Takut Rugi Begini Cara Tukar Uang Asing di Bank BCA Terbaru

Takut Rugi? Begini Cara Tukar Uang Asing di Bank BCA Terbaru

Cara tukar uang asing di bank BCA bukanlah perkara yanng sulit. Karena selain bank BRI, nyatanya bank swasta yang satu ini juga melayani penukaran mata uang asing bagi wisatawan maupun masyarakat yang menyimpan mata uang asing.

Saat membeli atau menjual uang untuk kesepakatan bisnis atau melakukan transaksi di Indonesia, sebagian besar turis asing menggunakan uang tunai untuk menukar mata uang asal mereka. Selain itu, jika Anda berencana melakukan perjalanan ke luar negeri, Anda dapat menggunakan metode pertukaran yang sama ini untuk membeli barang dari negara lain atau membiayai biaya pendidikan Anda di negara lain.

Jadi pada dasarnya, pertukaran uang diperlukan saat ingin melakukan transaksi di negara lain yang mana mata uang harus sesuai dengan negara dimana kalian nantinya akan melakukan jual beli.

Mata uang Rupiah selalu mempertahankan nilai yang sama, namun ketika harus dihadapkan dengan mata uang asing atau valas (Valuta Asing), nilai Rupiah pasti akan berubah. Semua transaksi ini memerlukan penyesuaian nilai tukar mata uang dan mempermudah perekonomian suatu negara untuk berkembang.

Bank milik swasta seperti Bank BCA menjadi salah satu favorite bagi nasabah untuk menukarkan mata uang asing. Namun tentunya, tidak semua cabang bank melayani penukaran uang asing, hanya saja Bank BCA memang lebih dominan dan menjadi yang terbanyak dalam hal penukaran Valas.

Cara Tukar Uang Asing di Bank BCA

Seperti disinggung sebelumnya bahwa tidak semua cabang melayani penukaran mata uang asing teruntama Banknotes atau uang kertas. Karena itu ada beberapa tips yang pelu kalian lakukan untuk tukar uang asing di Bank BCA.

Anda bisa menghubungi via telepon atau datang langsung ke kantor BCA terdekat. Bicaralah dengan penjaga atau petugas di sana. Beberapa cabang BCA memang tidak melayani penukaran uang kertas. Namun kalian tidak usah kawatir, biasanya petugas BCA yang terkenal ramah ini akan memberikan alamat cabang terdekat yang melayani penukaran mata uang asing. Cabang-cabang ini biasanya juga tersebar hampir di setiap kota.

Baca Juga: Pinjaman Dana Tunai BCA, Syarat dan Cara Pengajuan Online

Perlu kalian ketahui bahwa kondisi fisik uang yang Anda tukarkan juga mempengaruhi nilai tukar. Karena itu, pastikan uang yang akan Anda tukarkan tertata dengan rapi dan dalam kondisi yang bagus.

Bahkan, untuk uang yang telah usang atau kotor, mata uang yang rusak atau sobek tentu saja akan kehilangan nilainya. Misalnya, uang yang sobek, bengkok, tergores, pudar atau lecet.

Bank BCA menangani beberapa jenis penukaran mata uang asing. Diantaranya adalah berbagai macam mata uang yang tidak spesifik untuk satu wilayah. Ini termasuk euro, dolar Singapura dan dolar Hong Kong.

Mereka juga menangani mata uang paling populer di dunia seperti Dolar AS, dolar Australia, dan dolar Hong Kong. Bahkan, Bank BCA juga menerima mata uang eksotis seperti Yen Jepang, rubel Rusia, dan dolar Selandia Baru.

Untuk lebih jelasnya, Cara tukar uang asing di Bank BCA yang terbaik adalah dengan mempelajari lebih lanjut tentang mata uang ini dengan mengunjungi situs web mereka atau berbicara dengan petugas Bank.

Cara Menukar Dollar Ke Rupiah di Bank BCA

Jika Anda masih kesulitan bagaimana cara menukar dollar ke rupiah di bank BCA, mungkin panduan singkat ini bisa membantu Anda.

Langkah yang paling sederhana adalah dengan mengunjungi bank BCA terdekat. Silahkan bawa saja uang kertas yang ingin Anda tukarkan ke Bank BCA. Namun, kalain harus bersiap untuk sejumlah antrian yang bisa jadi cukup panjang.

Selanjutnya, silahkan kalian ikuti panduan singkat ini:

  • Pertama, persiapkan dan tata serapi mungkin uang kertas yang ingin Anda tukarkan.
  • Persiapkan juga buku rekening dan kartu ATM BCA kalian juga kartu Identitas diri (KTP/SIM).
  • Selanjutnya Ambil nomor Antrian
  • Lengkapi formulir untuk penukaran mata uang asing yang telah disediakan.
  • Tunggu Giliran nomor kalian di panggil
  • Saat bertemu dengan petugas, mereka akan memverifikasi kelayakan uang tersebut.
  • Selanjutnya, kalian akan menerima uang yang sesuai kalian tukarkan.
  • Seelsai.

