Ini Makna Mahar 300 Ribu di Acara Pernikahan Kaesang dan Erina

Ini Makna Mahar 300 Ribu di Acara Pernikahan Kaesang dan Erina

Dengan mahar hanya 300 ribu rupiah, acara pernikahan kaesang pengarep dan Erina Gudono berlangsung hari ini, Sabtu 10 Desember 2022. Banyak masyarakat yang tidak menyangka jika mahar yang akan diberikan hanya sebesar itu. Namun siapa sangka, setidaknya mahar ini mematahkan anggapan bahwa menikah tidak harus dengan mahar yang fantastis dan memberatkan.

Namun dibalik mahar 300 ribu itu, ada makna tersendiri bagi pasangan Kaesang pengarep dan Erina Gudono. Lantas apa maksud dari mahar 300 ribu pada acara pernikahan Kaesang dan Erina ini? Kenapa nominal yang dipilih adalah 300 ribu, bukan yang lain?

Seperti dalam berita viral yang hari ini terjadi, Acara pernikahan Kaesang dan Erina merupakan hajatan terakhir dari keluarga presiden Jokowi. Acara in cukup menyita perhatian publik bukan hanya di Indonesia, melainkan juga beberap anegara tetangga dan negara sahabat.

Acara Pernikahan Kaesang dan Erina

Untuk acara pernihakan Kaesang dan Erina sendiri di gelar di 2 tempat, yakni di kediaman Erina Gudono di Joga dan juga di kediaman Kaesang yakni di Solo, Jawa Tengah.

Acara hajatan ini sendiri sejatinya sudah mulai digelar sejak hari kamis, 8 Desember 2022 lalu yang mana dimulai dengan pengajian. Pengajian ini juga di hadiri sejumlah pejabat penting dan juga beberapa warga sekitar.

Bahkan, sepanjang jalan Adisucipto sejak hari Kamis mulai dijaga ketat oleh pihak kepolisian di bantu dengan anggota TNI lain. Beberapa titik trlihat Polisi dan TNI mengatur lalu lintas.

Hal ini karena sejumlah pejabat hilir mudik bergantian mendatangi lokasi kediaman Joko Widodo untuk bersilaturahmi dan memberikan ucapan selamat atas pernihahan Kaesang dan Erina.

Fakta Menarik Pernikahan Putra Presiden

Adapun sejumlah fata menarik pada acara pernikahan kaesang dan erina yang perlu Anda ketahui. Dan berikut ini fakta fakta sebenarnya:

Mahar 300 Ribu

Seperti disinggung di atas, bahwa mas kawin atau mahar 300 ribu yang diberikan Kaesang untuk Erina ternyata memiliki makna khusus bagi mereka berdua.

Setidaknya, itulah nominal yang tercatat pada daftar yang tertera di Kantur Urusan Agama setempat. Adapun makna yang terkandung adalah, karena mereka berdua merupakan anak ketiga. Jadi, baik Kaesang maupun Erina sama sama anak ketiga dalam keluarga masing maing.

“Makna, (saya) anak ketiga. Erina juga ketiga,” kata Kaesang dikutip dari detikcom (9/12).

Kaesang sendiri mengatakan bahwa Erina bukan orang yangn neko-neko. Dia juga menyebutkan bahwa calon istrinya ini bisa menerima apapun mahar yang akan diberikannya. Kaesang juga menambahkan bahwa mas kawin itu bukanlah permintaan khusus dari Erina Gudono.

“Ada tambahan mahar, itu dari saya, semua saya. Erina orangnya nggak neko-neko, dikasih Rp1.000 juga mau,” ucapnya.

Tidak seperti kebanyakan orang berduit lainnya, justru putra bungsu orang nomer satu di Indonesia ini hanya memberikan mahar sebesar 300 ribu dan juga seperangkat alat sholat.

Hal ini membuat banyak masyarakat kagum akan kesederhanaan kaesang yang hanya memberikan sejumlah mas kawin sebesar itu. Tidaks edikit story WA dan juga social media lain yang menampilkan besarnya mas kawin pada Acara pernikahan Kaesang dan Erina ini.

Tidak menerima Sumbangan

Selain dengan mahar 300 ribu, undangan yang tersebar untuk sejumlah kerabat dan juga teman teman kedua mempelai, tertulis bahwa mereka tidak menerima sumbangan (Amplop).

