Wisata Jatinangor 5 Tempat Liburan Yang Sebaiknya Anda Kunjungi
image: inisumedang.com

Wisata Jatinangor: 6 Tempat Liburan Yang Wajib Anda Kunjungi

Musim liburan tinggal menghitung hari dan jika sampai saat ini Anda masih kesulitan menentukan dan merencanakan tempat liburan, Mungkin Anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata Jatinangor. Ada sedikitnya 6 tempat liburan yang sebaiknya Anda kunjungi selama musim liburan ini.

Jatinangor sampai sejauh ini memang cukup terkenal sebagai pusat pendidikan utama yang terletak di bagian luar Sumedang. Tidak mungkin mengabaikan fakta bahwa Jatinangor berisi empat perguruan tinggi besar. Dan hal inilah yang membuat Kota ini ramai setiap harinya.

Empat universitas yang beroperasi di Jatinangor Indonesia ini memang memiliki mahasiswa yang sangat banyak. Mereka adalah Universitas Padjadjaran yaitu Unpad, Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin) dan juga Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Tentu saja keempat perguruan tinggi ini sudah cukup terkenal di Indonesia.

Tempat Wisata Di Jatinangor

Di Jatinangor, para mahasiswa sering terlibat dalam berbagai kegiatan pendidikan karena jumlah penduduk yang besar. Ini berkisar dari acara yang berhubungan dengan sekolah hingga klub sekolah dan segala sesuatu di antaranya.

Segala bentuk kegiatan ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat sekitar kampus. Karena kegiatan ini hampir tiap hari selalu ada. Hal inilah yang membuat sebagian mahasiswa dan juga masyarakat sekitar jenuh. Namun, kejenuhan mereka dapat terobati dengan adanya destinasi wisata Jatinangor yang kini sedang viral.

Wisata Alam Jatinangor

Jika warga Tengerang bisa mengunjungi wisata tangerang selatan dengan segudang wahana permainan dan alam, di Jatinangor pun Anda bisa menikmati wisata alam yang tidak kalah menarik.

Ada berbagai tempat wisata alam jatinangor yang bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin merencanakan liburan akhir tahun ini.

Tidak sedikit memang anak muda yang memilih untuk mengunjungi wisata alam dengan pemandangan yang asri dan udara yang sejuk. Dan berikut ini rekomendasi tempat liburan seru yang bisa Anda coba.

1. Kiara Payung

Dekat Gunung Geulis, Bumi Perkemahan Kiara Payung (Buper) adalah tempat yang baik untuk singgah. Ini memberi para pelancong lebih banyak efisiensi energi dengan tidak harus mendaki.

Bumi perkemahan Kiara Payung terletak di Desa Cilayung, Kecamatan Jatinangor. Dapat diakses melalui area Unpad dan ini adalah salah satu wisata dekat unpad jatinangor. Tempat ini sangat ideal untuk tracking, mountain biking, camping, hiking dan berbagi piknik dengan teman-teman.

Bumi perkemahanm Kiara Payung menyediakan tempat parkir, kamar mandi, mushola, penginapan, warung, dan tempat berkemah yang tersedia untuk umum. Tidak sedikit mahasiswa yang menjadikan tempat ini sebagai tempat liburan di akhir pekan mereka. Jadi jangan kaget jika setiap malam minggu, tempat wisata Jatinangor yang satu ini dipadati oleh anak muda pecinta alam.

2. Baru Beureum

Dari kanal Buper Kiara Payung pengunjung dapat memasuki Kecamatan Sukasari dan mencapai tempat wisata Jatinangor yang terletak di Desa Sindangsari ini. Lokasinya dapat diakses melalui jalan samping Unpad.

Terdapat tenda kemah yang berlokasi di Baru Beureum, salah satu jalur yang mengarah ke puncak Gunung Manglayang. Selain itu, lokasi ini digunakan untuk hiking dan itu salah satu rute menuju puncak.

