Cara Buka Tabungan BCA Online Itu Mudah. Syarat Hanya KTP Saja

Cara Buka Tabungan BCA Online Itu Mudah. Syarat Hanya KTP

Cara buka tabungan BCA Online ternyata cukup mudah karena hanya dengan KTP atau SIM, Anda sudah bisa memiliki rekening BCA yang bisa langsung digunakan.

Dunia digital memang sudah merambah ke berbagai penjuru. Tak terkecuali dunia perbangkan kini juga sudah mengaplikasikan teknologi modern.

Istilah tentang “dunia dalam genggaman” kini sudah benar-benar terbukti. Dengan mengandalkan smartphone dan jaringan internet, banyak hal bisa dilakukan.

Bahkan, tidak sedikit orang-orang yang mengandalkan dunia digital sebagai ladang untuk mencari nafkah. Faktanya, dunia online sangat luas dan sudah menciptakan banyak sekali milyarder muda.

Hal inilah yang mendorong dunia perbankan untuk ikut berinovasi dalam melakukan pelayanan terhadap nasabah.

Cara Buka Tabungan BCA Online

Bank Centra Asia merupakan salah satu Bank Konvensional yang sudah terkenal dan terpercaya di Indonesia. Ada jutaan nasabah yang sudah memanfaatkan BCA untuk pengelolaan keuangan mereka. Mulai dari menabung hingga melakukan pinjaman uang di BCA.

Jika dahulu setiap orang yang ingin membuat tabungan BCA dengan mendatangi kantor cabang terdekat, kini masyarakat tidak perlu melakukan itu.

Jika tujuan Anda hanya ingin buka tabungan BCA, Anda bisa melakukannya sendiri dengan menggunakan HP dan jaringan internet yang tersedia.

Tentu saja ini adalah langkah yang cukup bagus karena memudahkan masyarakat yang ingin memiliki rekening BCA tanpa harus mengantri di Kantor BCA.

Rekening BCA Tanpa Buku Tabungan

Bagi sebagian orang memang terasa asing saat awal peluncuran menu pada aplikasi BCA yang menyediakan buka rekening secara online.

Tentu saja, hal ini karena rekening BCA tanpa buku tabungan adalah sesuatu yang cukup baru sebagai bank konvnesional.

Seiring dengan perkembangan jaman dan tingginya persaingan di dunia perbankan, kini rekening tanpa buku tabungan sudah menjadi hal yang wajar.

Hal ini karena semua data pembukuan perbankkan biosa Anda lihat melalui aplikasi BCA Mobile. Selain bisa melihat rekening koran, Anda juga bisa melakukan pembayaran secara digital dengan mengandalkan aplikasi tersebut.

Meskipun dilihat dari sisi keuntungan terutama suku Bunga tabungan masih kalah jauh dengan bank digital, namun in cukup membantu terutama bagi pelanggan yang loyal terhadap BCA.

Seperti yang dijelaskan dalam informasi sebelumnya, dimana sejumlah bank digital menawarkan suku bunga yang tinggi dan bebas biaya admin bulanan.

Baca Juga: Tabungan Tanpa Biaya Administrasi Dengan Bunga Tinggi

Namun demikian, sebagai bank yang sudah memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi dari masyarakat, rekening BCA tanpa buku tabungan ini masih sangat diminati.

Persyaratan Buka Tabungan BCA

Cara membuat tabungan BCA online memiliki persyaratan yang cukup mudah. Karena hanya dengan menggunakan kartu identitas diri, Anda sudah bisa bikin rekening BCA secara online.

Adapun Identitas diri bisa berupa SIM atau E-KTP dan tentunya ini adalah syarat yang paling umum untuk semua jenis pendaftaran buka rekening baru.

Adapun syarat lengkapnya sebagai berikut:

  1. Memiliki kartu identitas diri bisa berupa SIM atau KTP
  2. Memiliki Smartphone Android atau iOS. Untuk andorid, minimal OS yang bisa digunakan adalah versi 5
  3. Memiliki nomer HP yang masih aktif.
  4. Mengisi Formulir melalui aplikasi BCA Mobile
  5. Bersedia melakukan video call untuk verifikasi dan pencatatan wajah.

Hanya dengan 5 persyaratan bikin tabungan BCA diatas, Anda sudah bisa memiliki rekening BCA tanpa harus menjalani antrian panjang di kantor BCA.

Cara Buka Tabungan BCA Online

Setelah Anda menyiapkan syarat membuka tabungan BCA di atas, Anda bisa langsung memulai untuk melakukan pembukaan rekening di BCA Mobile.

Sebelum melakukan buka rekening BCA ini, pastikan kondisi memori HP kalian mencukupi untuk penginstalan aplkasi BCA Mobile. Selain itu, pastikan juga kondisi bateray Anda mencukupi untuk melakukan panggilan video Call.

1. Download Aplikasi BCA Mobile

Langkah pertama dalam cara buka tabungan bca online adalah mengunduh aplikasi BCA Mobile melalui Playstore atau Appstore. Sesuakan dengan jenis OS pada HP kalian dan pastikan bahwa ID aplikasi adalah com.bca

2. Install Aplikasi BCA Mobile

Setelah pengunduhan selesai, lanjutkan dengan instalasi seperti biasa dan silahkan buka aplikasi setelah proses instal selesai.