Cara tukar uang asing di Bank BCA ini memang cukup sederhana dan tidak berbeda jauh dengan transaksi lain di bank. Hanya saja ada kelemahan yang cukup melelahkan yakni harus menunggu antrian.

Lalu bagaimana trik agar tanpa antrian panjang saat menukarkan mata uang asing di bank BCA?

Ada sebuah aplikasi besutan dari Bank BCA yang bisa kalian gunakan untuk transaksi penukaran uang asing. Jika kalian sudah familiar dengan dunia online, pertimbangkan untuk menggunakan e-Branch.

Aplikasi Tukar Uang Asing

Apa sih E-Branch ini? Aplikasi e-Branch Bank BCA dapat digunakan untuk penukaran mata uang asing. Ini jauh lebih mudah digunakan daripada menukarkan mata uang melalui metode sebelumnya, dan juga dapat dilakukan di mana pun kaian berada.

Jadi dengan menggunakan aplikasi ini, kalain terbebas dari antrian panjang dan tentunya menghemat waktu. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda simak panduan tulkar uang asing di Bank BCA denagn e-Branch ini.

  • Silahkan kalian download dulu aplikasi di Playstore atau Appstore.
  • Lanjut dengan menginstal dan silahkan login ke akun kalian.
  • Dari aplikasi e-Branch, pilih “Transaksi Teller” sebagai opsi pilihan tukar uang asing.
  • Lanjut dengan menekan menu Banknotes dan input juga nomor ATM kalian di form yang tersedia.
  • Isi semua kolom yang tersedia seperti jenis mata uang dan juga tujuan pemesanan.
  • Pilih cabank BCA mana yang ingin Anda kunjungi untuk mengambil uang tersebut.
  • Selanjutnya silahkan masukkan kode OTP dan tekan tombol Lanjut.
  • Lakukan pembayaran penukaran uang tersebut sesuai dengan nomor virtual account yang diberikan.
  • Selesai

Cara tukar uang asing di BCA yang satu ini cukup praktis dan cepat, namun ini hanya berlaku untuk Valas atau valuta asing, bukan uang fisik. Selain itu, ini hanya bnerlaku untuk pembelian uang asing atau simpelnya dari Rupiah ke Dollar.

Keuntungan Menggunakan eBranch

Tentu saja, ada sejumlah keuntungan pada penggunaan e-Branch ini. Selain sejumlah hal yang telah disebutkan sebelumnya berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan kalian.

  • Anda bisa mencari tahu di mana cabang terdekat yang memiliki mata uang asing.
  • Nilai tukar harganya lebih murah daripada kurs counter.
  • Tarif diperbarui secara real time.
  • Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM, Klik BCA atau M-BCA Virtual Account.
  • Tidak perlu surat kuasa atau pernyataan materai untuk menggunakan layanan ini.
  • Pengambilan uang tukar tersebut dapat kalian wakilkan

Layanan Kurs Mata Uang Asing Bank BCA

Bank BCA menyediakan tiga layanan penukaran mata uang yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan di luar negeri. Layanan ini dapat diakses melalui website bank BCA.

Baca Juga: Take Over Kredit Mobil Bank Mandiri. Cepat ACC Lakukan Ini..

Kurs e-Rate

Pergerakan mata uang asing sehari-hari selalu berubah dengan cepat. Hasilnya, pengguna e-Rate dapat mengubah mata uang secara real time dengan 16 opsi yang dapat dipilih. Bagi kalian yang berpartisipasi dalam valuta asing harus tetap mengikuti perubahan ini untuk memastikan nilai tukar terbaik.

Untuk mengetahui kurs mata uang asing di BCA, kalian bia mengunjungi link ini https://www.bca.co.id/id/informasi/kurs yang mana kurs di update secara realtime.

TT Counter

Ini merupakan layanan transaksi valas yang dapat diselesaikan di loket bank atau sederhananya secara offline. Layanan ini cukup aman yang telah memiliki jaringan sangat luas di seluruh dunia. Mereka menerima berbagai jenis dokumen, seperti faktur dan perjanjian kredit. Hanya saja, dokumen pendukung tambahan diperlukan untuk biaya bulanan lebih dari $25.000 dalam valuta asing.

Bank Notes

Sebelum menukarkan uang asing, pertimbangkan untuk mempelajari proses transaksinya. Ini akan membantu Anda merasa percaya diri saat menukar uang di bank.

