Manfaat Kalung Anti Kutu Kucing dan Efek Samping Yang Muncul

Manfaat Kalung Anti Kutu Kucing dan Efek Samping Yang Muncul

Cat Lover sejati tentunya sudah paham akan kalung kucing dan ternyata selain sebagai aksesories, ada juga lho kalung yang cukup membantu mengatasi kutu pada kucing. Yuk kita intip apa manfaat kalung anti kutu kucing ini, efek samping dan semua hal tentang kalung ini.

Tidak bisa dipungkiri memang bahwa kutu kucing (Ctenocephalides felis) merupakan salah satu parasit yang paling sering Anda temukan di belahan dunia. Ini adalah hewan parasit yang mengganggu karena menghisap darah kucing dan membuat kucing kesayangan menderita.

Buat pemula, mungkin Anda akan panik jika menemukan hewan kecil Anda ini kutuan. Tapi, tidak usah takut karena ada manfaat kalung anti kutu kucing yang cukup efektif dalam membasmi kutu. Namun sebaiknya Anda kenali apa itu kalung kucing anti kutu, manfaat, efek samping dan semua hal yang perlu Anda ketahui disini.

Kenali Kutu Kucing

Memelihara kucing di rumah membutuhkan kesabaran. Anda harus memperhatikan kualitas makanan yang mereka makan, kebersihan tempat tinggal mereka dan beberapa kebutuhan mereka. Meski berukuran kecil, kutu dapat mengganggu kesehatan dan kecantikan kucing. Kehadiran mereka juga memengaruhi kerentanan sebagian besar kucing terhadap parasit dan penyakit lain.

Membasmi kutu kucing membutuhkan pemahaman yang jelas dan detail. Banyak cara mudah menghilangkan kutu kucing yang bisa Anda temukan diluar sana. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kalung anti kutu kucing.

Kenapa Kutu Kucing Tidak Boleh Dipites?

Membunuh kutu dengan mempites akan membuat kutu hancur, yang berbahaya bagi kita karena bakteri Rickettsia typhi ditemukan di dalamnya. Saat membunuh kutu dengan mempites, maka cairan yang dihasilkan akan menempel di jari kita dan menyebabkan penyakit tifus yang ditularkan oleh kutu.

Apakah Kutu Kucing Bisa Pindah ke Manusia?

Ada beberapa alasan mengapa seseorang mungkin takut akan kesehatan hewan peliharaannya. Di luar itu, mereka mungkin khawatir hewan peliharaan mereka terkena penyakit yang ditularkan oleh kutu seperti Lyme atau kudis. Selain itu, mereka mungkin khawatir hewan peliharaan mereka bisa terkena kutu dan menyerang manusia.

Kutu parasit membutuhkan lingkungan yang hangat untuk bertahan hidup. Mereka tidak dapat bertahan hidup kecuali pada hewan peliharaan seperti kucing atau anjing, meskipun mereka dapat menempel dan menghisap darah pemiliknya.

Penyakit yang ditularkan melalui kutu tidak mungkin menular melalui bulu manusia yang mirip dengan kucing dan anjing. Rambut hewan peliharaan memberikan ruang hidup yang ideal karena tekstur dan kerapatannya.

Selama Anda tetap berhati-hati, Anda tetap perlu waspada bahwa kutu tersebut mungkin menempel di tubuh Anda dan mulai menyedot darah Anda. Ketika hewan kutu memakan darah hewan lain, itu dapat menyebabkan bekas gigitan yang gatal.

Pastikan hewan peliharaan Anda tidak terserang kutu dengan memeriksa kondisinya secara rutin. Pastikan hewan peliharaan Anda juga tidak sakit. Namun jika sudah terlanjur terkena kutu, maka ada baiknya Anda membaca panduan di cara ngilangin kutu kucing paling efektif ini.

Manfaat Kalung Anti Kutu Kucing

Kalung anti kutu kucing berbeda dengan kalung hewan piaraan pada umumnya. Hal ini karena ada manfaat kalung anti kutu kucing yang bisa digunakan untuk membasmi kutu yang ada pada badan kucing.

Aksesori ini mengandung flumethrin dan imidachloropid yang bermanfaat untuk menghilangkan kutu kucing dengan mudah.

