Anti Ribet! Begini Cara Cek Porsi Haji Melalui Hp Android Versi Baru

Anti Ribet! Begini Cara Cek Porsi Haji Melalui Hp Android Terbaru

Cara cek porsi haji melalui hp android bisa Anda lakukan dengan 2 metode yakni dengan aplikasi atau bisa langsung melalui situs resmi Kemenag atau BPIH. Buat Anda yang ingin tahu lebih lanjut, berikut ini cara terbaru cek kuota haji melalui HP yang bisa Anda lakukan.

Ibadah haji merupakan rukun Islam yang ke 5 yang mana ini merupakan salah satu Ibadah yang hanya wajib dilakukan untuk mereka yang mampu dan memiliki cukup biaya.

Kendati demikian, tidak sedikit mereka yang kurang mampu tetap bisa melakukan ibadah Haji. Ini biasa terjadi terutama bagi mereka yang beruntung karena mendapatkan hadiah atau diajak oleh teman atau saudara.

Intinya, ketika Allah menginginkan umatnya untuk bisa pergi Haji, Maka Allah akan memberikan jalan yang bahkan diluar batas pemikiran manusia.

Terlepas dari semua ini, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk yang cukup banyak dalam setiap tahunnya untuk memberangkatkan haji ke Mekkah.

Hal inilah yang pada akhirnya, pemerintah Arab Saudi memberikan batasan kuota bagi semua negara dengan kapasitas yang berbeda beda. Ini untuk memudahkan dan memberikan kesempatan bagi yang lain agar bisa pergi Haji.

Kuota Haji Indonesia

Kenapa Ada Kuota Haji?

Seperti disinggung sebelumnya, ada jutaan umat Muslim yang ingin pergi beribadah haji setiap tahunnya. Sedangkan daya tampung tempat pelaksanaan rangkaian ibadah haji terbatas.

Antusiasme Umat Islam yang ingin berhaji sangat besar dan sedangkan ibadah haji hanya dilakukan sekali dalam setahun. Inilah yang mendorong diberlakukannya pembatasan jumlah kuota haji dari berbagai negara.

Jadi bukan hanya di Indonesia saja, melainkan seluruh negara di dunia memiliki batasan atau porsi yang berbeda. Namun demikian, umat Islam yang ingin berhaji bisa mulai mendaftarkan diri sejak sekarang. Dengan demikian, sambil menunggu giliran pemberangkatan, Anda bisa menabung dan mengumpulkan uang terlebih dahulu.

Anda bisa menabung melalui beberapa bank konvensional yang menyediakan tabungan haji seperti contohnya BNI Tabungan Haji. Dengan demikian, Anda tidak akan terbebani saat akan berangkat karena sudah memiliki tabungan haji.

Hal ini pula yang menjadikan alasan kenapa banyak masyarakat atau umat Islam yang berada di Indonesia begitu antusian dan memiliki animo yang tinggi untuk beribadah haji di Mekkah.

Dengan tingginya pendaftar Haji saat ini, tentunya waktu tunggu pemberangkatan juga akan semakin panjang. Inilah yang menjadi salah satu hal yang mendorong umat Islam bahwa cek porsi haji melalui HP Android begitu penting.

Dengan mengetahui kuota haji, pemberangkatan, jadwal tunggu dan biaya haji, tentunya akan memudahkan umat Islam untuk bisa melaksanakan Ibadah haji dan mulai menabung dari sekarang.

Cara Cek Porsi Haji Melalui HP Android

Setiap tahun kuota atau porsi Haji di Indonesia tidak banyak mengalami perubahan. Kecuali saat terjadinya Pandemi beberapa waktu yang lalu yang mana porsi haji benar benar sangat terbatas.

Karena itulah, penting untuk mengetahui jumlah porsi haji dan jadwal pemberangkatan Haji sesuai dengan momor antrian atau nomor pendaftaran Haji.

Baca Juga: Hindari Cara Mengaktifkan Adzan Otomatis di HP Tanpa Aplikasi.!!

Ada 2 macam Cara Cek Porsi Haji Melalui HP Android seperti yang disingung sebelumnya yakni bisa melalui Aplikasi atau juga bisa menuju situs resmi Kemenag (Kementerian Agama) atau di BPIH (Badan Penyelenggara Ibadah Haji)

Cara Cek Porsi Haji Melalui Web Berdasarkan Nama

Untuk cek porsi haji di Indonesia melalui hp android yang pertama yakni melalui website resmi. Adapun panduannya bisa Anda baca sebagai berikut:

  • Buka browser pada hp android Anda.
  • Masuk ke situs resmi Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) yakni haji.kemenag.go.id.
  • Pada halaman utama, cari menu “Cek Porsi Haji” atau “Basis Data”
  • Klik menu tersebut dan akan muncul form pendaftaran.
  • Isi form pendaftaran dengan data yang sesuai, seperti nama pendaftar atau nomor porsi haji.
  • Klik tombol “Cek” atau “Submit” untuk melakukan pengecekan.
  • Anda akan menerima hasil pengecekan porsi haji Anda melalui layar hp android Anda.

