Tempat Wisata Baru di Klaten - Wahana Wisata Sekarsuli Garden
Credit Image: Jawapos.com

Tempat Wisata Baru di Klaten – Wahana Wisata Sekarsuli Garden

Kini, warga Klaten dan sekitarnya termasuk Solo dan Jogja bisa menikmati liburan akhir pekan dengan mengunjungi wahana wisata Sekarsuli Garden. Ini adalah tempat wisata baru di Klaten yang baru saja diresmikan oleh wakil bupati Klaten, Yoga Hardaya.

Seperti kita ketahui, Klaten merupakan kota yang terletak diantara Solo dan Jogja. Kawasan yang luas dan masih terdapat beberapa budaya tradisional yang masih dilestarikan. Kota ini juga tidak jauh dari Boyolali dengan Cepogo Chees Park yang merupakan wisata pertenakan ala Eropa.

Bahkan, kota ini juga memilki cukup banyak tempat wisata yang bisa digunakan untuk melepaskan penat setelah disibukkan dengan pekerjaan. Ada beberapa wisata kuliner dengan masakan yang khas yang membuat kota Klaten semakin ramai wisatawan lokal dan dari daerah sekitar.

Seperti halnya, Sekarsuli Garden yang baru saja dibuka ini. Tempat yang asik buat nongkrong dan berlibur bersama keluarga menikmati indahnya alam yang asri dengan lampu lampu hias yang semakin menarik. Jadi tidak perlu jauh jauh ke Wisata Mojokerto, untuk menikmati wahana air ini.

Tempat Wisata Baru di Klaten

Tempat wisata baru di Klaten dengan konsep Restoran dan kafe ini terletak di pinggiran kawasan Car Free Day Kota Klaten, 50 meter sebelah barat Proliman Bramen. Hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk mengakses Klaten Square jika menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi. Wahana Wistaa Sekarsuli Garden ini dibuka pertama kali pada Minggu, 23 Oktober 2022, setelah diresmikan oleh Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya.

Bekas sawah milik kas Desa Sekarsuli yang terbengkalai yang sebelumnya berdiri di sana ini dirubah menjadi lebih berguna dan diharapkan mempu menjadikan Kota Klaten semakin ramai oleh wisatawan. Sebuah objek wisata baru dengan konsep Cafe and Resto yang tentunya bisa dinikmati saat siang maupun malam hari.

Sekarsuli Garden berada di atas tanah dengan luas sekitar 3 hektar yang dulunya merupakan tanah kas desa yang tidak produktif dan mangkrak. Taman wisata baru di Klaten ini tersebut dibuat sejak tahun 2017 dengan dana desa dan anggaran pengeluaran sebesar Rp 1,2 miliar.

Daya tarik Sekarsuli Garden adalah pada danau buatan yang terletak tepat di depan pintu masuk. Selain itu, taman ini memiliki wahana seperti sepeda air, perahu bebek dan mobil air. Selanjutnya, tempat parkir yang luas dapat ditemukan di dalam Sekarsuli Garden.

Tiket Wahana Permainan

Anda dan keluarga bisa menaiki wahana permainan bersama dengan memutari di sekitar kolam renang sepanjang 50 meter. Anak kecil bisa naik sepeda hanya dengan Rp 10.000 per 15 menit. Keluarga juga bisa membayar Rp 10.000 untuk naik bebek air. Sebuah mobil air berharga Rp 20.000; dapat menampung 15.000 unit volume.

Tempat Wisata Keluarga Sekarsuli Garden dengan ruang terbuka hijau menawarkan taman yang indah yang menyaingi lanskap sekitarnya. Gazebo dan payung modern menyembunyikan area kolam, menjadikannya tambahan yang menarik untuk RTH. Dikelilingi oleh persawahan, desa modern ini adalah tempat yang nyaman untuk ditinggali.

Pemandangan yang ada di sekitar kolam renang dengan wahana bermain air adalah pemandangan malam hari yang penuh warna meskipun berada di jantung kota Klaten. Di atas kolam, ada payung hias dengan warna warna yang terang dan indah. Selain itu, lampu yang menempel pada payung dan dekorasi lainnya memberikan pemandangan malam yang menarik.

Wahana Wisata Sekarsuli Garden

Seperti dijelaskan di atas, tersedia wahana air yang bisa Anda nikmati bersama keluarga tercinta dengan biaya yang cukup murah. Anda dapat menemukan bebek air dan sepeda gowes untuk berkeliling lokasi wisata ini. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir tentang harga makanan atau minuman karena harganya selalu murah mulai dari 8.000 hingga 10.000 rupiah. Selain area parkir yang luas, Cafe and Resto menghadirkan kesempatan berfoto untuk update Instagram story sepanjang hari dan malam.

Mengambil snapshot gambar dengan ponsel saat di sekitar kolam renang benar benar kesempatan bagus untuk mengabadikanmomen tersebut. Pada malam hari, Anda dapat melihat cahaya kolam yang terpantul di lensa kamera Anda yang dapat menambah efeknya. Saat istirahat dari mengayuh sepeda air, Anda bisa bersantai dibawah gazebo dengan sajian makanan khas Kota Klaten. Ada gazebo dengan empat bangunan terhubung di dekatnya yang merupakan tindakan sempurna untuk mengistirahatkan kaki yang lelah.

Restoran yang ada di Wahana Sekarsuli Garden menyajikan berbagai pilihan makanan. Dari ayam goreng hingga ikan yang dimasak dengan bumbu, pengunjung dapat merasakan pengalaman bersantap yang berbeda saat berada di taman. Jadi, Anda tidak perlu kawatair saat perut mulai keroncongan atau tenggorokan mulai kering ketika berada di tempat wisata baru di Klaten ini.

Jam Buka dan Tiket Masuk

Sejauh ini, untuk tiket masuk ke tempat wisata baru di Klaten yang bernama sekarsuli Garden ini masih gratis. Namun, biaya yang gratis ini belum bisa dipastikan sampai kapan. Hanya saja, untuk menikmati wahana permainan yang disediakan, tentu saja pengunjung harus membayar dengan biaya yang telah dirinci diatas.

Sedangkan untuk waktu operasional objek wisata bari di klaten ini mulai buka dari pukul 10 pagi hingga pukul 9 malam. Jadi, pengunjung tidak perlu takut kemalaman saat bermain di tempat ini. Bahkan, untuk pengunjung dari luar kota juga bisa menginap disekitaran lokasi wisata karena ada ebebrapa hotel dan penginapan yang tersedia di Kota Klaten.

Dari hasil pantuan tim JogloNesia, tempat wisata baru di Klaten ini agaknya akan menjadi salah satu destinasi wisata yang semakin ramai. Karena tempat dan lokasinya yang berada di pusat kota dan juga masih ada ebberapa pembangunan yang terus dilakukan.