Kelebihan dan Kekurangan Line Bank Yang Jarang Terungkap

Kelebihan dan Kekurangan Line Bank Yang Jarang Terungkap

Sebelum Anda memutuskan untuk bergabung dengan Line Bank, ada baiknya kalian semua mempelajari bagaimana kelebihan dan kekurangan Line Bank dari Bank Hana ini.

Tentu saja ini adalah salah satu dari sekian banyak hal penting yang wajib anda lakukan. Jangan hanya sekedar termakan dengan bujuk manis dan rayuan iklan yang berseliweran di beranda sosial media.

Dengan mempelajari setiap detail dari sudut pandang yang berbeda, tentu saja Anda akan menemukan seberapa tepat Line bank dapat membantu Anda untuk mesalah pengelolaan keuangan.

Review Line Bank dari Bank Hana

Sebelum lebih jauh membahas kelebihan dan kekurangan Line Bank dari bank Hana ini, ada baiknya Joglonesia mengajak Anda kilas balik dan melihat review singkat dari bank ini.

Seperti dalam pemberitaan sebelumnya yang Joglonesia tulis beberapa waktu yang lalu, Line Bank merupakan hasil kolaborasi dari Line dan Bank Hana.

Jadi, singkatnya, line bank ini merupakan salah satu produk dari bank Hana yang merupakan salah satu bank Asing dari Korea Selatan.

Line bank adalah salah satu jenis layanan perbankan yang memungkinkan nasabah untuk mengakses layanan perbankan melalui internet atau aplikasi mobile. Layanan ini menawarkan kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan, seperti transfer uang, pembayaran tagihan, dan melihat informasi rekening.

Beberapa bank juga menawarkan fitur tambahan seperti pengajuan kredit atau investasi melalui layanan line bank. Namun, pastikan untuk mengecek dengan bank Anda tentang fitur yang tersedia dan persyaratan untuk mengakses layanan tersebut.

Secara keseluruhan, line bank merupakan pilihan yang baik bagi nasabah yang mencari kemudahan dan efisiensi dalam melakukan transaksi perbankan, namun tetap harus berhati-hati dan menjaga keamanan dari data dan transaksi yang dilakukan.

Kelebihan dan Kekurangan Line Bank

Kelebihan dan Kekurangan sebuah produk merupakan hal yang wajar dan memang sangat penting untuk Anda pelajari. Ini adalah langkah tepat sebelum memutuskan segala sesuatu terlebih jika itu mengenai masalah keuangan.

Dengan memahami berbagai hal dan melihat dari berbagai faktor, tentunya Anda akan bisa memutuskan apakah Line Bank cocok untuk pengelolaan uang untuk Anda.

Baca Juga: Line Bank Pinjaman KTA dan Quick Credit Dapat CashBack!

Dilansir dari berbagai sumber termasuk dari situs resmi Line Bank, Joglonesia.com merangkum beberapa kelebihan dan kekurangan dari Line Bank yang bisa menjadi acuan Anda untuk mengambil keputusan.

Kelebihan Line Bank dari Bank Hana

Line bank memiliki beberapa kelebihan, yang mana Jogloneisa urutkan mulai dari hal umum hingga leboh spesifik diantaranya:

Kemudahan Akses

Dengan memanfaatkan teknologi modern, pembukaan rekeninbg di Line Bank dapat dilakukan secara online. Hal ini memungkinkan Line bank dapat diakses melalui internet atau aplikasi mobile, sehingga nasabah dapat melakukan transaksi perbankan dari mana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke bank.

Efisiensi Waktu

Tentu saja, dengan kemudahan akses yang menjadi salah satu kelebihan dari line bank ini, memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan dengan cepat dan efisien, sehingga tidak perlu mengantri di teller bank.

Fitur yang Banyak

Melalui aplikasi line bank, ada sejumlah fitur yang cukup banyak untukbisa Anda gunakan. Saat Anda membuka aplikasi Line bank, secara umum aplikasi ini menawarkan berbagai fitur, seperti transfer uang, pembayaran tagihan, dan melihat informasi rekening, serta fitur tambahan seperti pengajuan kredit atau investasi.

Keamanan Tinggi

Line bank dilengkapi dengan sistem keamanan yang ketat, seperti verifikasi login dan transaksi, sehingga dapat menjamin keamanan dana nasabah. Tentu saja, ini adalah salah satu langkah bagus yang mereka tawarkan untuk nasabah sebagai jaminan keamanan dalam penyimpanan uang dan juga data pribadi.

Layanan 24/7

Karena semua bisa Anda kerjakan secara online melalui aplikasi, tentu saja layanan perbankan dari Line bank tersedia 24 jam sehari, 7 hari seminggu, sehingga nasabah dapat melakukan transaksi perbankan kapan saja.

Transaksi yang Lebih Cepat dan Mudah

Masih menjadi kelebihan dari line Bank yang mana melalui aplikasi perbankan ini, tentu saja memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi dengan cepat dan mudah tanpa harus datang ke bank. Tidak bisa dipungkiri bahwa kegiatan mengantri di teller bank adalah hal yang sangat membosankan.

Bahkan, untuk syarat pembukaan rekening di line bank juga tergolong simpel karena hanya membutuhkan e-KTP dan smartphone.

Bebas biaya Admin

Sebagai kelebihan line bank secara spesifik, Anda diberikan fasilitas yang cukup menarik yakni bebas biaya admin bulanan. Tentu saja, in menjadi salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh line bank dan tentunya tidak mudah ditemukan di layanan perbankan konvensional lain.

