Paling mudah cara cek angsuran pinjaman bank mandiri

Paling Mudah Cara Cek Angsuran Pinjaman Bank Mandiri

Dengan hadirnya dunia teknologi, seakan semuanya bisa dengan mudah dilakukan hanya dengan menggunakan HP. Tak terkecuali tentang bagaiman cara cek angsuran pinjaman bank Mandiri. Anda bisa melakukan berbagai macam hal dengan HP kalian untuk urusan perbankan Mandiri dan juga bank lain.

Jadim bukan hanya sekedar mengecek saldo tabungan Mandiri saja, melainkan juga cek angsuran mandiri kur, cek status kta mandiri dan masih banyak lagi.

Bank Mandiri merupakan salah satu lembaga keuangan terbesar di Indonesia, yang menawarkan berbagai produk keuangan, termasuk pinjaman.

Bank Mandiri menawarkan berbagai jenis pinjaman, seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), dan Kredit Mobil.

Tentu saja setiap jenis pinjaman memiliki persyaratan yang berbeda dan pembayaran angsuran yang harus dipenuhi oleh peminjam. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang pinjaman Bank Mandiri dan bagaimana cara cek angsuran pinjaman bank mandiri.

Cara Cek Angsuran Pinjaman Bank Mandiri

Ada beragam cara mudah untuk cek angsuran pinjaman bank mandiri, bisa melalui online maupun offline. Namun sebelum membahas lebih jauh bagaimana cara tersebut, joglonesia.com akan mengajak Anda mengenal lebih jauh tentang pinjaman yang ada di Mandiri.

Sejauh ini, ada beragam jenis pinjaman yang bank Mandiri tawarkan kepada nasabah. Tentu saja, ada tingkat kemudahan dan kenyamanan yang berbeda dari setiap produk pinjaman.

Hal ini disesuaikan dengan jenis pinjaman, besarnya pinjaman dan tujuan pinjaman itu sendiri. Dengan demikian, Anda bisa merasakan manfaat yang lebih untuk pengajuan hutang tersebut.

Jenis-Jenis Pinjaman Bank Mandiri

Seperti disinggung sebelumnya, saat ini Bank Mandiri menawarkan berbagai jenis pinjaman untuk para nasabah. Adapun diantara produk pinjaman itu sebagai berikut:

1. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

KTA Bank Mandiri adalah jenis pinjaman yang tidak memerlukan jaminan, sehingga peminjam tidak perlu memberikan jaminan berupa aset atau properti untuk mendapatkan pinjaman. Pinjaman ini dapat digunakan untuk kebutuhan apa saja, seperti biaya pendidikan, renovasi rumah, atau biaya pernikahan.

2. Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

KPR Bank Mandiri adalah jenis pinjaman yang diberikan untuk pembelian atau pembangunan rumah. Pinjaman ini memiliki jangka waktu hingga 20 tahun dan tersedia dalam berbagai pilihan suku bunga dan jangka waktu.

3. Kredit Mobil

Kredit mobil Bank Mandiri adalah jenis pinjaman yang diberikan untuk pembelian mobil baru atau bekas. Pinjaman ini tersedia dalam berbagai pilihan suku bunga dan jangka waktu.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan take over kredit cicilan mobil dengan menggunakan layanan ini.

Tentu saja, sebagai salah satu Bank terbesar di Indonesia, bank Mandiri memiliki lebih banyaklagi produk pinjaman yang mereka tawarkan. Namun, untuk produk-produk pinjaman ini akan Joglonesia bawah pada artikel terpisah.

Pembayaran Angsuran Pinjaman Bank Mandiri

Untuk Pembayaran angsuran pinjaman Bank Mandiri harus dilakukan secara teratur sesuai dengan jadwal pembayaran yang telah ditentukan.

Pembayaran angsuran dilakukan dengan cara transfer melalui ATM, Internet Banking, atau datang langsung ke cabang Bank Mandiri.

