Taman Ghanjaran Mojokerto
credit image: traveloka.com

20 Rekomendasi Tempat Wisata di Mojokerto yang lagi Hits

16. Candi Bajang Ratu

Jika Anda berkunjung ke candi Tikus, jangan lupa sempatkan juga untukmampur ke candi Bajang Ratu. hal in karena lokasi wisata ini cukup dekat dan juga tidak kalah populer dengan candi lain. Beberapa kaum muda milenial menyukai tempat ini untuk berswafoto karena bentuk candinya yang unik.

Dari legenda yang berhasil dihimpun tim redaksi JogloNesia, candi ini memang berbeda denganc andi lain karena ini dulunya merupakan gapura tempat pintau masuk ke kerajaan. Bahkan terlihat dibagian kaki Candi yang terukir relief penghormatan kepada sang raja Jayanegara.

Ini adalah tempat wisata edukasi yang menarik denagn nilai sejarah yang kental akan kerajaan Majapahit dengan sang patih Gajah Mada. Lokasinya masih satu jalur dengan candi Tikus, yakni berada di Jalan Candi Tikus no 9, Pelem, Temon, Trowulan, Mojokerto Jawa Timur.

Sedangkan untuk tiket masuk sangat murah, karena cukup dengan biaya sebesar 1500 rupiah untuk anak-anak dan 3 ribu rupiah untuk orang dewasa. Untukl jam buka sendiri, candi Bajang Ratu mulai beroperasi dari pukul 8 pagi hingga 3 sore saja ya.

17. Candi Jolotundo

Candi Jolotindo agaknya berbeda dengan kebanyakan candi yang ada di Jawa Timur, lebih tepatnya di Mojokerto. Hal ini lantaran banguan candi ini terbuat dari batu Andesit yang mirip dengankebanyakan candi di Jawa Tengah.

Salah satu legenda dan mitos yang tersebar di masyarakat, candi ini memiliki mata air suci yang dikeramatkan. Mata aior ini sendiri memilkki kandungan mineral yang mandi incaran para wisatawan yang datang.

Candi Jolotundo merupakan banguann peninggalan kerajaan Majapahit yang dibangun pada tahun sekitar 997 Masehi. Beberapa msyarakat sekitar menggunakan candiini untukmelakukan ritual pada Malam Satu Suro.

Lokasi candi in berada i kaki pegunungan Penagnggungan dengan ketinggian lokasi di 880 mdpl. Sedangkan untuk biasa masuk, ANda cukup merogoh kocek sebesar 7.5 ribu hingga 10 ribu rupiah saja. Namun, Anda bisa datang ketempat ini kapan saja, karena candi Jolotundo buka selama 24 jam penuh.

18. Wisata di Mojokerto: Candi Waringin Lawang

Masih seputaran wisata peninggalan sejarah di Mojokerto, Candi Waringin Lawang adalah salah satu bukti berdirinya kerajaan Majapahit. Dari info yang berhasil dihimpun team Readaksi JogloNesia, candi ini adalah sebuah gerbang atau gapura untuk masuk ke kota Majapahit.

Menurut legenda yang beredar, Candi Waringin Lawang diambil dari namanya yang merupakan sebuah pintu yang digunakan untuk penyambutan tamu yang akan berkunjung ke Kerajaan Majapahit. Selain itu, candi ini juga digunakan oleh sang raja untuk pemberkatan saat Raja keluar atau masukkembali dari Mono Nagari.

Hal tersebut bisa dibuktikan dengan adanya anak tangga di gapura Candi Waringin Lawang. Dengan sejarah Majapahit yang menjadi latar belakang candi ini, tempat ini akhirnya digunakan sebagai lokasi wisata edukasi di Mojokerto.

Bagi Anda terutama yang masih duduk di bangku sekolah, jangan lewatkan untuk mengunjungi candi ini sebagai ajang untuk pengetahuan sejarah Indonesia.

Selain beberapa candi yangtelah disebutkan diatas, masih ada beberapa candi lain yakni seperti Candi Jedong dan juga Candi Bangkal. Candi in itentunya memilikinilai sejarah masing masing.

19. Patung Buddha Tidur Mojokerto

Jika tujuan wisata Anda ke Thailand hanya untuk melihat patung Budha, ANda bisa koq berkunjung ke Mojokerto. Karna, tempat wisata di Mojokerto yang Lagi Hits ini sempat viral di media sosial dan masuk ke trending topik.

Buat wisatawan yang ingin berswafoto untuk update story Instagram, silahkan mampir ke Patung Buddha Tidur di Mojokerto ini. Lokasi tepatnya berada di alamat Jalan Siti Inggil, Bejijong, Trowulan, Mojokerto Jawa Timur.

Anda juga bisa ikut berbaring bersama Buddha yang memiliki panjang sekitar 22 meter dengan ketinggian mencapai 4.5 meter. Namun, jangan sampai tidur beneran di tempat ini, karena Anda akan ditinggal rombongan piknik yang lain.

Patung Buddha ini memiliki warna kuning emas dan sangat mencolok. Selain itu, terdapat pula miniatur candi Borobudur, patung Biksu dan juga Teratai yang tidak kalah menarik untuk Anda berselfi ria di tempat ini.

Harga tiket masuk ke wisata patung Buddha Tidur ini hanya 3 ribu rupiah untuk anak anak dan untuk dewasa dipatok seharga 5 ribu rupiah. Sedangkan waktu operasional tempat wisata ini mulai buka pukul 6 pagi hingga pukul 5 sore.

20. Wisata Makam Troloyo Mojokerto

Buat kalian yang mencintai wisata religi, di Mojokerto juga tersedia tempatnya. Yakni Makam Troloyo yang menurut cerita, tempat ini merupakan petilasan para leluhur yang menyebarkan agama Islam di Indonesia.

Bahkan, beberapa walisongo juga pernah singgah ditempat ini. Dan ebberapa lainnya seperti Syekh Maulana Jumadil Kubro, Syekh Maulana Sekah, Syekh Abdul Qodir Jaelani Assyni, dan juga tidak ketinggalan Syekh Maulana Ibrahim.

Itulah kenapa tempat in juga tidak kalah ramai dengan tempat wisata lain di Mojokerto. Terutama umat Islam yang ingin ziarah dan mengetahui petilasan para ulama yang telah menyebarkan ajaran Islam.

Nah, sobat JoglNesia, kini saatnya Anda menentukan rute mana yang harus Anda dahulukan untuk bisa mengunjungi semua tempat wisata di Mojokerto yang lagi hits ini. Selain itu, persiapkan kesehatan dan fisik yang prima agar liburan akhir tahun Anda kali ini sangat berkesan.