Tidak ada Minimum Saldo

Tentu saja, sejumlah bank memberikan syarat minimum setoran awal dan juga saldo mengendap setiap bulan. Namun, di line bank semua ini tidak ada. Karena di line Bank tidak berlaku minimum setoran awal dan bahkan Anda bisa menarik semua saldo di rekening Line Bank hingga 0 rupiah.

CashBack dan Promo

Seperti yang telah Joglonesia ulas sebelumnya, ada sejumlah promo line bank dan cashback yang ditawarkan oleh bank ini yang salah satunya cashback hingga 525 ribu untuk buka rekening.

Baca Juga: Cara Transfer Ke Line Bank dan Kode Bank Hana

Tentu saja ini menjawab bahwa dengan menambah jumlah saldo di Line Bank, Anda berkesempatan mendapatkan cashback dan prmo lain yang cukup menggiurkan.

Kekurangan Line Bank

Setelah Anda mempelajari sederet kelebihan dari lne bank ini, kini saatnya Anda membaca bagaiman adnegan kekurangan Line Bank. Dengan demikian, kalian memiliki perbandingan yang jelas sebelum mencoba untuk deposito atau menabung di Line Bank.

Adapun kekurangan Line Bank yang bisa menjadi perbandingan adalah sebagai berikut:

Ketergantungan pada Teknologi

Sejauh ini, Line bank sangat bergantung pada pemanfaatan teknologi. Tentu saja hal ini mengharuskan nasabah memiliki perangkat yang sesuai dan koneksi internet yang stabil untuk dapat mengakses layanan tersebut.

Resiko Keamanan

Salah satu kekurangan line bank yang perlu menjadi pertimbangan Anda adalah terkait dengan resiko keamanan. Pastinya, kalian serting mendengar bahwa sejumlah akun rekening bank yang rentan terhadap serangan hacker.

meskipun line bank dilengkapi dengan sistem keamanan yang ketat, namun masih ada risiko keamanan seperti hacking, phishing dan lainnya yang dapat mengakibatkan kerugian pada nasabah.

Layanan Terbatas

Meskipun di aplikasi line bank tersedia berbagai menu dan fasilitas perbankan lain, namun selama pantuan tim Joglonesia ada sejumlah layanan yang masih terbatas. Seperti contohnya untuk menu pembayaran tagihan dan pengisian E-Wallet masih terbatas. Selain itu, aplikasi sering mengalami gangguan error saat digunakan contohnya “line bank error 9100”.

Tidak Tersedia Tabungan Valas

Kekurangan line bank selanjutnya yang belum tersedianya tabungan mata uang asing atau valas. Sejauh ini, bank konvensional lain sudah menyediakan tabungan valuta asing namun di line bank, fitur ini belum tersedia. Jadi buat yang sudah terbiasa menyimpan valutas asing, mungkin line bank kurang cocok buat Anda.

Limit Transaksi Kecil

Sejauh ini, ban konvensional lain seperti Mandiri bisa melakukan transaksi 100 juta dalam sehari. Namun, di Line Bank, liit transakasi Anda dibatasi hanya sebesar 50 juta dalam sehari. Jadi, Anda harus menunggu 24 jam atau beda tanggal untuk melakukan transfer lebih dari 50 juta.

Tidak ada Tarik Tunai di Retail

Agaknya, tarik tunai di retail tertentu menjadi salah satu layanan menarik yang sering digunakan nasabah perbankan konvensional. Nmaun di Line Bank, layanan ini juga belum tersedia sampai sejauh ini. Jadi, Anda tidak bisa melakukan belanja sambil tarik tunai karena untuk tarik tunai harus ke ATM.

Kantor Cabang Sedikit

Bank hana yang menjadi Induk dari Line bank sejauh ini hanya memiliki 51 kanor cabang yang tersebar di Indonesia. Dengan jumlah ini, tentu saja ini hanya tersedia di kota kota besar saja. Jadi, jangkauan area masih sangat terbatas terlebih untuk jangkauan pinjaman tunai.

Jadi, ini merupakan kekurangan line bank yang cukup signifikan. Karena untuk beberapa daerah lain akan kesulitan mengakses dan menggunakan fasilitas pinjaman online.

Akses Data Pribadi yang Cukup Banyak

Tentu saja, setiap kali menginstal aplikasi, ada notofikasi permintaan ijin untuk mengakses data pada hanphone Anda. Sama halnya dengan line bank yang akan meminta ijin untuk akses data lain di HP.

Namun sayangnya line bank membutuhkan terlalu banyak akses yang mereka minta. Adapun akses tersebut meliputi kontak, lokasi HP, panggilan, riwayat HP dan aplikasi, media dan juga penyimpanan.

Kesimpulan

Line bank memiliki beberapa kelebihan, seperti kemudahan akses, efisiensi waktu, fitur yang lengkap, keamanan tinggi, layanan 24/7, transaksi yang lebih cepat dan mudah, dan biaya yang lebih rendah.

Baca Juga: Pinjaman Online Bank Permata dengan Limit 300 Juta

Namun, ada juga sejumlah kekurangan line bank yang perlu menjadi pertimbangan Anda, seperti ketergantungan pada teknologi, resiko keamanan, layanan yang terbatas, masalah teknis, kurangnya interaksi langsung, kurangnya pendidikan finansial dan keterbatasan layanan.

Selain itu, tentunya jangkauan yang hanya tersedia di kota besar menjadi hambatan bagi peguna lain yang berada diluar coverage area.

Namun, semua keputusan kini ada ditangan Anda. Apakah Anda akan menggunakan Line Bank atau masih setia dengan bank Anda saat ini.


Ikuti berita terbaru lainnya di Google News