Simulasi KPR Bank Muamalat Tanpa DP Bisa Punya Rumah Syariah

Simulasi KPR Bank Muamalat Tanpa DP Bisa Punya Rumah

Buat yang ingin segera memiliki rumah, simak bagaimana simulasi KPR Bank muamalat Tanpa DP yang satu ini. Dengan demikian, Anda bisa memperhitungkan berapa kemampuan Anda untuk mengangsur setiap bulan.

Saat ini, ada banyak bank yang menawarkan Kredit Kepemilikan Rumah dengan berbagai kemudahan dan layanan yang menjajikan. Tentu saja, setiap perusahaan perbankan memiliki kebijakan, syarat dan ketentuan yang tidak sama.

Namun, bagi umat Muslim, tentunya akan memilih pinjaman dalam bentuk KPR yang terbebas dari riba dan pastinya, KPR ini lebih banyak tersedia di bank Syariah.

Simulasi KPR Bank Muamalat Tanpa DP

Salah satu perusahaan perbankkan syariah yang menawarkan kredit kepemilikan rumah (KPR) adalah produk dari Bank Muamalat.

KPR atau Kredit Pemilikan Rumah adalah sebuah fasilitas layanan pembiayaan yang disediakan oleh bank untuk membantu Anda sebagai nasabah dalam membeli atau membangun sebuah rumah. KPR tanpa DP atau tanpa uang muka adalah jenis KPR yang memungkinkan Anda untuk memulai proses pembiayaan tanpa harus mengeluarkan uang muka terlebih dahulu.

Dengan demikian, Anda bisa memiliki rumah idaman tanpa harus mengeluarkan uang sedikitpun di awal sebegai uang muka atau bahkan tanda jadi pembelian tempat tinggal ini.

Bank Muamalat adalah salah satu bank syariah yang menawarkan fasilitas KPR tanpa DP. Dalam hal ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang muka, akan tetapi hanya membayar angsuran setiap bulan sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan.

Baca Juga: Simulasi Deposito Syariah: Begini Rumus Menghitungnya

Sebelum menghitung simulasi KPR Bank Muamalat tanpa DP ini, sebaiknya Anda memahami apa saja keuntungan yang Anda dapatkan dari produk layanan ini. Juga bagaimana proses dan tata cara dalam mengajukan pinjaman KPR di bank Syariah ini.

Keunggulan KPR Bank Muamalat

KPR IB Hijrah merupakan produk layanan dalam pembiayaan untuk kepemilikan rumah secara syariah. Tenu saja, program ini diawasi dan sesuai dengan ketentuan dari Dewan Syariah Nasional.

Adapun akad yang digunakan dalam KPR Bank Muamalat tanpa DP ini adalah Muarabahah dan juga Musyarakah Mutanaqisah.

Nah, keunggulan KPR Bank Muamalat selain angsuran yang ringan, Anda juga bisa memilih skema pembiayaan yang mana ada angsuran tetap dan berjenjang.

Untuk jangka waktu cicilan sendiri bisa mencapai 15 tahun dan tentu saja ini akan meringankan dalam menentukan cicilan pada simulasi KPR Bank Muamalat.

Seperti namanya, KPR Bank Muamalat tanpa DP yang tentunya, uang muka untuk pembelian rumah adalah 0 persen. Bahkan, seperti pada ulasan sebelumnya di “Pinjaman Bank Muamalat Pribadi Tanpa Agunan Limit 200 Juta“, penghasilan Anda dan pasangan bisa digabungkan sebagai jaminan angsuran bulanan.

Produk dari Bank Muamalat ini bukan hanya sekedar untuk pembelian rumah baru, melainkan juga bisa Anda gunakan untuk perbaikan rumah ataupun tak over kredit.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menggunakan layanan ini untuk pembelian produk lain misalnya untuk modal usaha dan menjadikan sertifikat rumah sebagai agunan.

