Ternyata Inilah Kelebihan Dan Kekurangan NeoBank

Ternyata.!! Inilah Kelebihan Dan Kekurangan NeoBank

JogloNesia – Apa sebenarnya kelebihan dan kekurangan Neobank dan kenapa semakin banyak orang yang tertarik menggunakan aplikasi perbankan digital yang satu ini?

Seperti kita ketahui bersama, perubahan teknologi yang sangat pesat ini berdampak pada kehidupan kita sehari-hari. Tidak sedikit orang saat ini mulai menyelesaikan setiap pekerjaan dengan mengedepankan teknologi digital. Bahkan, dunia benar benar sudah berada dalam genggaman.

Tak terkecuali dalam dunia keuangan yang semakin maju, kini muncul NeoBank yang merupakan salah satu bank digital yang hadir pada saat pandemi menghantui dunia. Perusahaan keuangan ini agaknya mengetahui kendala yang dihadapi rakyat dunia denganmenghadirkan bang digital dengan segudang kelebihan yang mereka tawarkan.

Neo Bank adalah startup teknologi keuangan yang mencoba mengubah sistem perbankan tradisional dengan menghapus sistem antrean di layanan pelanggan, mesin ATM yang tidak berfungsi, dan tumpukan dokumen.

Neobank berharap dapat mematahkan stereotip tradisional tentang bank, dengan menyediakan platform perbankan yang mengutamakan sitem digitalsasi. Platform ini menjanjikan pengalaman online yang mulus seperti jalan tol dengan biaya minimal atau bahkan tanpa biaya sama sekali. Bahkan pihak Bank Neo Commerse (Neobank) mengklaim setiap operasi dapat dilakukan secara digital.

Apa itu Neobank?

Setelah krisis keuangan 2007-2009, banyak perusahaan fintech rintisan di Inggris yang disebut juga sebagai “bank penantang”. Sedangkan fintech yang berada di US lebih sering disebut sebagai neobank. Penggunaan kata neobank lebih populer di Amerika Serikat daripada nama “challenger bank” yang berada di Ingrris.

Neobank adalah perusahaan teknologi keuangan yang menggunakan perangkat lunak, aplikasi, dan teknologi digital sebagai fondasinya. Perusahaan ini biasanya berspesialisasi dalam produk keuangan tertentu seperti rekening tabungan dan giro.

Neobank menyediakan layanan perbankan tanpa perlu lokasi fisik. Mereka ada sepenuhnya online dan tidak memiliki bentuk fisik apa pun. Jadi semua transaksi baik pembukaan rekening, setoran dan transfer semua dilakukan secara online melalui aplikasi.

Sejak 2016, penggunaan kata neobank mengacu pada teknologi keuangan yang menawarkan layanan keuangan alternatif dibandingkan dengan bank konvensional seperti BRI, BCA, Mandiri dan juga BNI atau bank lain.

Perusahaan keuangan digital ini dapat dibagi menjadi dua kategori umum. Beberapa menjalin kemitraan dengan bank tradisional untuk menyediakan layanan keuangan. Dan yang lainnya mengajukan permohonan lisensi perbankan sendiri.

Pelanggan yang dibidik oleh neobank adalah konsumen milenial dan Gen Z yang sudah melek dengan teknologi modern. Alasan mereka dipilih adalah karena mereka tertarik atau sadar teknologi, dapat diandalkan, dan dapat mengelola kebutuhan keuangan mereka melalui aplikasi seluler. Konsumen jenis ini tidak terpengaruh oleh sebagian besar manajemen keuangan mereka yang dikelola melalui teknologi modern.

Sebenarnya Bank Neo Commerse atau NeoBank bukanlah satu satunya bank digital yang ada saat ini. Karena ada pesaing lain seperti bank Jago. Namun, fitur, layanan dan Iklan yang gencar dilakukan oleh NeoBank membuat bank digital yang satu ini lebih populer.

Selain itu, sejumlah kelebihan yang ditawarkan membuat NeoBank seakan menjadi pemimpin dalam bank digital di Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan Neobank

Tentu saja, ada sejumlah kelebihan dan kekurangan NeoBank yang akan Anda temukan nantinya. Dan ini sudah menjadi kewajaran dalam suatu produk, entah itu produk keuangan atau produk lain, pasti akan ditemukan 2 hal tersebut.

Kelebihan Neobank

Adapun sejumlah kelebihan neobank yang ditawarkan dan ini juga yang membuat aplikasi NeoBank semakin banyak orang yang mendownload di playstore dan AppStore. Kelebihan NeoBank tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Bunga Tabungan Neobank Tinggi

Neobank menawarkan bunga tabungan yang cukup tinggi dan sangat mengesankan. Ini adalah salah satu alasan semakin banyak nasabah yang menggunakan layanan ini hingga hari ini.

