Kelebihan dan Kekurangan SeaBank Berikut Cara Buka Rekening

Kelebihan dan Kekurangan SeaBank Berikut Cara Buka Rekening

SeaBank belakangan ini ramai dan gencar jadi perbincangan bagi sebagian orang, terutama mereka yang menjalankan bisnis jual beli di Shopee. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan Seabank dan bagaimana cara buka rekening di bank online ini?

Seperti yang pernah disinggung pada artikel sebelumnya, Seabank merupakan salah satu bank digital dari ekosistem Shopee. Ada berbagai keuntungan atau kelebihan dari seabnk ini, namun tentunya juga ada kekurangan seabank yang perlu Anda ketahui.

Agar Anda tidak penasaran dan semakin paham sebelum mencoba buka rekening SeaBank, silahkan baca artikel ini sampai selesai. Karena, Joglonesia akan mengulasnya sampai detail.

Kelebihan dan Kekurangan Seabank

Tentu saja ada kelebihan dan kekurangan SeaBank, dam salah satu kelebihan dalam menggunakan bank digital adalah pembukaan rekening yang bisa dilakukan via aplikasi tanpa harus datang ke kantor cabang.

Selain itu Anda bisa mendapatkan gratis berbagai biaya layanan serta bunga yang lebih menarik dibandingkan dengan menabung di bank konvensional. Sebagai perbandingan kalau Anda menabung di bank konvensional dan saldo tabungan kalian ada di bawah 50 juta, itu bunganya 0%.

Sedangkan di bank digital, Anda bisa mendapatkan bunga yang jauh lebih tinggi. Misalnya di SeaBank ini, kita bisa mendapatkan bunga sampai dengan 6% per tahun, untuk produk tabungan dan 7% per tahun untuk produk deposito.

Selain itu simpanan Anda juga tidak dipotong biaya admin, sehingga menabung di bank digital bisa jadi solusi untuk Anda yang perlu untuk menyimpan uang pada saat ini. Karena itulah, kenapa Seabank saat ini menjadi salah satu bank digital yang ramai dibicarakan oleh orang orang perbankan.

Tentang Seabank Indonesia

Sebelum lebih jauh membahas kelebihan dan keurangan SeaBank berikut cara buka rekening di SeaBank, ada baiknya Anda mengenal lebih jauh siapa dibalik SeaBank ini. Hal ini juga penting demi kenyamanan dan keamanan tempat Anda menyimpan uang. Jadi, kita ingin tahu siapa yang menglola dana kita dan apakah simpanan kita akan Aman. Jangan sampai dananya mengalami masalah ketika akan Anda pergunakan.

SeaBank sendiri memiliki nama lengkap PT Bank SeaBank Indonesia dan merupakan saudara kandung dari marketplace shopee. Karena itulah Anda bisa menemukan menu SeaBank di aplikasi shopee dan SeaBank ini bukan penipu karena SeaBank telah berizin dan diawasi oleh OJK.

Selain itu SeaBank juga merupakan anggota penjaminan dari LPS. Jadi sampai di sini Anda tentunya bisa merasa aman ketika akan install aplikasi SeaBank dan menggunakan SeaBank untuk menyimpan sebagian dari harta Anda.

Buat Anda yang ingin buka rekening online di SeaBank itu caranya cukup mudah. Anda tinggal buka aplikasi shopee dan pergi ke “menu saya”, yang ada di pojok kanan bawah tampilan layar Anda.

Bisa Anda lihat di layar samping dan di bawah, Anda akan menemukan menu “dompet saya” di mana ada shopee pay, ada koin shopee, SP later, SP pinjam dan di bawahnya Anda bisa menemukan menu SeaBank Transfer Gratis. Anda bisa langsung klik saja menunya untuk mengaktifkan rekening online dari SeaBank ini.

Produk Simpanan SeaBank

SeaBank hanya memiliki 2 produk simpanan, yakni tabungan dan deposito berjangka. Anda bisa memilih cara nenabung yang Anda inginkan. Apakah akan buka produk tabungan atau produk deposito.

untuk produk tabungan, Anda bisa dapat suku bunga 6% per tahun dan pencairan bunga secara harian. lalu produk deposito dengan suku bunga 7% per tahun dengan pencairan bunga secara bulanan dan minimum saldonya adalah 1 juta rupiah. Anda bisa lihat simulasi suku bunga jika Anda menabung sebesar 10 juta selama 3 bulan di SeaBank, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan sebesar 148.000.

Sedangkan untuk produk Deposito di SeaBank, Anda bisa mendapat keuntungans ebesar 173.000. Hal ini tentunya sangat menguntungkan sehingga Anda bisa melanjutkan untuk buka rekening di SeaBank Indonesia.

Cara Buka Rekening SeaBank Online

Proses buka rekening SeaBank cukup mudah dan ini dilakukan secara online. Jadi dimanapun Anda bisa membuka rekening digital dari SeaBank ini.

