cara mengaktifkan adzan otomatis di hp tanpa aplikasi

Hindari Cara Mengaktifkan Adzan Otomatis di HP Tanpa Aplikasi.!!

Bagi sebagian orang, menggunakan aplikasi tambahan mungkin kurang mereka sukai karena menambah beban dan memori pada HP. Lantas bagaimaan cara mengaktifkan adzan otomatis di HP tanpa aplikasi baik untuk HP android maupun iPhone.

Bagi umat muslim, terutama yang rajin menjalankan ibadah sholat, Adzan merupakan suara yang paling ditunggu tunggu, Namun, adzan tidak bisa sembarang waktu karena harus menyesuaikan dengan jadwal sholat di setiap lokasi masing masing.

Jadi, setiap daerah memiliki jadwal dan waktu adzan yang berbeda menyesuaikan dengan zona waktu di tempat tersebut. Karena itulah, adzan selama 24 jam bisa terus berkumandang di jagad raya ini tanpa berhenti sama sekali.

Cara Mengaktifkan Adzan Otomatis Di Hp Tanpa Aplikasi

Mengaktifkan adzan di HP biasanya dilakukan oleh orang muslim yang tidak ingin ketinggalan waktu sholat. Terutama waktu awal sholat atau juga bisa menginginkan sholat selalu di masjid.

Karena itulah, orang orang ini selalu mencari cara mengaktifkan adzan otomatis di hp tanpa aplikasi atau juga bisa menggunakan aplikasi tambahan. Kedua pilihan ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

Adzan sendiri merupakan satu satunya penanda masuknya waktu sholat yang sudah dilakukan sejak zaman Rasululloh. Adzan tak pernah bisa digantikan dengan suara lain seperti lonceng atau alarm. Selain itu, Adzan merupakan panggilan untuk umat Islam untuk menjalankan sholat berjamaah. Jadi bukan hanya sekedar penanda bahwa waktu sholat sudah dimulai.

Suara adzan yang dikumandangkan di masjid juga harus dari suara asli manusia, bisa menggunakan alat namun sekedar untuk mengeraskan suara agar bisa terdengar sampai jauh. Terutama untuk jamaah dan sekeliling masjid tersebut.

Baca Juga: 4 Cara Pindahkan Kontak Android ke iPhone Paling Mudah

Lantas bagaimana jika suara adzan berasal dari HP smartphone kalian? Nah, untuk adzan otomatis di HP tanpa aplikasi ini digunakan sekedar untuk diri sendiri sebagai penanda bahwa waktu sholat sudah tiba dan segera mencari tempat sholat terdekat.

Mengaktifkan adzan otomatis di hp tanpa aplikasi cukup efektif terutama ketika kalian berada dalam perjalanan, misalnya didalam mobil, atau juga saat berada jauh dari masjid.

Bagi mereka yang sering melakukan pendakian gunung, traveling atau juga berada di daerah yang mayoritas penduduknya non muslim, mengaktifkan adzan otomatis di HP sangat berguna. Karena itulah, memanfaatkan teknologi modern saat ini juga sangat membantu untuk kelancaran dalam beribadah sholat.

Kenapa Memilih Tanpa Aplikasi?

Banyak orang yang memilih mengaktifkan adzan di hp tanpa aplikasi tambahan mengingat HP mereka sudah penuh dengan aplikasi lain. Atau bisa jadi karena memang tidak ingin ada aplikasi tambahan yang terlalu banyak iklan mengganggu.

Beberapa alasan lain mungkin bisa kalian temukan yang pada intinya, cara mengaktifkan adzan otomatis di HP tanpa aplikasi tetap bisa dilakukan dengan sedikit pengaturan pada smartphone.

Tidak bisa dipungkiri memang bahwa sejumlah aplikasi yang tersebar di playstore maupun appstore hampir 95% lebih untuk versi gratis terdapat iklan. Hal ini wajar karena memang para pengembang aplikasi ini bekerja untuk mendapatkan cuan dari iklan yang ada.

Namun bagi pengguna, terutama untuk jenis aplikasi yang terlalu banyak iklan dan sangat mengganggu, tentunya mereka tidak menyukainya. Bahkan, ada sejumlah iklan yang justru membuat HP menjadi lemot atau bahkan menjadikan HP terkena virus dan rusak.

Karena itulah, orang orang ini mencari cara mengaktifkan adzan otomatis di HP tanpa aplikasi tambahan apapun yang lebih ringan dan aman untuk smartphone.

Bagaimana Mengaktifkan Suara Adzan Otomatis Di Hp Tanpa Aplikasi

Untuk mengaktifkan suara adzan otomatis tanpa aplikasi di smartphone kalian cukup mudah. Anda hanya membutuhklan file mp3 suara adzan yang bisa kalian pakai untuk pananda waktu sholat.