Baca Juga: Pinjaman Dana Tunai Langsung Cair Bunga Rendah dari Mandiri

Setiap kali melakukan pembayaran, pastikan bahwa nomor rekening dan jumlah yang ditransfer sudah benar. Jika terjadi kesalahan dalam pembayaran, segera hubungi Bank Mandiri untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

Sebaiknya, lakukan pembayaran angsuran ini di awal bulan, atau segera setelah Anda menerima gaji. Hal ini tentunya akan menambah nilai tersendiri di mata bank.

Dengan demikian, score kredit Anda juga akan baik dan ANda akan lebih mudah mendapatkan pinjaman lain yang bahkan dengan limit yang lebih besar lagi.

5 Cara Cek Angsuran Pinjaman Bank Mandiri

Cek angsuran pinjaman Bank Mandiri dapat dilakukan melalui beberapa cara. Setidaknya, minimal ada 5 macam cara yang paling mudah untuk Anda lakukan sendiri.

Tentu saja, cara cek angsuran pinjaman bank mandiri ini membutuhkan jaringan internet atau juga pulsa sms agar bisa berjalan lancar.

Adapaun berbagai cara paling mudah sebagai berikut ini:

1. Melalui Internet Banking

Peminjam dapat masuk ke akun Internet Banking Bank Mandiri untuk melihat informasi terkait angsuran pinjaman, termasuk jumlah angsuran yang harus dibayar, tanggal jatuh tempo, dan informasi lainnya.

Anda bisa mengakses laman resmi bank mandiri dan login menggunakan username dan password yang telah kalian daftarkan di Bank Mandiri.

Namun, layanan internet banking Mandiri kini hanya tersedia untuk rekening bisnis saja, sedangkan untuk rekening reguler, kini telah dialihkan menggunakan livin dengan logo kuning.

Buat Ada yang memiliki rekening bisnis, silahkan langsung menuju ke lamam bankmandiri.co.id dan pilih opsi mandiri internet bisnis saat login. Selanjutnya, silahkan kalian ikuti petunjuk yang telah tersedia dilaman tersebut.

2. Melalui Aplikasi Livin

Mandiri kini telah memiliki aplikasi mobile banking yang lebih keren dengan fitur yang semakin banyak. Living by Mandiri dengan logo kuning adalah aplikasi terbaru dari bank Mandiri.

Dengan aplikasi ini, Kalian bisa melakukan pengecekan angsuran pinjaman bank Mandiri untuk semua jenis pinjaman Anda. Mulai dari cek status kta mandiri atau bahkan cek sisa KPR yang telah Anda bayarkan.

Baca Juga: Program Bank Mandiri Taspen Layanan Keuangan Bagi Pensiunan

Buat kalian yang masih bingung atau baru dalam menggunakan aplikasi ini, silahkan itui panduannya berikut ini:

  • Buka aplikasi livin dan login dengan username dan password kalian
  • Lanjut dengan memilih opsi pinjaman
  • Klik pada menu “Mandiri Tunas Finance”.
  • Lanjut dengan memilih opsi Cek Angsuran MTF

Pada tahap ini, Anda akan menemukan semua angsuran yang telah Anda bayar, sisa angsuran dan besarnya angsuran. Sederhananya, semua transaksi pinjaman dan angsuran anda telah dibukukan disini.

Jadi, ini merupakan cara cek angsuran pinjaman bank mandiri yang paling mudah digunakan, dan Anda akan menemukan data yang lebih detail.

3. Melalui SMS Banking

Anda juga dapat menggunakan layanan SMS Banking Bank Mandiri untuk memeriksa informasi terkait angsuran pinjaman. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengirimkan SMS ke nomor tertentu dengan format yang telah ditentukan oleh Bank Mandiri.

Adapun nomor tujuan untuk SMS adalah 99333 dan tentu saja ada biaya untuk SMS ini dan Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Untuk formatnya adalah sebagai berikut ini.

  1. Registrasi: MTF(spasi)REG(spasi)Nomor_HP
  2. Cek Angsuran: MTF(spasi)ANG(spasi)nomor_kontrak
  3. Cek total angsuran: MTF(spasi)TOTAL(spasi)nomor_kontrak
  4. Cek angsuran terakhir: MTF(spasi)LASTPAY(spasi)nomor_kontrak

Cara ini memang sudah jarang dilakukan karena sedikit ribet dan juga membutuhkan biaya pulsa SMS sebesar 500 rupiah. Namun, ini bisa Anda lakukan jika berada di daerah yang susah mendapatkan jaringan internet.

