Marcus Pinjaman Online Penipuan Berkedok Pinjol

Marcus Pinjaman Online Penipuan Berkedok Pinjol?

Sejumlah aplikasi pinjol saat in bertebaran dimana-mana. Bahkan, di playstore Anda akan menemukan banyak sekali pinjaman online yang menawarkan segudang kemudahan yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya adalah marcus pinjaman online yang saat ini sedang viral. Tapi benarkah marcus pinjaman online penipuan berkedok pinjol? Yuk simak penjelasannya.

tidak sediki masyarakat Indonesia yang mengandalkan platform pinjaman online dari perusahaan fintech. Hal in karena kemudahan yang mereka tawarkan saat melakukan pengajuan pinjaman. Segudang kemudahan mereka tawarkan unntuk menggaet nasabah agar masuk dalam daftar peminjam mereka.

Bahkan, bisa dikatakan bahwa platform baru ini merupakan pinjaman online tanpa ribet yang terkadang hanya membutuhkan sedikit persyaratan.

Penipuan Berkedok Pinjaman Online

Dengan hadirnya aplikasi pinjol ini, banyak para developer yang kebanjiran job untuk mkembuat aplikasi pinjol yang akan di unggah di playstore dan juga appstore. Mereka saling berlomba mencari nasabah, memberikan pinjaman dengan syarat yang mudah dan masih banyak lagi rayuan untuk menggaet Anda.

Masyarakat yang saat ini membutuhkan uang, secara otomatis akan menyambut gembira. Bahkan tidak jarang mereka mengabaikan bunga yang tingga dan tabel angsuran bulanan yang harus disetorkan.

Bahkan, tidak sedikit Anda akan menemukan aplikasi pinjol ilegal dan tidak terdaftar di OJK yang juga nangkring di halaman Playstore maupun AppStore.

Masyarakat yang kurang jeli dan teliti tentu akan terjebak dalam rayuan mereka dan langsung mendownload aplikasi tersebut. Mereka hanya melihat rating dan jumlah pengunduh yang telah menggunakan aplikasi ini.

Faktanya, banyak masyarakat yang tidak membaca bagaimana review yang diberikan, darimana asal pemberi review, apakah merkea benar benar review asli atau hanya sekedar BOT atau akun palsu.

Marcus Pinjaman Online

Ini merupakan salah satu aplikasi pinjaman online yang menawarkan jasa keuangan baik dalam hal pinjaman, tabungan dan juga Investasi.

Marcus pinjaman online ini sendiri bukan aplikasi dari Indonesia, melainkan jasa keuangan dari luar negeri yang menawarkan pinjaman dengan limit yang cukup besar. Fintech ini berada dibawah perusahaan bernama Goldman Sachs Bank USA yang berlokasi di USA tentunya.

Baca Juga: Pinjaman Online Bank Permata dengan Limit 300 Juta

Goldman Sachs Bank USA dengan kantor Cabang Salt Lake City, adalah salah satu penerbit dari GM Rewards Cards. Mereka adalah sepenuhnya yang bertanggung jawab dengan operasi dan juga dministrasi untuk platform dan aplikasi ini.

Setidaknya, itu adalah data yang diperoleh dari apa yang mereka tulis pada halaman playstore.

Masih dilansir dari laman playstore juga, Marcus pinjaman online memberikan batas limit mulai dari 20 juta hingga 1 miliar. Ini merupakan angka yang sangat fantastis untuk sekelas pinjaman online dengan syarat yang mudah.

Untuk suku bungan pinjaman sendiri terbilang sangat tinggi, yakni dengan tarif tetap antara 6,99% dan 19,99% APR . Well, angka ini cukup mencekik leher jika mereka benar benar memberlakukan suku bunga ini.

Marcus Pinjaman Online Penipuan Berkedok Pinjol?

Benarkah marcus pinjaman online ini adalah penipuan berkedok pinjol? Sejauh ini, aplikasi ini tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Saat Joglonesia melakukan pengecekan, tidak ada perusahaan yang membawahi Marcus dan juga tidak ada nama Marcus dalam daftar perusahaan yang mendaftar di OJK.

Dengan begini, sudah pasti bahwa fintech ini termasuk aplikasi pinjaman ilegal yang ada di Indonesia. Karena itu masyarakat diharapkan untuk lebih berhati hati lagi dengan aplikasi sejenis ini.

