Hindari Stress, Begini Cara Kirim Kucing Ke Luar Kota Dengan Aman

Hindari Stres, Begini Cara Kirim Kucing Ke Luar Kota dengan Aman

Bagi sebagian orang, cara kirim kucing ke luar kota menjadi sebuah pertanyaan yang mebutuhkan jawaban secara detail. Terutama ini ketika Anda begitu ingin mengadopsi kucing dari luar kota atau bahkna luar negeri. Dan juga berlaku sebaliknya jika Anda ingin mengirim ke luar pulau misalnya.

Kucing memang binatang pelihataan yang sangat lucu dan menggemaskan. Bahkan, setiap negara memiliki jenis kucing yang berbeda beda dan sifat yang berbeda pula.

Hal inilah yang terkadang, sering kita melihat kucing yang lucu melalui media sosial contohnya, yang berada diluar kota dan ingin mengadopsinya.

Nah, inilah kenapa mempelajari bagaimana cara kirim kucing ke luar kota sangat penting karena mereka adalah binatang hidup dan bagaimana menghindari stres saat perjalanan.

Cara Kirim Kucing Ke Luar Kota

Untuk cara kirim kucing ke luar kota saat ini ada 2 tipe pengiriman yakni lewat jalur darat atau udara. Selain itu, masih dibagi lagi menjadi 2 janis yakni cargo dan bagasi.

Namun, sebelum Anda melakukan pengiriman kucing ke luar kota atau bahkan ke luar pulau, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan.

Ini penting terutama perihal kesehatan kucing, tingkat stress saat perjalanan dan juga keselamatan saat pengiriman. Selain itu, dokumen apa saja yang harus Anda persiapkan agar pengiriman lancar dan tidak mengalami hambatan.

Nah, buat kalian yang tertarik dengan proses bagaimana cara pengiriman kucing ke luar kota ini, baca sampai akhir agar Anda tidak melewatkan syarat dan ketentuan yang berlaku ya.

Secara general, ada beberapa hal yang wajib menjadi perhatian Anda sebelum kirim kucing ke luar kota. Diantaranya sebagai berikut:

Pastikan kucing Anda dalam kondisi sehat dan memiliki semua dokumen yang diperlukan, seperti sertifikat vaksinasi dan surat kesehatan dari dokter hewan. Untuk proses pengurusan dokumen ini akan Joglonesia bahas di artikel terpisah ya!

Baca Juga: Cara Mengatasi Kucing Flu Dan Mata Berair Dengan Obat Alami

Setelah semua dokumen lengkap, langkah selanjutnya adalah mencari perusahaan atau jasa pengiriman hewan peliharaan yang terpercaya dan memenuhi standar keamanan yang ditentukan oleh Departemen Pertanian. Jadi, tidak semua jasa pengiriman menyediakan layanan pengiriman hewan.

Seperti disinggung sebelumnya, ada jenis pengiriman yang bisa Anda pilih. Anda harus menentukan jenis pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan kucing Anda, seperti pengiriman udara atau darat, cargo atau bagasi.

Selain itu, Anda juga harus memastikan kucing Anda berada di dalam kandang yang cukup besar dan nyaman, serta dilengkapi dengan makanan, air, dan tempat untuk beristirahat. Dengan demikian, kucing Anda tidak terlalu mengalami stres yang berat.

Sebelum kucing Anda dikirim, pastikan untuk memberikan instruksi yang jelas tentang bagaimana kucing Anda harus diperlakukan selama perjalanan, dan pastikan untuk menyediakan nomor telepon yang dapat dihubungi selama perjalanan.

Jasa Pengiriman Kucing di Indonesia

Sejauh ini, ada banyak sekali jasa kurir yang tersedia di Indonesia, namun tidak semua jasa tersebut menyediakan layanan pengiriman kucing atau hewan peliharaan lainnya.

Karena itulah, Anda harus memahami jasa kuris apa saja yang tersedia dan bagaimana dengan kelayakan saat pengiriman.