4. Melalui Customer Service

Jika kalian memiliki kesulitan untuk mengecek informasi terkait angsuran pinjaman melalui Internet Banking atau SMS Banking, Anda dapat menghubungi Customer Service Bank Mandiri melalui telepon atau datang langsung ke cabang Bank Mandiri terdekat.

Baca Juga: Pembatalan Tabungan Rencana Mandiri, Begini Cara Paling Mudah

Adapaun kontak call center bank mandiri yang bisa kalian hubungi 14000 atau di nomor 021-52997777. Selaij itu, kalian juga bisa menanyakan melalui beberapa kontak berikut ini:

Email: mandiricare@bankmandiri.co.id
Facebook: facebook.com/bankmandiricare
Twitter: twitter.com/mandiricare

5. Melalui TokoPedia

Salah satu marketplace dengan nuansa hijau ini juga menyediakan layanan cek angsuran pinjaman bank mandiri. Anda bisa melakukan pengecekan sisa angsuran yang harus kalian bayar, berapa yang sudah kalian cicil dan masih banyak lagi.

Sejauh ini, bank Mandiri memang bekerja sama dengan sejumlah marketplace dan salah satunya adalah tokopedia. Untuk melakukan pengecekan ini, silahkan ikuti caranya berikut:

  • Login ke aplikasi tokopedia Anda
  • Pilih opsi Angsuran pada layar utama
  • lanjut pilih perusahaan dan pilih MNandiri Tunas Finance
  • Selanjutnya silahkan masukkan nomor kontrak kalian

Nah, pada halaman ini, kalian akan menemukan sisa angsuran yang harus kalian bayarkan. Anda juga bisa melakukan pembayaran melalui tokopedia.

Tips Membayar Angsuran Pinjaman Tepat Waktu

Pembayaran angsuran pinjaman Bank Mandiri harus dilakukan tepat waktu agar tidak terjadi keterlambatan pembayaran atau bahkan pembatalan pinjaman. Karena jika ada keterlambatan cicilan, tentunya akan ada denda yang justru semakin memberatkan kalian.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk membayar angsuran pinjaman Bank Mandiri dengan tepat waktu:

Buat jadwal pembayaran

Buatlah jadwal pembayaran secara berkala dan pastikan untuk mematuhi jadwal tersebut. Anda dapat menggunakan kalender atau aplikasi pengingat untuk membantu mengingatkan jadwal pembayaran.

Prioritaskan pembayaran pinjaman

Pembayaran pinjaman harus menjadi prioritas utama dalam pengelolaan keuangan. Pastikan untuk mengalokasikan dana yang cukup untuk membayar angsuran pinjaman setiap bulannya.

Simpan bukti pembayaran

Simpan bukti pembayaran sebagai bukti bahwa angsuran pinjaman telah dibayar tepat waktu. Bukti pembayaran dapat berupa struk ATM atau bukti transfer dari Internet Banking.

Jangan mengabaikan keterlambatan pembayaran

Jika terjadi keterlambatan pembayaran, segera hubungi Bank Mandiri untuk menyelesaikan masalah tersebut. Keterlambatan pembayaran dapat berdampak pada kredit score Anda dan dapat menghambat pengajuan kredit di masa depan.

Kesimpulan

Pembayaran angsuran pinjaman Bank Mandiri harus dilakukan secara teratur dan tepat waktu agar tidak terjadi masalah dalam pengelolaan keuangan Anda.

Kalian dapat memeriksa informasi terkait angsuran pinjaman melalui Internet Banking, SMS Banking, atau Customer Service. Dan sebagai pengingat, meskipun saat i banyak kemudahan untuk melakukan pinjaman, namun sebaiknya jangan mduah tergiur dengan hal tersebut.

Hanya lakukan pengajuan pinjaman jika memang terdesak atau dalam kondisi yang benar benar membutuhkan.


Untuk info lebih lanjut, ikuti joglonesia.com di Google News