Yang Dipakai Youtubers Untuk PC/Laptop

Jika Anda sudah cukup familiar dan ingin belajar edit video yang l;ebih profesional, Mungkin kini saatnya beralih dengan menggunakan laptop atau PC Anda. Nah, untuk mendukung hal ini, tentunya dibutuhkan aplikasi atau software dalammebantu Anda mengedit video yang akan di unggah di Youtube.

Ada sejumlah aplikasi yang bisa Anda gunakan dan Joglonesia Telah memilih beberapa terbaik dari yang terbaik yang ada saat ini. Berikut ini aplikasi tersebut:

1. Adobe Premiere Pro

Perangkat lunak pengeditan video paling populer adalah Adobe Premiere Pro, yang dibuat oleh perusahaan Adobe. Ini adalah salah satu perangkat lunak pengeditan video terbaik untuk YouTubers karena ditujukan untuk penggunaan profesional. Aplikasi dekstop ini memiliki fitur tambahan yang membantu pengeditan video. Meski mengejutkan, hal ini menjadikan Premiere Pro sebagai salah satu editor video terbaik untuk YouTube.

Video dapat diedit menggunakan berbagai resolusi, dari 8K hingga VR. Untuk melakukannya memang membutuhkan banyak latihan terutama untuk pemula. Hal ini karena fiturnya cukup banyak dan beberapa orang menggunakan software ini untuk pembuatan film sederhana.

Untuk menggunakan Aplikasi edit video yang dipakai youtubers ini, Anda setidaknya membutuhkan laptop dengan spek yang cukup kuat dengan DDR4 dan Ram minimal 16 GB. Terutama untuk versi terbaru yang mana software ini cukup berat untuk bekerja pada laptop atau PC dengan Ram dibawah 16 GB.

2. Camtasia Studio (Software PC)

Camtasia Studio merupakan aplikasi atau software yang digunakan untuk editing video di laptop atau pc. Ini merupakan aplikasi besutan dari TechSmith yang cukup terkenal selain Adobe Premiere Pro. Sayangnya, Camtasia tidak meyediakan untuk versi HP dan hanya tersedia versi dekstop.

Bahkan, tersedia juga fitur untuk screen recording yang memudahkan Anda untuk merekam layar laptop dan mengeditnya langsung setelah proses record selesai. Tampilan user interfacenya memang tidak serumit pada premiere pro, namun beberapa efek dan menunya cukup lengkap.

Selain itu, aplikasi ini lebih ringan jika dibandingkan dengan Adobe Premiere. Setidaknya, dengan kapasitas ram sebesar 8 GB sudah bisa melakukan pengeditan video dengan Camtasia. Sejauh ini, Camtasia menjadi apliaksi edit video untuk youtubers sebagai alternatif jika spek laptop rendah.

3. Wondershare Filmora

Anda dapat menggunakan aplikasi Wondershare Filmora untuk membuat edit video yang diunggah ke YouTube lebih menarik. Aplikasi ini memiliki dua versi dan Anda dapat menggunakan mana yang Anda suka. Versi pertama digunakan untuk diting video di smartphone dengan nama FilmoraGo dan satu lagi Wondershare Filmora untuk PC atau laptop.

Tidak berbeda dengan Camtasia, Filmora memiliki tampilan user interface yang sederhana namun bebrapa fitur yang ditawarkan cukup lengkap untuk membuat video Youtube. Anda juga bisa menambahkan caption secara manual dengan aplikasi wondershare filmora ini.

Jika dibandingkan dengan kedua aplikasi editing video di atas, Wondershare Filmora mungkin lebih ringan. Sayangknya, Filmora ini tidak menyediakan fitur untuk merekam layar seperti yang dimiliki Camtasia Studio.

Opsi EasyMode Filmora membuat aplikasi pengeditan video ini lebih mudah diakses. Anda juga bisa memilih template efek transisi dengan resolusi 4K di atas 100. Karena cukup ringan, Filmora dilaporkan jarang mengalami crash dan masalah lain saat proses editing berjalan.

4. DaVinci Resolve

Ada banyak aplikasi edit video berbayar di pasaran. Beberapa di antaranya termasuk Adobe Premiere Pro, Camtasia Studio dan juga Wondershare Filmora. Namun apliaksi DaVInci resolve ini gratis untuk Anda gunakan pada komputer MacOS, Windows, dan Linux. Meski aplikasi edit video ini gratis, namun kabarnya memiliki fitur yang mirip dengan aplikasi berbayar.

Ini juga merupakan salah satu aplikasi edit video yang dipakai Youtubers, terutama untuk youtubers pemula dengan spek laptop yang ringan.

DaVinci mendukung banyak fitur seperti pencampuran audio, grafik gerak, koreksi warna, dan efek visual. Software ini bahkan dapat mengedit video dalam resolusi 8K dan video yang lebih panjang menjadi film. Software ini sudah teruji dan terbukti handal untuk mengedit video pendek menjadi film.