Saat ini, ada beberapa perusahaan pengiriman di Indonesia yang menyediakan layanan pengiriman kucing di antaranya adalah:

  1. JNE
  2. Jakiwan
  3. Mas Cargo Express (Multi Angkasa Solusi)
  4. Caesar Jac’O Pet Delivery
  5. KI8 Express
  6. Mitra Logistics
  7. DMK Cargo
  8. PT IKE (Indone Kargo Express)
  9. PT Herona Express

Sebagai catatatn penting, sebaiknya Anda pastikan terlebih dahulu dengan memeriksa perusahaan pengiriman yang Anda pilih. Hal ini untuk memastikan bahwa mereka menyediakan layanan pengiriman kucing dan persyaratan yang diperlukan, serta biaya yang berlaku.

Selain itu juga sangat penting untuk memastikan perusahaan pengiriman yang Anda pilih memenuhi standar keamanan yang ditentukan oleh Departemen Pertanian.

Selain beberapa jasa pengiriman yang telah disebutkan di atas, masihada sejumlah jasa pengiriman hewan peliharaan lain yang secara khusus melayani pengiriman hewan.

Tentu saja, mereka memiliki keahlian khusus dan juga perlakukan yang berbeda terhadap kucing Anda. Namun tentunya untuk biaya juga lebih mahal namun tentunya lebih bagus pelayanannya.

Tips Pengiriman Kucing Agar Tidak Stres

Setelah Anda mengetahui beberapa syarat dan ketentuan cara kirim kucing ke luar kota yang telah disebutkan diatas, kini saatnya Anda memperlakukan kucing Anda.

Tentu saja, Anda menginginkan kucing Anda tetap sehat sampai di tujuan dan terhindar dari stress saat pengiriman. Hal ini karena stress yang tinggi pada kucing berdampak buruk bahkan bisa mengakibatkan kematian pada anabul kesayangan Anda.

Untuk mengurangi stres kucing saat proses pengiriman, beberapa hal yang dapat dilakukan adalah:

  1. Pertimbangkan untuk mengirim kucing Anda dalam kondisi sehat dan dalam keadaan yang stabil. Jadi, cek ulang apakah kucing tersebut dalam stamina yang bagus dan cukup lincah setiap gerakannya.
  2. Pastikan kucing Anda sudah terbiasa berada didalam kandang dan lingkungan yang akan digunakan selama perjalanan. Paling tidak, satu bulan sebelumnya, kucing dibiasakan sesekali berada di dalam kandang.
  3. Tentu saja, kucing Anda membutuhkan makanan kucing. Jadi sediakan makanan dan air yang cukup selama perjalanan, serta tempat yang nyaman untuk beristirahat. Jumlah makanan sebaiknya disesuaikan dengan berapa lama waktu pengiriman. Hindari pengiriman yang lebih dari 1 hari, karena kucing Anda juga butuh BAB.
  4. Berikan rutinitas yang sama seperti biasanya sebelum perjalanan, seperti memberikan makan, minum, dan memberikan mainan favorit kucing anda.
  5. Periksa lagi jasa pengiriman yang Anda gunakan terutama ini menyangkut suhu kandang yang stabil dan sejahtera selama perjalanan. Bagaimana mereka mempertahankan suhu agar tetap stabil dan nyaman untuk anabul Anda.
  6. Jangan memberikan obat atau bahan kimia lain kepada kucing Anda tanpa saran dari dokter hewan yang berwenang.
  7. Yang terakhir adalah, jangan lupa untuk memberikan instruksi yang jelas tentang bagaimana kucing Anda harus diperlakukan selama perjalanan, dan pastikan untuk menyediakan nomor telepon yang dapat dihubungi selama perjalanan.

Selain beberapa tips di atas, tentunya kalian juga harus mengecek ulang bagaimana kurir selaku jasa pengiriman memperlakukan kucing Anda selama dalam perjalanan.

Kirim Kucing Lebih Dari Satu

Bagaimana pengiriman kucing lebih dari satu ekor? Apakah harus dipisah?

Tentu saja, pengiriman kucing lebih dari satu ekor memiliki perlakuakn yang berbeda. Selain beberapa tips yang telah disebutkan diatas, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terutama kandang.