Untuk proses awalnya, silahkan download aplikasi SeaBank di playstore ataupun Appstore. Jika sudah terinstal, lanjut dengan membuka aplikasi dan mendaftar.

Panduan Cara Daftar SeaBank

Untuk memudahkan Anda memahami, berikut ini panduan buka rekening SeaBank yang bisa Anda ikuti. Namun sebaiknya, sebelum memulai buka rekening di SeaBank ini, pastikan Anda memiliki jaringan koneksi yang stabil dan bagus.

Ini penting terutama saat proses pendaftaran sedang berlangsung agar berjalan lancar.

Input Nomor HP dan Kode Referal

Saat Anda membuka apliaksi SeaBank untuk pertama kali, maka Anda diminta untuk memasukkan nomor telepon atau nomer handphone Anda. Disana juga terdapat kolom referal dan ini sifatnya opsional. Namun jika Anda menginginkan saldo tambahan, maka silahkan gunakan kode referal ini KYFMNG dan Anda akan mendapatkan tambahan saldo sebesar 10 ribu rupiah.

Buat Password

Ketika pembukaan rekening SeaBank kalian berhasil, silahkan lanjut klik next dan Anda akan diminta untuk membuat password. Untuk passwordnya minimal 8 angka, ada satu huruf besar ada satu huruf kecil dan ada minimal satu angka. Jika proses ini sudah Anda lalui, lanjutkan ke next. Sebagai catatan, kalian perlu menjaga password ini agar jangan sampai ada orang yang tahu.

Login Cepat dengan Sidik Jari

Berikutnya, Anda juga bisa mengaktifkan login lebih cepat dengan sidik jari apabila handphone kalian mendukung fitur login dengan sidik jari.

Foto E-KTP

Selanjutnya adalah melakukan verifikasi e-ktp. Ingat ya.. E-KTP. Jadi gunakan e-ktp yang asli dan jangan menggunakan KTP yang lama ataupun fotokopian dari e-ktp Anda. Karena hal tersebut pasti akan ditolak.

Silahkan memberikan ijin ketika aplikasi SeaBank meminta untuk akses foro di HP anda dan juga media di dalam device. Jadi silahkan klik Allow untuk melanjutkan ke proses berikutnya.

Berikutnya silahkan posisikan HP Anda dalam frame dan lalu Anda foto e-KTP anda. Dan selanjutnya Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi KTP. Proses ini akan terbaca secara otomatis, jadi Anda tidak perlu menulisnya satu persatu pada kolom yang ada.

Namun Anda hanya perlu mengecek ulang apakah data yang terinput sudah benar. Adapun data yang perlu Anda konfirmasi adalah nama, nomor KTP, tanggal lahir, tempat lahir, negara kelahiran, gender dan juga status pernikahan.

Face Verification

Langkah selanjutnya Anda akan diminta untuk melakukan face verification dan agar hal ini bisa berhasil, Anda pastikan tidak menggunakan kacamata dan wajah kita tidak ditutupi oleh rambut ataupun masker. Selain itu jangan bergerak dan pastikan bahwa pencahayaan cukup dan tidak gelap. Silahkan ikut saja sampai layarnya berkedap-kedip untuk memastikan agar facial verification ini berhasil.

Input Data Diri

Langkah berikutnya, Anda akan diminta mengisi beberapa personal detail seperti alasan untuk buka tabungan, berapa pendapatan bulanan, sumber penghasilan, pekerjaan, nama ibu kandung dan juga email. Silahkan Anda isi data ini sesuai dengan data diri Anda secara akurat dan lanjut klik next jika semua sudah terisi.

Baca Syarat dan Ketentuan

Pada halaman ini Anda akan diminta untuk membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika sudah membaca dan menyetujuinya, silahkan scroll sampai ke bawah. Anda bisa centang “I read and agree” dengan syarat dan ketentuan tersebut lalu klik next dan kita bisa lihat application itu sukses dan kita bisa melakukan aktivitas kita karena pembukaan rekeningnya sudah berhasil.

Jadi, cara buka rekening di SeaBank itu sangat mudah dan prosesnya tidak sampai dengan 3 menit. Selanjutnya Anda akan menerima notifikasi jika rekening SeaBank Anda sudah berhasil dibuka.

Keuntungan dan Kerugian SeaBank Indonesia dan Cara Dafyar Akun
Untuk Rugi Menabung di SeaBank

Kelebihan SeaBank

Ada sejumlah keuntungan atau kelebihan SeaBank yang membuat sebagian orang mulai beralih untuk menggunakan Bank Digital dari Shopee ini. Beberapa keuntungan atau kelebihan yang bisa Anda temukan Antara lain sebagai berikut.

  • Buka rekening hanya 3 menit.
  • Bunga sampai dengan 7% cair setiap hari.
  • Gratis transfer 100 kali perbulan.
  • Tanpa minimum saldo.
  • Gratis biaya admin dan transfer ke rekening lain.

Dari kelima kelebihan SeaBank tersebut, ada kelebihan yang bisa Anda banggakan pada SeaBank, yakni gratis biaya Admin. Adapun detailnya sebagai berikut.

