Tabungan Tanpa Biaya Administrasi Dengan Bunga Tinggi

Tabungan Tanpa Biaya Administrasi Dengan Bunga Tinggi

Ada ga sebenarnya tabungan tanpa biaya Administrasi? Ini adalah pertanyaan yang sering kali terngiang dipikiran Anda sebagai nasabah yang ingin menyimpan uang tanpa tergerus habis karena biaya admin.

Biaya admin bank sering membuat Anda merasa berat dan kadang tidak ikhlas. Apalagi beberapa bank konvensional juga menerapkan saldo mengendap yang cukup tinggi.

Sebagai contoh di bank memberikan persyaratan saldo minimal sebesar RP.50.000 sampai dengan Rp.100.000. Di samping itu bunga yang Anda dapatkan sebagai nasabah tabungan sangatlah rendah.

Bahkan ada beberapa bank yang memberikan bunga 0 untuk tabungan dengan saldo kurang dari 50 juta. Tentu saja, kondisi ini mengakibatkan saldo Anda akan tergerus oleh biaya admin dan juga inflasi.

Adapun biaya administrasi yang diterapkan oleh sebuah bank bisa mencapai 17.500 per bulan dan kalau per tahun, Anda bisa kalikan 12 dan akan menemukan angka 210.000. Ini adalah nilai yang sangat besar.

Lantas pertanyaannya adalah, apakah ada bank yang bisa membebaskan Anda dari biaya admin yang sangat besar ini?

Tentang Biaya Administrasi Bank

Pastinya Anda pernah mengalami tidak enaknya potongan admin bank saat melihat mutasi yang mana rekening saldo tidak seberapa, tapi biaya admin Bank yang cukup besar.

Sebagai informasi, biaya admin bank merupakan salah satu pendapatan dari sebuah bank dan disebut vibes income. Lalu selain vibes income, bank juga mendapatkan penghasilan yang cukup besar dari bunga ketika memberikan pinjaman.

Adapun jenis pinjaman bank itu sangatlah beragam mulai dari kartu kredit, kredit tanpa agunan, KPR, bahkan kredit kendaraan bermotor.

Nah pendapatan bunga dan pendapatan vibes income inilah yang menjadi sumber pendapatan dari sebuah bank. Dan rata-rata bank menerapkan biaya admin sebesar RP.10,000 sampai dengan Rp.15,000 per bulan.

Selain itu, biaya admin ini belum termasuk biaya kartu atm sebesar 2000 sampai dengan 7000. Itu semua bergantung jenis kartunya, apakah kartu silver, gold atau platinum.

Bank juga menerapkan biaya admin saat Anda melakukan transfer ke beda bank sebesar 2500 sampai dengan 6500. Tergantung dari layanan transfer yang Anda pergunakan.

Dengan fakta bahwa bunga yang diberikan oleh bank untuk tabungan Anda yang mendekati 0 dan dengan admin yang telah tersebut diatas, tentu saja itu sangatlah tinggi. Jadi wajar kalau Anda sebagai nasabah itu merasa tekor.

Simulasi Biaya Admin Bank

Supaya Anda bisa punya gambaran jelas, yuk kita coba simulasikan bagaimana biaya admin bank ini menghabiskan saldo tabungan Anda.

Misalnya, Anda punya tabungan sebesar 1 juta di tabungan yang Anda fungsikan sebagai dana darurat.

Apabila bank mematok pemberian bunga tabungan sebesar 0%, maka perbulannya tabungan Anda tidak mendapatkan bunga sama sekali.

Di samping itu, saldo Anda akan terpotong oleh biaya admin bulanan sebesar 12.500 dan biaya kartu atm sebesar 5000.

Jadi dana darurat yang Anda ingin simpan justru akan berkurang tiap bulannya rata-rata sebesar 17.500. Dan tidak terasa dalam waktu 57 bulan tabungan itu akan habis.

Tentu saja, angka ini sangatlah tinggi apalagi kalau Anda masih muda dan pemasukan masih berada dalam range umr.

Lalu bagaimana caranya agar Anda bisa menyelamatkan aset Anda dari situasi seperti ini? Jadi salah satu cara yang bisa Anda coba adalah menggunakan tabungan tanpa biaya administrasi.

Tabungan Tanpa Biaya Administrasi

Tanpa Anda sadari, seringkali Joglonesia memberikan rekomendasi sejumlah bank yang bebas biaya Admin. Tentu saja, ini adalah salah satu keuntungan bagi nasabah untuk bisa menyimpan uang tanpa tergerus biaya apapun.

Justru uang yang Anda simpan akan memberikan nilai keuntungan atau bisa bertambah setiap bulan atau sesuai dengan jangka waktu tertentu.

Sejauh ini, sejumlah bank digital memberikan kemudahan untuk kalian menyimpan uang dan juga mendapatkan bunga dari simpanan Anda tersebut.

Namun, bukan berarti bank konvensional tidak memiliki produk tabungan tanpa biaya Admin. Karena itulah, berikut ini beberapa jenis tabungan tanpa biaya admin.

Bank Konvensional

Seperti disinggung sebelumnya, bank konvensional memiliki produk tabungan tanpa biaya admin bulanan. Hanya saja, masyarakat memang kurang tertarik dengan jenis tabungan ini.

Adapun produk tabungan bebas admin tersebut Joglonesia uraikan dibawah ini:

Tabungan Simpel

Produk simpel atau simpanan pelajar merupakan salah satu jenis tabungan tanpa biaya admin yang dikeluarkan hampir semua bank konvensional di Indonesia.

Ini adalah salah satu produk bersama yang memang program dari pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada para pelajar.