Alat ini cukup efektif membasmi kutu kucing yang terletak di area leher kucing. Hasil variabel dapat terjadi pada kucing dengan kulit sensitif atau rentan terhadap bahan yang digunakan. Selain itu, kalung ini dapat menyebabkan kebotakan atau iritasi pada beberapa kucing.

Aksesories kalung kucing model baru hadir dengan bahan yang lebih lembut untuk bulu di punggung kucing.

Kalung Kutu Kucing Terbuat Dari Apa?

Biasanya, kalung anti kutu kucing ini terbuat dari karet PE khusus yang mengandung piperonyl butoxide dan pyrethrin, yang merupakan insektisida tanaman yang bertugas membunuh serangga. Kalung ini juga memberi hewan peliharaan tambahan aksesoris kecantikan dengan aroma yang menarik.

Disarankan penggunaan kalung ini disertai penggunaan obat kutu seperti obat tetes atau suntik agar dapat efektif membasmi dan menghindari anabul Anda tertular kembali.

Penggunaan Kalung Anti Kutu Kucing

Kalung anti kutu untuk kucing yang diletakkan di luar ruangan adalah alternatif yang ekonomis dan praktis untuk obat kutu pada hewan peliharaan Anda. Kalung anti kutu berguna untuk menghilangkan kutu dari leher dan daerah kepala kucing.

Menambahkan aksesori pada kucing Anda dapat membuatnya lebih cantik dan imut. Tidak hanya karena perawatan rutin, seperti menyikat kucing secara teratur, namun memberikan aksesoris bisa membuat kucing semakin menggemaskan.

Kalung adalah salah satu aksesoris favorit kucing. Mereka tidak hanya terlihat bagus pada pemiliknya, tetapi juga berfungsi sebagai cara untuk memberi tahu kucing mereka dekat dengan suara bel di kalungnya. Ini membantu orang mengidentifikasi kucing mereka dan terhubung dengan mereka.

Kalung yang ditujukan untuk kucing, tidak bisa menggunakan kalung dari hewan peliharaan lain dan asal asalan. Aksesoris ini banyak yang menganggap sebagai bagian penting dari proses perawatan kucing.

Ada beberapa tips dalam pemilihan kalung kucing yang bisa Anda pelajari seperti berikut ini:

1. Ukuran Kalung

Kalung kucing tidak boleh terlalu longgar atau terlalu ketat. Kucing biasanya lebih suka memakai kalung yang lapang dan longgar. Jika kalungnya terlalu ketat, gerakannya bisa terbatas dan bahkan menyebabkan kucing menghirup bulu lehernya sendiri.

Kalung yang longgar dapat menyebabkan kucing kesulitan untuk memakainya. Jadi pastikan untuk menggunakan kalung anti kutu kucing dengan celah sekitar 1 atau 2 jari manusia dewasa.

2. Bahan Kalung

Kucing tidak terlalu peduli dengan kalung yang terbuat dari besi. Jika mereka melihat teman kucing mereka mengenakan kalung besi, mereka mungkin akan kesal atau bahkan mengabaikannya. Demikian pula penggunaan kulit sintetis dapat menyebabkan lecet pada leher kucing. Sebagai gantinya, pilihlah kalung dengan bahan yang lembut dan biarkan anak kucing mengenakan apa yang mereka suka.

Seperti tersebut di atas, kalung anti kutu kucing biasanya terbuat dari karet PE yang ramah lingkungan. Dan kalung ini memiliki kandungan bahan pembasmi kutu.

Kucing datang dalam berbagai ras, dan memiliki kepribadian yang berbeda. Penting untuk memperhatikan kepribadian kucing Anda saat memilih bahan makanan dan aksesoris. Beberapa kucing sangat sensitif terhadap bahan tertentu.

3. Durasi Pemakaian Kalung

Kucing dapat mengalami cedera leher jika kalung terlalu lama dipakai. Beberapa kalung elastis justru tidak menumbuhkan kucing. Dianjurkan untuk melepas kalung kucing Anda saat memandikannya agar ia tidak mengalami kerusakan. Melepas kalung sesekali tidak akan membahayakan kucing Anda, dan bahkan mungkin memberinya kebebasan.

Untuk kalung anti kutu kucing biasanya efektif dan bertahan sampai dengan 8 bulan. Namun bukan berarti selama itu pula Anda tidak melepaskannya.