Bank BNC membayar suku bunga tinggi pada salah satu jenis produk tabungan yakni tabungan Neo Now. Dan bunga tertinggi yang mereka tawarkan adalah 6% per tahun, lebih tinggi dari kebanyakan bank digital lainnya di Indonesia.

Sejauh ini NeoBank mengeluarkan beberapa produk tabungan dan Anda bisa mengetahui perbedaan mereka pada artikel sebelumnya di Perbedaan Tabungan Neo Dan Neo Now.

2. Bunga Deposito Neobank Tinggi

Kelebihan Neobank selanjutnya yakni suku bunga Neobank yang tinggi pada deposito membuat deposan puas. Suku bunga deposito Neobank berkisar antara 6,5% hingga 8% per tahun.

Adapun bungan deposito yang Anda dapatkan untuk jangka waktu 7 hari sebesar 6,5%. Sedangkan untuk deposito dengan jangka waktu 3 sampai dengan 6 bulan yakni sebesar 7,5%. Untuk simulasi penghitungan bunga ini bisa Anda baca di Cara Menghitung Bunga Deposito Bank Neo.

Neobank memberikan suku bunga tinggi untuk deposito. Jangka waktu 1 tahun dengan tingkat bunga 8% adalah opsi terbesar. Bahkan, saldo awal untuk membuka rekening deposito di Neobank hanya 200 ribu rupiah.

3. Gratis Biaya Admin Bulanan

Keuntungan Neobank berikutnya adalah tidak membebankan biaya bulanan. Tidak sedikit yang mencari tabungan tanpa biaya admin bulanan, dan mereka menemukan NeoBank adalah sa;ah satu jawaban dari pencarian mereka selama ini. Pelanggan menganggap ini sebagai fitur terpenting saat mengevaluasi lembaga keuangan.

Tidak sedikit masyarakat yang masih takut untuk menyimpan uang di bank karena salah satunya bukan bertambah tapi habis untuk menutup biaya administrasi bulanan. Bahkan, besaran bungan yang didapatkan justru tidak sanggup menutupi biaya administraasi bulanan mereka.

Pelanggan Bank BNC tidak perlu membayar biaya bulanan yang mengurangi saldo tabungan mereka sekecil apapun.

4. Gratis Transfer ke Bank Lain

Neobank memberi penggunanya kemampuan untuk mentransfer uang antar bank mana pun tanpa batasan apa pun. Ini memungkinkan pengguna untuk memindahkan uang secara gratis kapan saja dan dalam jumlah berapa pun.

Biasanyam untuk bank konvensional akan membebankan biaya sebesar 2.500 hingga 6.500 sekali transfer antar bank. Namun, dengan menggunakan NeoBank, Anda tidak akan dikenakan biaya sebesar apapun saat melakukan transfer.

5. Transfer Gratis dari 1 Bank ke Bank Lain

Neobank memungkinkan transfer uang gratis antar bank yang berbeda berkat fitur Neo Send mereka. Jadi dalam hal ini, NeoBank sebagai jembatan yang membantu Anda untuk mengurumkan uang antar bank secara gratis tanpa ada biaya transfer.

Sebagai contoh, misalnya anda ingin mengirim uang dari Bank BCA ke Bank Mandiri. Maka Anda bisa menggunakan fitur Neo Send dan masukkan rekening tujuan yakni Bank Mandiri. Kemudian NeoBank akan memberikan informasi dan membuat virtual account yang bisa Anda kirimi uang dari bank ssal, yakni Bank BCA.

6. Promo dan Cashback Tiap Bulan

Kelebihan NeoBank selanjutnya yakni terkait dengan promo yang mereka tawarkan. Siapa yang tidak suka dengan promo dan juga cash back? Hampir semua orang menyukai hal ini.

Dan di Neobank, ada beberapa promo dan juga cash back yang dilakukan setiap bulan. Tidak sedikit pelanggan NeoBank yang menunggu promo ini setiap bulan. Bisa jadi Anda adalah salah satunya.

7. Gratis Biaya Transfer ke Neobank

Rekening Neobank sepenuhnya gratis untuk menerima transfer uang dari bank manapun. Tidak seperti bank lain seperti transfer ke SeaBank atau bank lain yang dikenakan biaya anrata 2.500 hingga 6.500 rupiah. NeoBank memungkinkan pelanggannya untuk menyetor dana tanpa membayar biaya apa pun.

