Trik mengatasi Easycash Gagal Bayar

Easycash Gagal Bayar? Jangan Panik! Begini Cara Mengatasinya

Bagaimana mengatasi Easycash gagal bayar agar tidak terjadi penagihan easycash ke rumah? Tentu saja ini bisa Anda lakukan, namun dengan beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pinjaman online sampai sejauh ini masih menjadi tempat untuk mendapatkan dana talangan dengan waktu yang relatif singkat. Tidak sedikit masayarakat Indonesia yang memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan sejumlah pinjol baik ilegal maupun legal.

Hal ini karena selain dana pinjaman yang cepat cair, syarat yang diberikan oleh perusahaan fintech ini juga tidak seribet dengan pinjaman di bank konvensional. Selain itu, proses pengajuan juga mudah karena bisa dilakukan melalui aplikasi atau secara online.

Tidak berbeda jauh dengan EasyCash yang belakangan ini sering menyebarkan promo di media sosial dan beberapa platform lain untuk menjaring konsumen.

Easycash Gagal Bayar

Sebelum lebih jauh membahas bagaimaan mengatasi easycash gagal bayar, Joglonesia akan mengajak kalian untuk kilas balik dan mendalami apa itu EasyCash.

EasyCash adalah sebuah perusahaan fintech yang bergerak pada pembiayaan atau pinjaman online yang dapat diperoleh melalui internet atau aplikasi resmi.

Tentu saja, proses pengajuan pinjaman dilakukan secara online dan dapat disetujui dengan cepat. Easycash menawarkan sejumlah pinjaman dengan jangka waktu yang singkat dan bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan pinjaman tradisional.

Namun, proses pengajuan yang cepat dan mudah serta tidak dibutuhkannya jaminan saat pengajuan pinjaman merupakan keuntungan dari pinjaman online EasyCash.

Bahkan, dengan limit yang cukup besar seperti yang bisa Anda lihat di Tabel Pinjaman EasyCash itu, tentunya akan membuat masyarakat semakin tergiur dengan iklan yang ada.

Tentu saja, tidak sedikit masayarakat yanng hanya berpikir instant yang penting dapat modal. Mereka terkadang lupa bagaimana jika terjadi gagal bayar pinjaman easyCash.

Galbay Easycash

Galbay atau singkatan dari gagal bayar merupakan salah satu hal yang wajib Anda hindari. Meskipun EasyCash merupakan salah satu perusahaan fintech legal dan terdaftar di OJK, namun soal gagal membayar angsuran adalah sesuatu yang berbeda.

Tentu saja, semua perusahaan tidak ada yang mau rugi, dan begitu juga dengan EasyCash yang telah memberikan bantuan modal kepada para nasabah.

Perusahaan sendiri tetap akan terus menuntut pengembalian hutang yang telah diberikan kepada Anda. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang mengatakan bahwa pinajman easycash legal namun serasa ilegal. Hal ini tentunya terkait dengan penagihan angsuran easycash yang gagal bayar.

Setiap langkah pastinya akan dilakukan oleh pihak easycash untuk menagih hutang yang telah Anda gunakan. Namun, Easycash sendiri tentunya harus mematuhi apa yang menjadi ketentuan sebagai perusahaan yang terdaftar di OJK.

Namun karena minimnya pengetahuan masyarakat, dan juga tuntutan dari perusahaan, tidak sedikit petugas penagihan yang juga bekerja diluar kendali.

Mengatasi Gagal Bayar Easycash

Ada sejumlah alasan kenapa bisa terjadi gagal bayar cicilan easycash. Selain karena memang kondisi atau terjadi hal diluar prediksi, tidak sedikit pula yang memang sengaja untuk kabur dari tanggung jawab.

Baca Juga: Takut GalBay, Begini Cara Membatalkan Pinjaman Di EasyCash

Buat kalian yang memang berada dikondisi yang tidak memungkinkan, tentu saja ada langkah yang bisa Anda lakukan saat easycash gagal bayar

Tips mengatasi galbay easycash ini setidaknya akan membantu Anda mengamankan nama baik dan reputasi Anda di perbankan. Diantaranya sebagai berikut:

Hubungi Pihak EasyCash

Langkah pertama ketika easycash gagal bayar adalah dengan menghubungi pihak easycash. Kebanyakan orang justru akan menghindar padahal ini adalah langkah yang salah.

Anda dapat menghubungi pihak EasyCash untuk menjelaskan situasi Anda dan meminta bantuan dalam membayar cicilan. Mereka mungkin dapat memberikan solusi seperti pengaturan jadwal pembayaran yang baru atau menunda pembayaran sementara waktu.

Selama penjelasan Anda dapat dipercaya dengan menunjukkan beberapa bukti, tentu saja perusahaan easyCash akan membantui Anda dalam mengatur cicilan.

Cari Dana Tambahan

Selain dengan cara diatas, Anda tetap ahrus bertanggung jawab dengan cicilan yang menjad kewajiban kalian. Anda dapat mencari dana tambahan dengan menjual barang yang tidak digunakan, melakukan pekerjaan sampingan, atau mencari pinjaman dari sumber lain.

Hanya saja, saat Anda mencari pinjaman lain ini bukan dari pijol lain, melainkan saudara atau teman. Karena, tidak disarankan untuk melakukan pengajuan pinjaman online untuk menutup pinjol lain.

Justru ini akan menjerumuskan kalian dalam jebakan pinjaaman online dan akan menyengsarakan Anda sendiri.

Pertimbangkan Pengaturan Cicilan

Jika Anda memiliki beberapa pinjaman yang harus dibayar dan kesulitan untuk membayar cicilan, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengajukan pengaturan utang.