Salah satu kelemahan cek porsi haji melalui situs resmi Kemenag ini adalah load yang lemot. Hal ini karena trafik pengunjung yang melakukan pengecekan juga cukup banyak. Selain itu, website resmi ini juga sering mengalami masalah error 503 yakini terkait server.

Cara Cek Porsi Haji Dengan Aplikasi

Sebagai alternatif, Anda juga dapat mengunduh aplikasi resmi dari Kemenag atau BPIH yang tersedia di Google Play Store.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan cek porsi haji secara online dan mendapatkan informasi terbaru tentang jadwal ibadah haji.

Tentu saja, cara ini lebih simpel karena data yang Anda butuhkan sudah disederhanakan dan didesain agar ramah dengan pengguna.

Cara cek porsi haji melalui HP Android dengan memanfaatkan aplikasi ini cukup mudah, yakni ANda tinggal membuka aplikasi dan memasukkan nomor porsi haji yang Anda dapatkan saat pendaftaran. Maka Hasil akan muncul ketika Anda telah menekan tombol submit.

Aplikasi Untuk Cek Porsi Haji Indonesia

Tentu saja, saat ini ada sejumlah aplikasi yang menawarkan kemudahakan untuk pengecekan porsi haji secara realtime. Lalu, aplikasi apa saja yang menjadi rekomendai Joglonesia untuk mengecek porsi haji di Indonesia?

Beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengecek porsi haji di Indonesia antara lain:

Aplikasi e-Haji

Ini merupakan Aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) dan dapat diunduh di Google Play Store. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan cek porsi haji secara online, melihat jadwal ibadah haji, dan mendapatkan informasi terbaru tentang pendaftaran haji.

Kelebihan: Aplikasi ini resmi yang dikembangkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag), sehingga informasi yang ditampilkan di dalamnya dijamin akurat dan terpercaya.

Kekurangan: mungkin kurang user-friendly dan lebih rumit digunakan dibanding aplikasi lain.

Aplikasi Haji Plus

Aplikasi ini dikembangkan oleh Badan Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) dan dapat diunduh di Google Play Store. Tidak berbeda jauh dengan aplikasi sebelumnya yang mana aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan cek porsi haji secara online, melihat jadwal ibadah haji, dan juga mendapatkan informasi terbaru tentang pendaftaran haji. Mungkin ada sedikit perbedaan mengenai user interface atau tampilan saja.

Baca Juga: 8 Aplikasi Remote TV Serbaguna Paling Banyak Digunakan

Kelebihan: Ini merupakan aplikasi resmi besutan dari Badan Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH). Dengan demikian, data dan informasi yang ditampilkan tentuny amemiliki tingkat keakuratan yang tinggi dan dapat dipercaya.

Kekurangan: Tidak berbeda jauh dengan aplikasi sebelumnya, mungkin tampilannya kurang user-friendly dan lebih rumit digunakan dibanding aplikasi lain.

Aplikasi Haji ON

Aplikasi ini tentunya dikembangkan oleh pihak ketiga seperti perusahaan travel umroh yang memungkinkan Anda untuk melakukan cek porsi haji, mengecek jadwal ibadah haji, dan mendapatkan informasi terbaru tentang pendaftaran haji.

Kelebihan: Tentu saja, karena ini adalah pihak ketiga maka mungkin tampilannya lebih user-friendly dan mudah digunakan dibanding dengan kedua aplikasi sebelumnya.

Kekurangan: Karena ada kemungkinan tidak resmi dikembangkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) atau Badan Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH), sehingga informasi yang ditampilkan di dalamnya tidak selalu dijamin tingat akurasi dan kurang terpercaya.

Ada banyak lagi aplikasi cek prosi haji lainnya dan sebaiknya Anda mengecek di google play store dan melakukan pengecekan yang sesuai dengan yang anda butuhkan. Namnun selalu ingat untuk mengecek keaslian aplikasi dan kredibilitas dari sumber yang menyediakan aplikasi tersebut.

Catatan: Sebaiknya Anda melakukan cek porsi haji di HP Android melalui situs resmi Kemenag atau BPIH dan ikuti petunjuk yang tersedia di situs tersebut.

Kesimpulan

Cara terbaru cek porsi Haji melalui HP Android lebih mudah Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi. Hal ini karena untuk membuka situs resmi BPIH atau Kemenag biasanya sangat susah.

Namun demikian, postikan untuk menggunakan aplikasi resmi atau dari pihak ketiga namun yang memiliki kredibilitas yang jelas terutama perusahaan yang mengembangkan Aplikasi tersebut.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan data yang akurat sehingga ibadah Haji Anda bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada unsur penipuan.


Temukan dan Ikuti Informasi Menarik lainnya dari Joglonesia.com di Google News