Sebenarnya ini bukan sesuai yang perlu dikagetkan karena Presiden Jokowi juga sempat menggelar 2 acara pernikahan untuk kedua kakak Kaesang, yakni Gibran Rakabuming Raka dan juga Kahiyang Ayu. DI Acara pernikahan tersebut, Jokowi juga tidakmenerima sumbangan dan amplop dari apra tamu undangan.

Serangkaian acara pernikahan kaesang dan erina ini digelar dengan lancar yang mana sebelumnya dilakukan acara siraman dan juka sungkeman. Kedua acara ini jugaberjalan dengan lancar dan baik.

Dari kabar yang beredar, kedua keluarga besar ini memesan sejumlah seragam untuk acara pernikahan ini. Adapun sebanyak 82 seragam dipesan mulai dari beskap dan juga jarik.

Sedangkan untuk penjahit yang dipercaya masih tetap sama yang selama ini menjadi langganan jokowi, yakni Busana Suratman yang berada di Solo Jawa Tengah. Ada 3 model beskap yang digunakan pada acara pernikahan Kaesang dan Erina, yakni model landung, Atela dan juga Jawi Jangkep.

Aksesoris dari Desainer Kondang

Meski mahar 300 ribu yang diberikan untuk mempelai putri, namun untuk aksesories yang digunakan pada acara preweding dibuat oleh seorang desainaer kondang. Sebut saja aklsesories yang menempel di kepala Erina Gudono saat foto prewed yang dibuat oleh Rinaldy A. Yunardi.

Deainer ini memang sangat terkenal, terutama dari kalangan artis. Bahkan tidak sedikit selebrity dunia yang pernah memesan produk dari desainer kondang ini seperti Lady Gaga, Katty Perry, Madonna, AAron Kwok, Sammi Cheng, Kylie Jenner dan selebrity dunia lain. Bahkan, Rinaldy A. Yunardi pernah ditunjuk sebagai anggota Asia Couture Federation pada tahun 2015 yang merupakan satu satunya desainer accesorries pada waktu itu.

Fotografer Terkenal

Tidak hanya desainer kondang yang digunakan pada acara pernikahan Kaesang dan Erina, untuk pengambilan gambar setiap momen acara ini juga menggunakan fotografer terkenal.

Rio Motret adalah fotografer yang dipercaya dalam melakukan pengambilan gambar saat acara prewedding. Perlu Anda ketahui, Rio Motret merupakan salah satu photo grafer dengan bayaran termahal di Indonesia yang telah menjadi langganan para pejabat dan juga artis papan atas.

Tasyakuran di tempat bersejarah

Pada hari sebelumnya, telah diadakan acara tasyakuran yang berlokasi di Pura Mengkunegaran atau biasa disebut juga dengan Pendopo Pura Mangkunegaran. Ini adalah tempat bersejarah terutama bagi warga Solo Jawa Tengah.

Tak ayal, beberapa hari sebelumnya kota Solo terlihat berbenah dan mempercantik kota kelahiran Jokowi ini. Sejumlah trotoar di jalan tepatnya depan Mangkunegaran sampai Matahari Singosaren dipasang atap yang cantik dengan pelindung kaca.

Pura Mangkunegaran sendiri sejatinya adalah istana untuk Kadipaten Mangkunegaran dan mana ini merupakan pecahan dari kerajaan Islam Mataram saat terjadinya perjanjian Gayatri pada tahun 1755.

Terlihat dari desain bangunan yang berada di komplek mangkunegaran ini menyerupai sebauh keraton. Tidak sedikit wisatawan manca negara yang selalu menyempatkan diri untukmelihat kecantikan keraton Mangkunegaran ini. Karena di tengah tengah komplek terdapat rumah yang menjadi kediaman keluarga keturunan adipati.

Wali nikah Erina

Fakta menarik dari acara pernikahan Kaesang dan Erina yang terkahir yakni siapa wali nikah dari Erina. Mengingat ayahanda Erina sudah meninggal, maka yang menjadi wali nikah adalah saudara laki lakinya. Ini memang sudah menjadi aturan dalam Islam bahwa jika Ayah tidak ada atau sudah meninggal, maka saudara lakikali yang sedarang yang berhak menjadi wali nikah untuk adik perempuannya.

Sama halnya, Allen Adam Rinaldy Gudono yang merupakan kakak kandung dari Erina berkewajiban untkmenikahkan adiknya. Seperti dalam pemberitaan sebelumnya, bahwa ayah kandung dari Erina telah meninggal pada tahun 2016 atau sekitar enam tahun yang lalu.

Semoga Bahagia ya untuk kedua mempelai..!!

***

Baca Berita Lainnya di Google News