4. Sesuaikan kebutuhan

Beberapa orang menggunakan kalung kucing untuk kontes, untuk menampilkan aksesori, atau untuk menghilangkan parasit. Tidak sedikt pula orang menggunakan kalung untuk menhajak anabul berjalan-jalan, dan orang lain menggunakannya untuk keperluan rumah tangga.

Temukan kalung kucing terbaik untuk kebutuhan Anda dengan mempelajari berbagai jenis kalung kucing yang ada di pasaran. Anda harus memilih kalung kucing yang tepat dengan memahami tujuan yang Anda maksud.

5. Model Kalung Kucing Tipe breakaway

Karena tujuan kalung ini agar mudah melepasnya, kalung ini sering tersangkut. Oleh karena itu, kucing Anda dapat melepasnya sendiri dengan menarik mekanisme penguncian tipe breakaway. Selain terlindung dari pencekikan, kucing Anda juga terbebas dari bahaya mati lemas karena kalungnya tersangkut. Anda akan lega ketika tidak ada tempat untuk membantunya.

Jika kalung kucing memiliki sistem penguncian yang mudah pengoperasiannya dalam melingkari lehernya, kalung ini mudah lepas. Hal ini terutama berlaku untuk kucing luar ruangan yang mungkin mengalami hambatan di kalungnya yang lepas. Kalung untuk kucing rumahan jauh lebih tahan lama.

6. Rutin Bersihkan

Membersihkan tubuh dan bulu kucing dengan benar masuk akal mengingat aksesoris kalung yang menjuntai di leher kucing setiap hari. Keramas dengan sabun dan ganti aksesori yang rusak sebelum kalung itu ustru akan mencelakai kucing kesayangan Anda.

Efek Samping Kalung Anti Kutu Kucing

Menggunakan kalung anti kutu kucing pada hewan kecil Anda dapat menyebabkan reaksi alergi yang parah dengan gejala rambut rontok, kemerahan pada kulit leher dan peningkatan suhu tubuh. Cat Lover sejati akan mengkonsultasikan dengan dokter hewan sebelum pemilik hewan peliharaan memasang kalung pada hewan mereka. Namun, kalung hewan peliharaan tertentu tidak boleh dijual bebas. Hal ini karena mereka menimbulkan risiko tinggi bagi publik.

Kalung kutu tidak efektif dan berbahaya untuk dipakai kucing. Mereka bekerja dengan melepaskan bahan kimia beracun yang menyebabkan kutu di dekat kepala kucing mati. Selain mengandung insektisida, pembunuh kutu seperti karbamat dan organofosfat mengandung bahan kimia berbahaya yang berasal dari pestisida. Kucing sangat rentan terhadap pestisida ini karena fisiologinya yang unik.

Orang perlu melihat sejarah dan histori produk sebelum menggunakannya. Mereka harus tahu bahwa kematian kucing yang baru-baru ini banyak yang mengkaitkan dengan kalung anti kutu semakin mendapat perhatian. Beberapa produk untuk perawatan kucing mengandung bahan kimia, jadi pastikan yang Anda pilih aman untuk kucing Anda. Silahkan Anda konsultasikan dengan dokter hewan yang menjadi langganan Anda sebelum penggunaan kalung anti kutu kucing ini

Menggunakan kalung anti-kutu pada kucing tidak menghilangkan semua kutu dari kehidupan mereka. Hanya kutu di sekitar leher dan kepala kucing yang akan hilang.

Kesimpulan

Memiliki hewan peliharaan yang lucu dapat meningkatkan keamanannya dengan mengenakan kalung kucing. Banyak pilihan bagus tersedia di pasar saat ini. Menambahkan GPS ke kalung memberikan informasi tentang lokasi kucing. Lonceng dan nama tambahan dapat Anda tambahkan ke kalung. Asesoris ini menambah bakat ekstra dan membantu melacak hewan peliharaan Anda.

Ada banyak jenis kalung untuk kucing. Anda dapat memilih salah satu yang terlihat bagus atau menjalankan fungsi tertentu. Namun, Anda perlu memahami aspek-aspek tertentu dalam memilih kalung terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan ini. Jadi, Anda harus tahu manfaat kalung anti kutu kucing dan seberapa efektif aksesisoris ini.

Baca informasi jogja solo indonesia yang lain dari joglonesia.com di GoogleNews