Pastikan kucing-kucing tersebut dapat hidup dengan damai bersama dan tidak memiliki masalah kekerasan atau saling berantem.

Jika keduanya damai dan rukun, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengirim kucing-kucing tersebut dalam satu kandang yang cukup besar dan nyaman, dan dilengkapi dengan makanan, air, dan tempat untuk beristirahat.

Baca Juga: Penyebab Kucing Susah Hamil, Gagal Kawin dan Cara Mengatasi

Tentunya, Anda juga harus memastikan kandang tersebut memenuhi standar keamanan yang ditentukan oleh Departemen Pertanian.

Jika kucing-kucing tersebut tidak dapat hidup dengan damai bersama, maka harus dipisahkan dalam kandang yang berbeda dan dikirim pada waktu yang berbeda.

Cara kirim kucing ke luar kota selanjutnya adalah dengan memeriksa perusahaan pengiriman yang Anda pilih. Ini untuk memastikan bahwa mereka menyediakan layanan pengiriman kucing yang sesuai dengan jumlah ekor kucing yang akan Anda kirim.

Tarif Jasa Pengiriman Kucing

Berapa tarif jasa pengiriman hewan antar pulau?

Tarif jasa pengiriman kucing bervariasi tergantung dari perusahaan pengiriman yang Anda gunakan, jarak pengiriman, ukuran kandang, dan jenis pengiriman (udara atau darat). Biaya pengiriman kucing juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya, seperti jenis hewan, berat, dan dokumen yang diperlukan.

Secara umum, tarif pengiriman kucing melalui perusahaan pengiriman domestik dapat berkisar antara Rp.300.000 – Rp.500.000. Namun, sebaiknya Anda menghubungi perusahaan pengiriman yang Anda pilih untuk mendapatkan informasi tarif pengiriman yang paling akurat dan terbaru.

Juga, perlu Anda ingat bahwa setiap perusahaan pengiriman memiliki kebijakan yang berbeda terkait dengan pengiriman hewan peliharaan.

Jadi, untuk cek ongkir kirim kucing ke luar kota, sebaiknya Anda langsung menghubungi jasa kurir yang Anda pilih. Mereka akan menjelaskan taruf baru dan aturan yang berlau lebih detail.

Sebaiknya pastikan juga untuk memeriksa perusahaan pengiriman yang Anda pilih bahwa mereka menyediakan layanan pengiriman kucing dan persyaratan yang diperlukan, serta biaya yang berlaku.

Cara Mengirim Kucing Lewat JNE

Bagaimana cara mengirim kucing lewat JNE?

Secara umum, pengiriman kucing melalui JNE tidak berbeda jauh dengan jasa kurir lain yang ada di Indonesia. hanya saja, mereka memiliki tarif yang berbeda dan pelayanan yang berbeda pula. Selain itu, coverage area tentunya akan menjadi pertimbangan kuat Anda.

Baca Juga: Cara Agar Kucing Mau Makan Dry Food Dan Doyan Makan

Anda bisa langsung menghubungi JNE Pet Express, salah satu layanan pengiriman JNE yang khusus menangani pengiriman hewan peliharaan. Selain itu, jangan lupa untuk meminta informasi mengenai persyaratan dan biaya yang berlaku untuk pengiriman kucing melalui JNE Pet Express.

Tentu saja, JNE juga akan menanyakan dokumen dokumen yang diperlukan, seperti sertifikat vaksinasi dan surat kesehatan dari dokter hewan.

Setelah semua tips pada cara kirim kucing ke luar kota sesuai ketentuan Anda siapkan, Anda bisa melakukan pembayaran. Juga pastikan kucing Anda sudah di pickup oleh pihak JNE Pet Express.

Selain itu, Anda juga harus melakukan pengecekan secara berkala status pengiriman kucing Anda secara berkala melalui website JNE atau dengan menghubungi pihak JNE Pet Express.

Perlu diingat bahwa JNE Pet Express memiliki standar keamanan yang harus diikuti, pastikan untuk memenuhi persyaratan dan biaya yang berlaku sebelum proses pengiriman.


Ikuti Info Lainnya dari Joglonesia di Google News