Selain itu, produk ini bertujuan untuk memberikan pendidikan kepada pelajar untuk bisa mengelola keuangan dengan cara menabung.

Sayangnya, produk simpanan pelajar ini memiliki banyak kekurangan karena batas limit tabungan yang kecil dan juga limit penarikan.

Meskipun tabungan ini bebas biaya administrasi, namun Anda tidak akan mendapatkan uang yang Anda simpan bertambah karena bunga yang diberikan juga cukup kecil.

Untuk lebih jelasnya mengenai Tabungan simpanan pelajar ini, silahkan baca di Tabungan Untuk Anak Sekolah.

Ada sejumlah syarat dan ketentuan yang diberlakukan untuk produk dari bank konvnesional tersebut dan berapa setoran awalnya.

Bank Digital

Bank digital agaknya mulai digandrungi masyarakat bukan hanya di Indonesia saja. Hal ini karena proses pembuatan rekening yang mudah dan cepat. Selain itu, pembukaan rekening bisa dilakukan secara online tanpa harus kehilangan waktu untuk memngantri di bank.

Selain itu,bank digital menawarkan bunga yang cukup tinggi dan membebaskan biaya admin bulanan. Jadim selain uang yang Anda simpan tidak akan berkurang, justru Anda akan mendapatkan bunga dengan prosentasi yang cukup tinggi.

Adapun beberapa bank digital tersebut seperti:

Line Bank dari Bank Hana

Jenis tabungan tanpa biaya administrasi dari bank digital datang dari Line Bank. Ini adalah bank digital namun juga memiliki kantor fisik yang bernama Bank Hana.

Line Bank adalah hasil kolaborasi antara Line dengan Bank Hana yang berfokus pada pengelolaan keuangan secara digitalisasi.

Line Bank pertama kali muncul di Taiwan dan mendapat sambutan yang cukup baik oleh masyarakat setempat. Kemudian Line Bank mulai expansi dan mengembangkan sayap untuk membuka cabang di Indonesia dan telah memiliki sejumlah kantor cabang yang cukup banyak.

Bahkan, hanya dengan membuka rekening di Line Bank, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan promo menarik berupa cashback sebesar 525 ribu rupiah.

Untuk lebih detail tentang Line Bank ini, Anda bisa membacanya di bawah ini.

Baca Juga: Promo Line Bank Semakin Menggila

NeoBank

Bank Neo Commerce atau lebih dikenal dengan BankNeo merupakan salah satu bak digital dan memiliki produk tabungan tanpa biaya admin.

Bahkan, suku bunga tabungan yang mereka tawarkan sangat tinggi. Untuk jenis tabungan biasa, mereka memberikan bunga sebesar 6 persen dan untuk tabungan berjangka, mereka menawarkan bungan hingga 8 persen.

Selain itu, tidak ada saldo mengendap karena Anda bisa mengosongkan saldo yang Anda simpan hingga 0 rupiah.

Bahkan, ketika Anda menyimpan uang sebesar 1 juta, saldo ini akan terus bertambah karena bunga yang mereka tawarkan akan dihitung secara harian. Dengan demikian, Anda tidak perlu kawatir saldo Anda akan hilang karena justru berlaku sebaliknya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan NeoBank

Ada sedikitnya 2 jenis tabungan yang bisa Anda temukan dari produk NeBank ini yang cukup menarik yakni tabungan Neo dan Neo Wow. Karena itulah, Joglonesia merekomendasikan untuk mempelajarinya lebih detail melalui link berikut di atas.

SeaBank

Selain sebagai bank digital, Seabank juga memiliki kantor fisik seperti halnya Line Bank dari Bank Hana.

Jadi, SeeBank ini merupakan bank hasil akuisisi dari Bank Kesejahteran Ekonomi yang diambil alih oleh Shopee.

Tentunya, bagi Anda yang sudah terbiasa belanja di marketplace dengan warna cirikhas orange ini sudah tidak asing lagi dengan SeaBank.

Suku bunga yang ditawarkan SeaBank untuk simpanan atau tabungan cukup tinggi yakni sebesar 7 persen. Bank ini juga menawarkan sejumlah keuntungan lain seperti membebaskan biaya admin.

Jadi, bisa dikatakan ini adalah tabungan tanpa biaya admin yang bisa menjadi alternatif buat Anda untuk menyimpan uang dengan aman.

Untuk lebih detail mengenai kelebihan dan kekurangannya, Anda bisa membacanya pada tautan dibawah ini.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan SeaBank

Selain bebas biaya admin bulanan, bahkan SeaBank menawarkan bibas biaya untuk transfer ke sejumlah bank lain yang berbeda. Inilah yang menjadi menarik kenapa Anda harus mengetahui lebih detail tenatng bank yang satu ini.

Kesimpulan

Sejumlah bank digital memang menjadi pilihan untuk kalian yang mencari tabungan tanpa biaya administrasi. Karena selain bebas admin, mereka juga memberikan suku bunga yang cukup tinggi dan bahkan melebihi bunga dari bank konvesional.

Tentu saja, masih ada sejumlah bank digotal lain yangbisa Anda temukan diluar sana seperti OVO atau Bank Jago.

Namun, ketiga bank yang Joglonesia.com sebutkan diatas adalah rekomendasi yang bagus karena mereka memiliki kantor cabang yang sudah tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Dengan demikian, tingkat keamanan dan kepercayaan terhadap masyarakat lebih tinggi karena selain terdaftar di OJK, tentunya dari mereka ada yang menjadi anggota LPS (lembaga Penjamin Simpanan)


Yuk, ikuti Joglonesia di Google News!