  • Transfer ke rekening bank lain gratis sampai dengan 100 kali perbulan. Dan itu adalah angka yang sangat banyak dan lebih dari cukup untuk skelas perorangan. Hal ini klarena biasanya orang biasa hanya transfer sekitar 10 sampai dengan 20 kali. Jadi transfer 100 kali perbulan tanpa kena biaya transfer merupakan angka yang jauh lebih dari cukup.
  • Biaya Admin gratis, jadi tidak ada potongan sama sekali dan Anda bisa hemat sampai dengan 17.000 per bulan atau sekitar 200.000 setiap tahunnya. Tentu saja ini cukup lumayan untuk menambah pundi-pundi keuangan Anda.
  • Top up saldo shopeepay juga gratis. Biasanya Anda akan terkena potongan admin sebesar Rp 1.000.

Kekurangan SeaBank Indonesia

Dari sekian banyak kelebihan SeaBank yang terlah diutarakan di atas, faktanya SeaBank juga memiliki sejumlah kekurangan yang harus menjadi perhatian bagi Anda. Adapun kekurangan SeaBank ini sendiri meliputi:

  • Minimnya fitur pada aplikasi SeaBank. Berbeda dengan Bank Neo Commerce yang sama sama bank digital. Di BankNeo ada sejumlah fitur yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan SeaBank.
  • Tidak tersedia kartu Debit mapun Kartu Kredit. Jadi semua transaksinya hanya dilakukan via aplikasi. Hal ini membuat Anda kesulitan untk tarik tunai melalui ATM. Satu satunya jalan untuk tarik tunai adalah dengan mentransfer ke Bank konvensional atau bank lain yang memiliki kartu ATM (Debit Card). Untuk proses dan informasi lebh lanjut bisa Anda baca di Cara Transfer ke SeaBank.
  • Simpanan tidak dijamin oleh LPS. SeaBank memang menjadi salah satu anggota LPS, namun produk simpanan SeaBank sendiri tidak dijamin oleh LPS ini. Jadi LPS memang memperbolehkan bank untuk memberikan bunga di atas tingkat bunga penjaminan, tapi LPS juga bilang jika bunga simpanan di atas tingkat bunga penjaminan, maka dana nasabah tidak dijamin oleh LPS. Jadi jika sampai SeaBank bangkrut, maka dana nasabah juga akan ikut hilang. Tapi menurut Anda, mungkin gak kalau SeaBank itu bangkrut?
  • Tidak ada pinjaman yang ditawarkan. Jadi, SeaBank murni sebagai tempat menyimpan uang, bbukan sebagai tempat untuk mencari pinjaman online.

Kesimpulan

Produk dari simpanan SeaBank sejauh ini hanya ada 2 macam yakni Tabungan dan Deposito. Pertama adalah tabungan dan yang kedua adalah deposito. Untuk produk tabungan dari SeaBank ini adalah produk utama berupa rekening digital tanpa buku tabungan.

Dan sebagai pengganti buku tabungan Anda bisa download estatement untuk melihat transaksi keluar masuk dari rekening Anda. Hanya dengan download melalui aplikasi saja. Lalu suku bunga yang ditawarkan oleh tabungan SeaBank itu mencapai 6% per tahun dan lebih tinggi dari tahapan LPS 3,75%.

Ini menjadi salah satu kelebihan SeaBank, namun karena bungan yang tinggi ini, LPS tidak menjamin dana simpanan yang Anda tabung di SeaBank. Jadi ini juga menjadi salah satu kekurangan dari SeaBank.

Untuk itulah, jika Anda memutuskan untuk menabung di SeaBank, saran terbaik jangan menaruh semua uang Anda di tempat ini. Silahkan pecah di beberapa bank lain yang juga memiliki bungan yang tinggi lainnya seperti di NeoBank. Karena pada prinsispnya, “menyimpan telur dalam satu keranjang itu lebih berbahaya dibanding menyimpannya dalam beberapa keranjang”.

Lalu produk simpanan yang kedua dari SeaBank adalah deposito. Bunganya lebih tinggi dibanding dengan bank konvensional dan ini menjadi kelebihan dari Jadi Anda bisa memperoleh bunga yang lebih tinggi daripada menyimpan di tabungan. Ada perbedaan satu persen yang menurut sebagian orang perbankan cukup besar. Namun ketika Anda menggunakan deposito, Kalian juga perlu mempertimbangkan penggunaan dana karena jika menyimpan uang di deposito, ada masa kontrak dan dananya di lock. berbeda dengan tabungan yang uangnya bisa ditarik sewaktu-waktu.

Setelah Anda membaca kelebihan dan kekurangan SeaBank ini, Anda yang menjadi penentu kapan sebaiknya Anda buka rekening di SeaBank untuk mendapatkan bungan yang cukup tinggi ini.

Dapatkan Informasi Jogja Solo Indonesia yang lebih banyak di GoogleNews