Pengaturan utang akan membantu Anda mengatur ulang jadwal pembayaran pinjaman Anda dan membuatnya lebih terjangkau.

Sebagai contoh dalam mengatasi easycash gagal bayar ini adalah dengan merubah tenor atau jangka waktu pengembalian hutang.

Perlu diingat bahwa jika Anda tidak dapat membayar cicilan pinjaman EasyCash, itu akan mempengaruhi skor kredit Anda dan dapat menyulitkan Anda untuk mendapatkan pinjaman di masa depan. Sebaiknya berkoordinasi dengan pihak EasyCash dan mencari solusi secepat mungkin.

Penagihan Easycash Ke Rumah

Apakah akan ada penagihan dari easycash ke rumah?
Setelah Anda tidak dapat membayar cicilan pinjaman EasyCash, perusahaan fintech ini dapat melakukan berbagai tindakan untuk menagih cicilan Anda.

Ada kemungkinan perusahaan akan mengirimkan pengingat pembayaran atau menghubungi Anda melalui telepon atau whatsapp. Namun, jika Anda tetap tidak dapat membayar cicilan, perusahaan dapat memutuskan untuk menugaskan kolektor utang untuk menagih cicilan Anda.

Baca Juga: Tak Ingin Diteror Pinjol, Begini Cara Menghapus Akun EasyCash

Dalam hal ini, perusahaan kolektor utang dapat menghubungi Anda melalui telepon, email, atau bahkan mengunjungi rumah Anda untuk menagih cicilan.

Sejauh ini, pemerintah telah memberikan aturan bawah perusahaan kolektor utang tidak diperbolehkan untuk melakukan tindakan yang melanggar hukum, seperti mengancam atau menyalahgunakan Anda.

Namun, tidak sedikit penagih hutang ini yang bertindah diluar ketentuan dan aturan yang telah menjadi regulasi penagihan.

EasyCash Sebar Data

Apakah easycash akan menyebarkan data nasabah yang gagal bayar cicilan?
Sebenarnya bukan hanya easycash saja yang melakukan sebar data nasabah, bahkan perusahaan perbankanpun melakukan hal yang sama.

Baik Bank maupun perusahaan pinjaman online seperti EasyCash dapat menyebarkan data nasabah yang gagal bayar cicilan kepada perusahaan lain, seperti perusahaan kolektor utang atau agen kredit.

Namun, perusahaan tersebut harus mematuhi peraturan privasi yang berlaku dan hanya dapat menyebarluaskan informasi yang diperlukan untuk menagih cicilan Anda.

Selain itu, perusahaan juga dapat menyebarkan data nasabah yang gagal bayar cicilan ke dalam database nasabah yang akan di share dengan perusahaan lain dalam industri keuangan. Tentu saja, hal ini dapat mempengaruhi kualitas skor kredit Anda dan menyulitkan Anda untuk mendapatkan pinjaman di masa depan.

Sebagai nasabah, Anda memiliki hak untuk mengetahui apa saja data yang dikumpulkan perusahaan dan bagaimana data tersebut digunakan. Anda juga memiliki hak untuk meminta perusahaan untuk menghapus data Anda jika Anda merasa data tersebut tidak lagi diperlukan.

Sayangnya, tidak sedikit perusahaan terutama fintech yang melakukan ancaman dan teror ke nasabah yang galbay cicilan.

Sebagai nasabah, Anda pun berhak melaporkan kasus pengancaman tersebut ke OJK dan melakukan pengaduan ke pihak kepolisian jika itu sudah cukup meresahkan Anda.

Karena itulah, penting untuk memilih perusahaan fintect yang resmi terdaftar di OJK agar regulasinya juga jelas dan Anda memiliki kekuatan hukum yang membantu.

Namun demikian, hutang tetaplah harus Anda bayar dan dilunasi karena mereka juga memiliki dasar hukum yang kuat.

Pengalaman Gagal Bayar Easy Cash

Ancaman Galbay Easycash

Dilansir dari salah satu sumber yang pernah melakukan pengajuan pinjaman di EasyCash, Jun yang merupakan warga Manado ini menceritakan pengalaman galbay easy Cash.

Jun merasa kesal karena jatuh tempo masih 5 hari namun sudah ditagih dengan marah marah dan diancam akan melakukan penyebaran data ke kontak darurat yang telah ditambahkan saat pengajuan.

Jun sendiri telah memilih untuk di BI Checking saja (Blokir BI) namun penagihan dari EasyCash malah semakin intens dan keras.

Baca Juga: Cara Pengajuan Pinjaman KTA Octo Loan CIMB Niaga

Alhasil, Jun pun melaporkan hal tersebut ke kepolisian karena sudah merasa terancam dan mengganggu ketentraman. Namun demikian, bukan berartu Jun terbebas dari jerat hutang tersebut, Jun tetap harus mengembalikan uang yang telah ia gunakan.

Kesimpulan

Easycash gagal bayar bisa saja terjadi bagi nasabah karena berbagai alasan. Jika Anda adalah salah satu yang megalami hal ini, tidak perlu panik dan kabur dari EasyCash.

Sebaiknya, selesaikan dengan bijak dan sampaikan permasalahan yang sedang Anda hadapi. Bicarakan dengan keluarga dan dapatkan dukungan dari mereka.

Jika Anda merasa terancam, laporkan ke kepolisian dan juga OJK terkait dengan masalah yang sedang Anda hadapi. Diluar tersebut, lakukan dan cari dana lain untuk menyelesaikan cicilan Anda.

Selain itu, hindari pengajuan pinjaman online dimanapun hanya karena tuntutan gaya hidup. Gunakan apapun jenis pinjaman hanya karena kebutuhan yang mendesak.


Ikuti berita menarik lainnya di Google News