3. Buka Rekening Baru

Saat pertama kali Anda membuka aplikasi, Anda akan diminta untuk memberikan persetujuan pada aplikasi untuk mengakses kamera dan juga media. Silahkan Anda setujui dan berikan akses karena nantinya diperlukan untuk proses pendaftaran.

Baca Juga: Takut Rugi? Begini Cara Tukar Uang Asing di Bank BCA Terbaru

Selanjutnya, saat Anda berada di halaman depan aplikasi BCA Mobile, silahkan Anda memilih opsi “Buka Rekening Baru” dan lanjut dengan menekan tombol “MULAI”.

4. Memilih Jenis Tabungan BCA

Sebelum memilih jenis tabungan yang akan Anda pilih, Anda akan diminta untuk menjawab pertanyaan apakah memiliki tabungan lain. Silahkan jawab “Tidak”, jika memang belum memiliki tabungan di BCA.

Setelah itu, pilih jenis tabungan yang ingin Anda gunakan. Selain itu, Anda juga bisa memilih jenis kartu ATM yang ingin Anda gunakan.

Sebagai catatan, ada sejumlah pilihan produk tabungan BCA yang tentunya memiliki syarat dan ketentuan masing masing. Seperti contohnya suku bunga, biaya admin, dan juga minimal setoran.

5. Konfirmasi Nomor Telepon

Sebagai keamanan, tentunya nomor telepon sangat diperlukan terutama untuk login nantinya. Nah, tentu saja, Anda wajib memasukkan nomor telepon yang masih aktif dan lanjut dengan menekan menu “Kirim SMS” untuk mengkonfirmasi nomor telepon Anda.

6. Membuat PIN

Setelah mengkonfirmasi SMS yang masuk dan menginput kode tersebut dialikasi, kini Anda akan diminta untuk membaut PIN sebagai pasword untuk transaksi.

Pastikan PIN ini adalah angka yang mudah Anda ingat namun disarankan bukan tangal lahir. Hal in karena tanggal lahir mudah ditebak yang justru akan membahayakan rekening Anda.

7. Uploud Dokumen

Proses cara membuar tabungan BCA Online sealnjutnya yakni melengkapi dokuken yang diminta seperti KTP, Photo diri, tanda tangan dan juga MPWP jika Anda memilikinya.

8. Opsi Pembukaan Rekening

Lanjut pada langkah berikutnya yakni memilih opsi dari tujuan Anda membuka rekening BCA secara online. Anda bisa memilih opsi “Transaksi” dan Lanjut dengan menekan tombol “Lanjut”

9. Lengkapi Pengisian Formulir

Pada tahap ini, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran seperti nama ibu kandung, alamat, status perkawinan dan lainnya.

Pada opsi “Fasilitas Produk” silahkan Anda tambahkan email dan nomnor HP kalian. Ini penting untuk keamanan dan memudahkan dalam pendataan.

10. Pilih Kantor Cabang

Pada opsi ini, Anda akan diminta untuk memilih kantor cabanag terdekat dengan domisili Anda. Tujuannya adalah ketika Anda ingin melanjutkan dengan setoran awal atau juga jika menginginkan kartu Debet atau kartu ATM BCA.

11. Video Call

Langkah terakhir dari cara membuat tabungan BCA Online adalah melakukan video Call. Ini bertujuan untuk verifikasi data yang telah Anda uploud dan isi sebelumnya.

Selain itu ini adalah langkah yang bagus karena demi keamanan akun Anda dari tindakan pencurian daan hal lain yangtidak diinginkan.

Sebagai catatan, untuk video call ini bisa dilakukan setiap hari namun terbatas mulai dari jam 6 pagi hingga jam 8 malam.

Kini Anda sudah memiliki tabungan dan rekening BCA yang siap untuk digunakan. Untuk langkah pertama Anda bisa melakukn setoran awal yang bisa dilakukan di kantor cabang terdekat. Atau, Anda juga bisa melakukan setoran secara online melalui transfer dari bank lain yang Anda miliki.

Sedangkan untuk pengambilan kartu ATM bisa Anda lakukan di kantor cabang sesui dengan yang telah Anda tentukan pada tahap pembuatan rekening tadi. Perlu Anda ingat bahwa akan ada biaya cetak untuk kartu ATM ini sebesar 10 ribu rupiah.

Pin ATM dan Buku Tabungan

Apakah Pin ATM ada di buku tabungan?

Pin ATM dan buku tabungan tidak ada hubungan sama sekali. PIN ATM dibuat berdasarkan ketentuan dan sesuai dengan keinginnan Anda dan mudah diingat. Sedangkan untuk buku tabungan hanya mencetak data alamat, nomor rekening dan rekening koran atau data transaksi.

Jadi, Untuk tabungan BCA Online ini sendiri tidak memiliki buku tabungan seperti yang sudah disinggung sebelumnya diatas.

Selain itu, ada hal yang perlu kalian ketahui bahwa tanpa kartu ATM pun, Anda bisa melakukan tarik tunia di mesin ATM BCA untuk jenis tabungan BCA Online ini.


Ikuti berita lainnya dari joglonesia.com di Google News