Baru Beureum menjadi tempat liburan yang menarik untuk menikmati udara sekitar. Namun, kondisi jalan tanah menuju lokasi masih berbatu dan menantang. Jadi Anda harus berhati hati selama menempuh perjalanan ke tempat ini

3. Gunung Geulis

Gunung yang terlihat dari pintu masuk Jatinangor menjadi pilihan untuk keseimbangan emosi dan meredakan tingkat stres akibat kesibukan sehari hari. Lokasi Gunung ini merupakan bagian dari tiga kecamatan yang ada yakni Kecamatan Cimanggung, Jatinangor dan Tanjungsari. Gunung ini sendiri tingginya sekitar 1.281 mdpl dan menjadi salah satu gunung yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Puncak Gunung Geulis adalah satu-satunya tempat untuk menikmati kesunyian dan jauh dari tempat lain. Namun, olahraga di gunung bisa dilakukan dengan aktivitas mendaki yang mana ini adalah satu-satunya cara untuk menikmati puncak.

Puncak gunung Geulis menjadi salah satu tempat favorit bagi mahasiswa pecinta alam di universitas seputaran Jatinangor.

4. Bukit Panorama

Bukit Panorama merupakan view point yang menonjol di Kecamatan Tanjungsari. Letaknya di Jalan Pamegarsari, sebuah jalan yang terletak di Kecamatan Tanjungsari. Meski Panorama Hill merupakan objek wisata tidak resmi, tempat ini tetap dibuka untuk umum pada malam hari. Dari Bukit Panorama Joglonesian bisa melihat kota Jatinangor dengan gemerlap lampu yang dipancarkannya.

Meski tidak dikelola oleh perusahaan negara atau swasta, tempat ini sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa yang pernah kuliah di Jatinangor. Ini adalah tempat alami yang mungkin akan membuat siapa pun yang mengunjunginya ketagihan.

Tempat wisata di Jatinangor yang satu ini juga sering menjadi lokasi liburan para mahasiswa Unpad. Karena itulah, tempat in juga tidak pernah sepi pengunjung.

5. Batu Kuda Wana

Lokasi camping di Wisata Batu Kuda ini terdapat di Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Lokasi wisata tersebut berada di lereng Gunung Manglayang yang merupakan lokasi Wisata Batu Kuda.

Forum Wisata Batu Kuda adalah tempat yang populer bagi pelajar Jatinangor untuk menikmati alam bebas. Lokasi ini dikelola oleh Perhutani unit III Jawa Barat dan terkenal dengan pemandangannya yang indah.

Wisatawan yang ingin camping tidak perlu berjalan terlalu jauh atau mendaki bukit apapun untuk sampai ke lokasinya. Hal in karena tempat parkir sepeda motor dan mobil berada di dekat area sekitar. Tempat ini juga menjadi salah satu wisata alam Jatinangor yang menjadi alternatif karena penuhnya tempat wisata lain di Jatinangor.

6. Wisata Jatinangor National Park

Taman Nasional Sumedang yang satu ini memang termasuk wisata Jatinangor terbaru yang baru dibuka bulan Desember ini. Ini adalah taman bunga yang memang ditujukan untuk edukasi dan wisata. Taman ini dibuat oleh pemerintah setempat dengan harapan dapat mempromosikan sains dan pendidikan melalui turnya. Selainj itu juga sebagai tempat konsevasi alam.

taman bunga jatinangor wisata jatinangor national park

Taman Bunga Nasional Jatinangor atau Jans Park terletak di Desa Cileles, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat. Ini adalah taman provinsi yang dioperasikan oleh Badan Taman Nasional, yang juga akan memiliki fasilitas keagamaan yakni Masjid. Taman tersebut berada dekat dengan Universitas Padjadjaran (Unpad), sehingga diyakini akan sangat populer di kalangan mahasiswa.

Tempat wisata Jatinangor National Park ini masih dalam satu pengelolaan dengan D’Castello yakni salah satu wahana wisata yang tTerletak di Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Wisata Kuliner Jatinangor

Buat Anda yang ingin berkunjung ke kota Jatinangior baik untuk tujuan wisata atau acara lainm tidak usah kawatir untuk memanjakan lidah Anda. Di tempat ini juga ada beberapa wisata kuliner yang cukup terkenal yang bisa Anda coba.

Jatinangor memiliki beberapa pilihan makanan yang cocok untuk mahasiswa. Ini termasuk tempat-tempat murah yang menyediakan makanan enak untuk anak-anak kost di daerah tersebut. Beberapa restoran ini berlokasi di kawasan kampus Jatinangor.