Buka Rekening Bank Muamalat Secara Online Hanya 3 Menit

Buka Rekening Bank Muamalat Secara Online Hanya 3 Menit

Buka rekening Bank Muamalat kini semakin mudah dengan hadirnya aplikasi mobile banking MDIN. Anda bisa melakukannya tanpa harus menunggu antrian panjang di kantor cabang terdekat.

Bank Muamalat memang menjadi salah satu Bank Syariah terbesar di Indonesia selain BSI. Bahkan, bank Muamalat kini juga telah memiliki anak cabang usaha yang bernama Muamalat Institut.

Dan belum lama ini, Muamalat Institut memberikan dukungan terhadap sejumlah BPR di Kota Pekalongan yang akan transformasi menjadi bank perkreditan rakyat syariah (BPRS).

Bank Muamalat melalui Muamlaat Institut ini berencana akan mengadakan pelatihan ke sejumlah karyawan BPR di kota Pekalongan dalam pengelolaan bisnis, service, akutansi dan pencegahan pendanaan terorisme.

Hal inilah yang membuat Bank Muamalat semakin dipercaya masyarakat dalam pengelolaan keuangan baik dalam bentuk simpanan maupun pinjaman.

Buka Rekening Bank Muamalat

Dengan segudang prestasi dan semakin banyak kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, kini banyak masyaraklat yang mulai melirik bank Syariah yang dominan berwarna ungu ini.

Terlebih dengan hadirnya aplikasi mobile banking MDIN yang tersedia di Playstore dan AppStore, penambahan jumlah nasabah bank Muamalat semakin meningkat pesat. Ini membuktikan kepercayaan masyarakat yang semakin tinggi terhadap Bank Muamalat. Terlebih masyarakat muslim Indonesia kini telah banyak yang Hijrah dan menghindari Riba.

Baca Juga: Tabungan Bank Muamalat berhadiah iPhone 14 Tanpa Diundi

Buka rekening bank muamalat bisa dilakukan melalui fitur Smart Account Opening (SAO) MDIN. Fitur ini sendiri telah tersedia pada aplikasi mobile banking Muamalat DIN.

Fitur Aplikasi Muamalat DIN

Sejumlah fitur yang tersedia pada aplikasi diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Informasi Saldo: Anda bisa mengecekk informasi saldo yang Anda miliki di Bank Muamalat secara realtime
  2. Riwayat Transaksi: Tentu saya, Anda bisa mengetahui daftar riwayat transaksi yang anda lakukan di Bank Muamalat melalui aplikasi ini.
  3. Transfer Uang: Dengan aplikasi MDIN, Anda bisa melakukan pemindahan saldo ke sejumlah rekening bank lain atau sesama Bank Muamalat.
  4. Pembayaran QRIS: Aplikasi MDIN juga mendukung pembayaran melalui QRIS yang cukup mudah dengan hanya scan barcode
  5. Konten Islami: Selain sebagai alat pengelolaan keuangan, Aplikasi Digital mobile banking MDIN juga menyediakan konten Islami untuk menambah ketaqwaan Anda.
  6. Promo Khusus: Tersedia juga informasi mengenai promo yang dikhususkan untuk nasabah Bank Muamalat.
  7. Dan masih banyak lagi fitur lain yang akan Anda temukan di Muamalat DIN

Untuk mengunduh Aplikasi Muamalat DIN, Anda harus memiliki smartphoe minimal OS androis 7 atau iOS 12 agar aplikasi mobile banking bisa berjalan normal.

Aplikasi Muamalat DIN Sampai berita ini ditulis, telah diunduh lebih dari 500 ribu kali unduhan dan mendapatkan rating 4.3 dengan 14 ribu lebh ulasan.

Tentu saja, ulasan yang ada disini reall uman dan bukan hasil dari BOT seperti yang ada di sejumlah aplikasi pinjol ilegal. Anda bisa melihat bagaimana para nasabah yang memberikan ulasan positif dan ini membuktikan bahwa aplikasi Muamalat DIN cukup membantu.

Syarat Buka Rekening Bank Muamalat

Untuk Anda yeng tertarik buka rekening bank Muamalat, sebaiknya Anda mempelajari persyaratan yang berlaku. Tentu saja, setiap bank memiliki persayaratan yang tidak harus sama.

Namun pada dasarnya Syarat buka rekening bank muamalat tidak berbeda jauh dengan bagaimana Anda buka rekening di bank konvensional.