Pengguna Bank Notes perlu memberikan dokumen tambahan untuk setiap jumlah dolar yang lebih tinggi yang mereka lakukan. Ini berkisar dari faktur hingga perjanjian kredit hingga dokumen lainnya. Hal ini diperlukan agar transisi dari satu Uang Kertas ke Uang Kertas berikutnya dapat lancar bagi semua pihak yang terlibat.

Tidak berbeda jauh dnegan layanan sebelumnya, untuk layanan tukar uang asing di bank BCA diatas $25 ribu diperlukan uga dokumken pendukung.

Syarat Penukaran Uang Asing dan Tips Singkat

Sebelum menukar mata uang asing, perhatikan tip apa saja yang diperlukan untuk menyelesaikan transaksi. Penting untuk memahami prosesnya agar Anda tidak merasa bingung saat pergi ke bank.

Tentukan nilai tukar dengan memeriksa kurs realtime saat ini. Lihat apakah naik atau turun untuk menentukan berapa banyak uang yang akan kalian terima dan bayarkan. Anda perlu memperhitungkan kebutuhan Anda karena nilai tukar sering berubah. Dengan melakukan hal itu akan membantu Anda menghindari kerugian besar saat tukar uang asing di bank BCA.

Penukaran mata uang asing lebih mengutamakan uang tunai daripada saldo. Sebelum menghubungi bank BCA atau bank lain tempat kalian akan menukarkan uang asing, Anda harus mengonfirmasi bahwa jenis pembayaran Anda. Apakah dalam bentuk cash atau non tunai. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan solusi terbaik dan menghindari kebingungan.

Untuk menukarkan uang di bank, Anda harus menyiapkan buku rekening atau ATM BCA. Anda dapat menukarkan mata uang asing dengan cara menukarkan uang di bank BCA dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau SIM, Paspor dan sebagainya.

Sebagai catatan, ada jika Anda menukarkan di bank BRI, syarat terbaru yakni hanya bisa dilakukan oleh nasabah yang aktif.

Baca Juga: Cara Pengajuan Pinjaman BRI Terbaru dan Tips Cepat Disetujui

Pihak Bank akan menilai kondisi uang yang Anda tukarkan saat menukarkannya. Pertimbangkan hal ini saat memilih uang mana yang akan ditukar, karena mereka akan memeriksa keaslian dan juga kondisi fisik uang yang kalian tukar. Jika mereka mengetahui bahwa itu palsu, mereka akan memproses penukaran sesuai dengan prosedur mereka.

Persiksa kurs mata uang asing sebelum menukar uang memastikan berapa yang akan kalian dapatkan nantinya. Jika kalian ingin membeli uang Dollar atau mata uang asing, maka gunakan kurs “BELI”. Sebaliknya jika kalian memiliki mata uang asing, maka kurs yang perlu kalian catat adalah “Jual”.

Denganselalu melihat kurs mata uang asing secara realtime, tentunya tingkat kerugian akan bisa ditekan bahkan bisa jadi kalian akan untung saat tukar uang di bank BCA.

Bank Yang Menerima Penukaran Uang Asing

Apakah bisa menukar uang asing di bank?

Hampir semua bank konvensional yang ada di Indonesia melayani penukaran mata uang asing, namun tidak semua kantor cabang melayaninya. Jadi, pastikan dulu untuk menghubungi kantor bank terdekat dan tanyakan maksud dan tujuan kalian.

Biasanya, pihak bank akan memberikan saran kemana kantor cabang yang bisa melayani penukaran uang asing kalian. Tentu saja, setiap bank memiliki nilai kurs mata uang asing yang berbeda. Jadi, silahkan cek terlebih dahulu dimana bank yang memiliki nilai tukar tertinggi dan mana yang memiliki nilai tukar terendah.

Namun, selisih ini sebenarnya tidak berbeda jauh, hanya saja jika nilai uang yang Anda ingin tukarkan jumlahnya mencapai ratusan juta, mungkin akan terasa cukup banyak.

Jadi, jika tidak ingin kehilangan waktu dan juga tenaga hanya untuk muter muter mencari dimana nilai tukar yang sesuai dengan keinginan Anda, lebih baik pikirkan hal yang lebih praktis.

Adapun bank swasta yang melayani penukaran uang asing diantaranya adalah BTN, BRI, MANDIRI, BNI, BNK DKI, Bank Panin, CIMB Niaga, Bank Permata, BII, BJB, BCA, BSI dan juga Bank Muamalat.

Jadi kalian tidak perlu bingung kemana harus menukarkan uang asing ke rupiah atau mungkin sebaliknya.


Baca berita dan informasi menarik lainnya di Google News