Pengajuan KPR tanpa DP di Bank Muamalat

Untuk Anda yang tertarik dengan salah satu produk bank Syariah Muamalat ini, berikut ini proses pengajuan KPR tanpa DP di Bank Muamalat meliputi beberapa tahap, seperti:

Persiapan Dokumen

Untuk mendapatkan fasilitas KPR Bank Muamalat tanpa DP, tentu saja ada persyaratan dan ketentuan terutama maslah dikumen. Anda harus mempersiapkan dokumen yang diperlukan seperti identitas diri, bukti pendapatan, dan dokumen lain yang diperlukan oleh bank.

Penentuan Jumlah Pembiayaan

Dalam hal ini, Anda bisa saja memilih tipe rumah yang menurut Anda itu bagus baik dari sisi bangunan maupun luas tanah. Namun, Bank akan membantu Anda dalam menentukan jumlah pembiayaan yang sesuai dengan kemampuan kalian.

Langkah terbaik saat menentukan angsuran setiap bulan adalah tidak lebih dari 30 persen dari pendapatan yang Anda terima setiap bulan.

Survey Rumah

Meskipun dari Angsuran bulanan Anda merasa cukup mampu, namun pihak bank tentu saja memiliki kebijakan tersendiri dalam menentukan apakah proses pengajuan Anda akan di setujui.

Bank akan melakukan survey rumah yang akan dibeli atau dibangun untuk memastikan bahwa rumah tersebut layak untuk dibiayai.

Persetujuan Pembiayaan

Setelah dokumen lengkap dan survey rumah selesai, bank akan membuat keputusan untuk memberikan pembiayaan atau tidak. Salah satu yang menjadi pertimbangan Bank Muamalat dalam memberikan fasilitas KPR Tanpa DP ini adalah lokasi rumah yang akan Anda beli.

Penandatanganan Kontrak

Jika pembiayaan KPR Bank Muamalat Tanpa DP disetujui, Anda harus menandatangani kontrak pembiayaan dengan bank.

Sebaiknya, baca dengan teliti setiap point syarat dan ketentuan dan juga pasal pasal yang ada dalam dokumen dan formulir yang Anda isi.

Pembayaran Angsuran

Setelah kontrak ditandatangani, Anda harus membayar angsuran setiap bulan sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan. Ini merupakan kewajiban Anda yang harus di selesaikan dan usahakan untuk membayar cicilan sebelum tanggal jatuh tempo.

Itu adalah penjelasan secara rinci tentang KPR tanpa DP di Bank Muamalat. Penting bagi nasabah untuk memahami seluruh proses dan syarat-syarat sebelum memutuskan untuk mengajukan pembiayaan.

Syarat Pengajuan KPR Tanpa DP di Bank Muamalat

Tentu saja, ada persyaratan khusus dalam pengajuan kredit kepemilikan rumah di bank Muamalat ini. Dalam hal ini, pinjaman KPR tentu saja akan berbeda dengan pinjaman untuk Umroh atau pinjaman Multiguna.

Baca Juga: Pengajuan Kredit Renovasi Rumah Bank BTN dan Syaratnya

Adapun syarat KPR IB Hijrah bank Mualamat sebegai berikut.

  1. Warga Negara Indonesia yang berdomilisi di Indonesia
  2. Nasabah bukan dari perusahaan melainkan perorangan atau individu.
  3. Usia saat pengajuan 21 tahun dan maksimal 55 tahun saat pelunasan atau jatuh tempo.
  4. Tidak termasuk dalam daftar blacklist BI Checking atau kredit bermasalah di bank lain.
  5. Memiliki pendapatan stabil setiap bulan.
  6. Minimal 1 tahun sebagai karyawan tetap atau 2 tahun untuk karyawan kontrak atau seorang wiraswasta.

Di atas adalah syarat umum untuk bisa mendapatkan fasilitas KPR tanpa DP di Bank Muamalat. Sedangakn untuk syarat dokumen bisa Anda temukan dibawah ini.