Namun, mungkin ada sebagian dari masyarakat yang ragu karena dilihat dari review dan rating yang ada di playstore cukup bagus.

Dalam beberapawaktu yang lalu, Joglonesia telah membahas masalah ini yang mana ada sejumlah layanan atau jasa yang menyediakan download, review dan memberikan rating untuk aplikasi mereka.

Harga yang ditawarkan juga sangat murah dan dihitung per akun. Akun akun ini termasuk akun palsu yang mana proses pengerjaan bisa dilakukan dengan BOT atau software khusus.

Jadi apa yang Anda lihat pada data di playstore tidak serta merta semuanya benar. Untuk pengecekan yang akurat adalah dengan membaca bagaimana komentar yang diberikan oleh para pengguna, terutama yang memberikan rating buruk atau skor terendah.

Tentu saja, ini sangat membantu Anda dalam menganalisa keakuratan dan kebenaran dari aplikasi tersebut. Namun, Anda juga harus jeli ketika Anda membaca komentar yang memberikan nilai bagus. Perhatikan nama, waktu posting komentar, kapan komentar pertama kali muncul, dan kapan ka mulai update dan muncul di plasytore.

Review Pinjol Marcus

Dilansir dari salah satu kanal youtube bernama arizee25, dijelaskan bahwa aplikasi Marcus pinjaman online merupakan aplikasi pijol penipu. Ini tidak berbeda jauh dengan pinjaman online WOW yang juga sempat viral karena pelanggan harus membayar sejumlah uang untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Pada aplikasi Marcus ini, Anda juga diwajibkan untukmembayar sejumlah uang terlebih dahulu sebelum Anda mendapatkan pinjaman dari fintech ini. Besaran uang yang merea minta adalah sebesar 10 sampai dengan 20 persen dari total pinjaman yang Anda ajukan.

Baca Juga: Takut GalBay, Begini Cara Membatalkan Pinjaman Di EasyCash

Adapun alasan mereka meminta dana sebagai deposito awal untuk bukti kesanggupan bayar dan pembuktian dalam bidang financial Anda. Bahkan, setelah pembayaran awal ini, masih ada lagi pembayaran kedua yang harus Anda lakukan dengan alasan nomor rekening yang Anda masukkan salah.

Selain itu ada lagi nanti biaya yang harus Anda tanggung yakni sebagai polis asuransi. Bahkan masih ada lagi ancaman jika Anda tidak melanjutkan pinjaman, maka Anda akan terkena denda pinalti.

Dari sini sudah jelas bahwa aplikasi Marcus pinjaman online ini akan terus memaksa Anda mentransfer sejumlah uang, namun Anda tidak akan pernah mendapatkan pinjaman tersebut. Ini merupakan jenis modus kejahatan yang baru dengan mengatasnamakan pinjaman online.

MOdus yang dilakukan cukup unik, yakni setelah Anda menginstal aplikasi, Anda pada akhirnya nanti akan diarahkan untuk menghubungi CS pada nonor Whatsapp. Dari sinilah semua akan dimulai dengan rayuan dan aksinya, Anda akan dipaksa untuk memberikan uang diawal.

Untuk aplikasi ini sendiri cukup lengkap dimana tersedia juga perjanjian kontrak antara Anda dan perusahaan yang mengatasnamakan Marcus ini. Bahkan, tampilan dan menu yang ada di aplikasi cukup meyakinkan bagi kamu yang awam.

Salah satu komentar pada chanel youtube tersebut bahkan telah kehilangan uang hingga 14 juta karena aplikasi ini. Uang yang dipinjam juga tidak kunjung cair dan malah uang peminjam yang habis.

Kesimpulan

Ini adalah contoh lain dari modus penipuan yang kerkedok pinjaman online. Komplotan ini akan terus membuat aplikasi baru dengan metode yang hampir sama untuk merayu pelanggan dengan dalih macam macam.

Jadi, masyarakat diminta untuk berhati hati dalam mengajukan pinjaman secara online. Pastikan mereka sudah terdaftar di OJK dan memiliki legalitas yang jelas di Indonesia.

Apapun jenis aplikasi dan semua yang berhubungan dengan keuangan, seharusnya ada dalam daftar otoritas Jasa Keuangan. Untuk pengecekan data ini sendiri juga sudah Joglonesia bagikan pada artikel sebelumnya. Semoga saja Anda bukan bagian dar pengguna yang tertipu aplikasi bodong sejenis ini.

***

Baca berita lainnya di google news