8. Menyediakan Game Berhadiah Voucher dan Uang Cash

Saat melakukan pengecekan rekening setiap hari, nasabah dapat memainkan fitur permainan Neobank. Fitur ini memiliki hadiah uang tunai dan kupon yang berbeda untuk dimainkan setiap harinya.

Besaran hadiah dan juga kupon yang tersedia bermacam-macam dan hal inilah yang membuat pelanggan betah berlama lema menggunakan aplikasi NeoBank.

9. Tersedia Jurnal Pengeluaran Bulanan

Kelebihan NeoBank selanjutnya adalah tersedianya Jurnal Bulanan. Menu Neo Jurnal akan mencatat pengeluaran dan pendapatan bulanan. Ini memungkinkan aplikasi untuk melacak pengeluaran dan pendapatan pengguna setiap bulan. Akibatnya, pengguna Neobank dapat melihat total pendapatan dan pengeluaran bulanan mereka.

10. Gratis Bayar Tagihan dan Top-up E-wallet

Neobank memungkinkan pengguna membayar tagihan, membeli paket, dan menambahkan uang ke E-Wallet seperti Linkaja, Gopay, OVO, dan lainnya. Dan ini semua tanpa biaya admin yang dibebankan.

Neobank menyediakan menu untuk membayar tagihan, antara lain token listrik, voucher game, PDAM, TV kabel dan lainnya. Selain itu, pengguna dapat membeli kartu permainan, BPJS, dan perlengkapan lainnya. Tidak ada biaya tambahan yang dikenakan saat membeli barang-barang tersebut melalui Neobank.

11. Tersedia Fitur Chat

Neobank menyediakan fitur chatroom untuk para nasabahnya. Ini memungkinkan mereka untuk dengan mudah berinteraksi dan berbicara satu sama lain. Selain itu, mereka dapat menukar uang dan membuktikan transfer secara instan.

Kekurangan Neobank

Pengguna Neobank menghadapi beberapa kelemahan saat mereka menggunakan aplikasi. Ini karena kurangnya pengalaman saat menggunakan aplikasi saja. Selain itu, ada sejumlah kekurangan NeoBank yang dihadapioleh para pelanggannya. Di bawah ini adalah beberapa kelemahan Neobank yang perlu Anda ketahui.

1. Tidak Ada Kartu Debet ATM

Neobank tidak memiliki akses ke kartu ATM. Akibatnya, masyarakat harus menggunakan rekening bank lain sebelum menarik uang tunai. Inilah salah satu alasan Neobank dianggap sebagai kelemahan yang mana pengguna masih membutuhkan bank konvensional jika pelanggan ingin melakukan tarik tunai.

Saat berurusan dengan Neobank, Anda perlu menggunakan bank lain untuk menarik uang tunai. Dan ini cukup riskan dan perlu menjadi pertimbangan terutama saat tidak tersedianya jaringan internet, namun Anda memerlukan uang cash.

2. Tidak Tersedia Layanan Pinjaman Online

Sampai sejauh ini, NeoBank memang tidak tersedia layanan pinjaman online. Meski demikian, pihak BNC pernah memaparkan akan berkerjasama dengan aplikasi pinjol AkuLaku untuk menyediakan layanan pinjaman online. Namun, sampai akhir tahun ini belum ada realisasi dari perbincangan tersebut.

Update: Kini sudah tersedia layanan pinjaman online dari NeoBank bernama Neo Pinjam.

3. Tidak Tersedia Rekening Valas

Neobank belum menyediakan rekening dalam jenis mata uang asing atau tabungan valuta asing. Bisa jadi ini disebabkan karena status yang dimiliki oleh BNC masih merupakan bank BUKU II atau belum dirilis.

Kesimpulan

Ada sejumlah kelebihan dan kekurangan NeoBank yang bisa anda temukan di sini. Bahkan, mungkin Anda juga akan menemukannya yang lain selain yang telah di tulis Joglonesia ini. Namun, perlu Anda ketahui, semua produk tentunyamemiliki kelebihan dan kekurangan. Anda hanya cukup mempertimbangkan mana sisi terbaik dari setiap produk, dan bandingkan dengan kelemahannya.

Jika Anda lebih banyak menemukan kelebihan, maka bisa jadi itu adalah hal terbaik yang bisa Anda ambil, begitu juga sebaliknya.

Neobank menawarkan kelebihan dan kekurangan yang berbeda dibandingkan bank konvensional. Jika Anda memilih antara bank digital dan bank konvensional, artikel ini memberikan ikhtisar singkat tentang fitur-fitur Neobank.

***

Baca berita Informasi Jogja Solo Indonesia lainnya di Google News