Adapun sejumlah syarat buka rekening di bank syariah muamalat ini sebagai berikut:

  1. WNI/WNA yang sudah berusia minimal 17 tahun
  2. Untuk WNI wajib memiliki E-KTP/SIM/Paspor atau identitas diri lainnya
  3. Untuk WNA wajib memiliki paspor/KIMS/KITA atau surat keterangan tinggal di Indonesia
  4. Mengisi formulai pendaftaran
  5. Menyetujui ketentuan yang berlaku di Bank Muamalat
  6. Setoran awal minimal 25 ribu rupiah

Secara umum, hanya ada 5 syarat buka rekening bank muamalat yang disebutkan di atas. Namun, untuk buka rekening secara online melalui aplikasi Muamalat DIN, ada sejumlah ketentuan lain.

Adapun ketentuan tersebut adalah memiliki smartphone sesuai dengan OS yang telah disebutkan di atas. Selain itu, nomor HO yang ada di smartphone tersebut masih aktif karena digunakan untuk pengiriman kode OTP.

Cara Buka Rekening Online Bank Muamalat

Sebelum buka rekening bank muamalat, pastikan semua persyaratan yang disebutkan diatas telah Anda lengkapi. Selain itu, pastikan juga kondisi HP cukup baik dalam hal daya baterai dan juga memiliki koneksi jaringan yang bagus.

Jika semua sudah lengkap, silahkan ikuti panduan buka rekening bank muamalat berikut ini.

  1. Unduh aplikasi Muamalat DIN melalui Playstore atau AppStore.
  2. Instal aplikasi sampai selesai dan buka aplikasi setelah terinstal dengan sempurna
  3. Klik menu Buka Reneing yang ada di bagian layar utama (kanan bawah)
  4. Lanjut dengan pengisian data diri seperti nama, nomer KTP, alamat, tempt tanggal lahir dan juga kenis pekerjaan.
  5. Klik lanjutkan setelah pengisian data selesai.
  6. Lakukan Foto Selfi sambil memegang KTP yang masih berlaku Anda.
  7. Selanjutnya, silahkan pilih kantor cabang terdekat yangbisa ANda kunjungi untuk melakukan aktifasi rekening.

Sebagai catatan, aktifasi rekening ini bisa dilakukan maksimal 60 hari setelah proses buka rekening. Jadi, Anda bisa memiliki kesempatan yang cukup lama untuk melakukan aktifasi ini.

Jika Anda menemui kesulitan dalam pembukaan rekening bank Muamalat secara online ini, kalian bisa menghubungi customer sevice di sambungan telepon 1500016.

Ketentuan dan Keuntungan

Adapun sejumlah ketentuan dan keunggulan yangbisa Anda dapatkan dari buka rekening bank muamalat secara online ini. Sebagai catatan, untuk buka rekening secara online hanya berlaku untuk jenis tabungan IB Hijrah. Tabungan ini menggunakan akad Wadi’ah dimana Anda tidak akan dikenakan biaya administrasi bulanan.

Bahkan, untuk jenis kartu ATM dengan logo GPN juga gratis tanpa ada biaya tambahan. Namun, untuk jenis kartu ATM Classic ada biaya sebesar 2.500 rupiah setiap bulannya. Sedangkan untuk kartu Debet ATM jenis Ihram ada biaya sebesar 5000 rupiah setiap bulan.

Baca Juga: Pinjaman Online Berbasis Syariah Bunga Rendah Resmi OJK

Selain itu, Anda juga akan dikenakan biaya penitupan rekening sebesar 25 ribu rupiah dan untuk penggantian kartu hilang atau rusak, maka dikenakan biaya sebesar 20 ribu rupiah.

Pastikan rekening kalian ada aktifitas karena untuk rekening pasif akan dikenakan biaya sebesar 2500 rupiah setiap bulannya. Untuk tabungan IB Hijrah ini sendiri diperuntukkan untuk perorangan, bukan untuk perusahaan. Itulah kenapa tabungan ini bebas biaya administrasi dan juga bebas dari riba.

Bank Muamalat juga menyediakan kartu debit Share-E yang dapat Anda gunanakan untuk berbelanja di mall atau manapun yang memiliki jaringan VISA. Anda juga bisa mendapatkan subsidi dalam bentuk potongan harga di sejumlah merchant pilihan yang telah bekerja sama dengan Bank Muamalat.

Kesimpulan

Dengan hadirnya SAO MDIN, kini buka rekening bank muamalat semakin mudah dan hanya butuh waktu sekitar 3 menit. Aplikasi yang dikembangkan oleh Bank Muamalat Indonesia ini sendiri hadir sejak September 2019 lalu.

Ini cukup membantu nasabah dalampengelolaan keuangan dan juga untuk pembukaan rekening baru. Untuk Anda terutama umat Muslim yang ingin menabung tanpa ada unsur riba, Anda bisa memilih bank Muamalat sebagi perusahaan untuk mengelola keuangan Anda.


Temukan informasi dan berita keuangan lain dari Joglonesia.com di Google News