Baca Juga: Desain Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Kurang Cocok di Indonesia

Untuk suara Adzan dalam bentuk file mp3 in sendiri ada banyak macamnya, jadi silahkan kalian pilih mana yang paling kalian sukai dan memiliki file yang cukup ringan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan kalian ikuti panduan dan langkah demi langkah mengaktifkan suara adzan otomatis di hp tanpa aplikasi lain ini.

Downlaod suara Adzan mp3

Pertama, silahkan Joglonesian mendownload suara adzan terlebih dahulu. Ada beberapa penyedia file mp3 yang bisa langsung Anda unduh, namun kalian juga bisa mengunduhnya dari Youtube.

Tentunya bagi pengguna smartpohone yang sering searching paham ada layanan yang bisa mengubah file mp4 menjadi mp3. Manfaatkan situs layanan ini untuk mengunduh suara adzan di youtube dan menconvertnya menjadi file mp3.

Simpan File MP3

Setelah kalian menemukan suara Adzan yang kamu kehendaki dan mengunduhnya, lanjut dengan memindahkan file mp3 tersebut ke salah satu folder musik di HP kalian. Jika memang memungkinkan, masukkan ke folder ringtone atau bisa membuat folder terpisah di HP smartphne Anda.

Seting Penanda di Alarm

Cara mengaktifkan suara adzan otomatis di HP tanpa menggunakan aplikasi selanjutnya adalah dengan menambahkan pengaturan pada alarm. Caranya silahkan Joglonesian ikuti panduan berikut ini:

  • Masuk ke menu pengatuiran alarm dan jam pada HP kamu. lanjut dengan menekan ikon PLUS (tambah) dan sesuaikan dengan waktu salah satu sholat. Misalnya waktu sholat dzuhur dan sesuaikan dengan waktu sholat di tempat kalian.
  • Selanjutnya seting alarm ini menjadi harian karena adzan selalu ada setiap hari. Lakukan step yang satu ini sebanyak 5 kali sesuai dengan waktu sholat lain, yakni shubuh, dhuhur, ashar, magrib dan Isya.

Atur Suara Alarm

Langkah selanjutnya yakni mengatur suara alarm pada HP kalian. Caranya yakni dengan masuk ke pengaturan suara dan volume dan lanjut dengan memilih menu daftar penyimpanan dalama perangkat. Kemudian kalian pilih suara adzan yang barusan kalian unduh tadi dan klik save.

Mudah bukan bagaimana cara mengaktifkan suara adzan otomatis di HP tanpa aplikasi tambahan lain? Hanya saja, cara ini memiliki kekurangan yang cukup fatal menurut Joglonesia.

Kekurangan Seting Adzan Otomatis Tanpa Aplikasi

Tentu saja, setiap tindakan ada kelebihan dan kekurangannya. Tak berbedah jauh dengan cara mengaktifkan suara adzan otomatis di HP tanpa memerlukan aplikasi tambahan ini.

Salah satu kekurangannya adalah ribet karena harus mengunduh file, mengconvertnya dan mengatur sejumlah setingan. Cara ini bisa jadi tidak bisa dilakukan oleh mereka yang kurang paham dan gaptek.

Baca Juga: Kirim WA Nomor Ini Dapat STB Gratis !!

Selain itu, kelemahan yang cukup fatal adalah setingan Alarm dan waktu sholat. Untuk waktu sholat selalu berubah setiap hari bahkan untuk satu wilayah sekalipun. Ada selisih setiap harinya beberapa detik atau bahkan menit.

Karena itulah, dengan menggunakan cara ini, tentunya waktu sholat kalian tidak akan tepat sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Hal ini karena seting Alarm mengacu pada waktu atau jam pada HP, sedangkan waktu sholat ada perubahan setiap harinya.

Karena itulah, cara mengaktifkan adzan otomatis di HP tanpa aplikasi ini kurang direkomendasikan terutama bagi mereka yang menginginkan Sholat tepat pada waktunya.

Untuk cara terbaik adalah dengan menambahkan apliaksi adzan otomatis yang maan pada apliaksi tersebut sudah sesuai dengan jadwal wakyu sholat setiap daerah.

Ada sejumlah aplikasi yang cukup bagus dan paling banyak digunakan oleh umat islam sebagai penanda waktu sholat. Mereka memiliki beberapa kelebihan masing masing misalnya tersedia juga kompas untuk arah kiblat, tersedia kumpulan doa, jadwal puasa dan lain sebagainya. Untuk aplikasi adzan terbaik akan Joglonesia ulas pada artikel selanjutnya ya.

***

Ikuti berita lainnya dari Joglonesia.com di GoogleNews