Allo Bank Itu Apa Begini Review Allo Bank berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Allo Bank Itu Apa? Begini Review Allo Bank berikut Kekurangannya

Mungkin masih banyak yang bertanya, Allo Bank itu apa dan bagaimana dengan review Allo Bank berikit dengan kelebihan dan kekurangannya.

Karena itulah, kali ini ini Joglonesia akan memberikan review salah satu bank digital yang paling banyak diunduh di indonesia. Nama aplikasinya adalah Allo Bank dan merupakan aplikasi ke-7 dari daftar bank digital indonesia yang paling banyak didownload di google play store.

Jadi, Joglonesia lebih banyak membahas bank digital kali ini karena memang masyarakat luas pastinya masih menggunakan bank untuk tempat menabung dan menyimpan uang untuk melakukan transaksi. Dan yang namanya bank digital adalah salah satu inovasi terbaru yang mungkin nantinya akan menggantikan bank konvensional sepenuhnya.

Sedangkan yang disebut dengan bank konvensional adalah bank yang masih punya kantor cabang seperti bank mandiri, bca, bri, bni dan bank-bank besar yang namanya sudah bergema sampai ke pelosok negeri.

Allo Bank Itu Apa?

Pertama-tama, kita review dulu tentang Allo Bank itu apa agar kita tahu, dimana kita menyipan uang, apakah perusahaannya legal dan kita bisa naruh dengan aman. Jadi yang namanya Allo Bank adalah sebuah bank digital yang diluncurkan oleh PT Mega pada 14 maret 2022.

Pada awalnya Allo Bank berasal dari bank bernama pt bank artha griya yang didirikan pada tahun 1992 yang kemudian berganti nama menjadi PT Bank Harda Griya pada tahun 1993.

Walaupun berganti nama pada 1993, Bank Harda baru mulai beroperasional pada 1994 tapi kemudian di branding lagi menjadi PT Bank Harda Internasional atau disingkat dengan BHI.

Nah bingung kan kenapa ganti nama terus? Perusahaan tiap tahun ganti nama mungkin karena nama adalah doa dan memang sepertinya nama ini membawa keberuntungan karena BHI akhirnya melantai di bursa dengan menawarkan ipo pada tahun 2015.

Pemilik Allo Bank

Pada tahun 2021 Bank Harda resmi diakuisisi oleh PT Mega Corpora, perusahaan investasi perbankan dan asuransi yang dimiliki oleh taipan indonesia, Chairul Tanjung.

Lalu di bawah Mega Corpora, pada 2021 Bank Harda International kembali berganti nama menjadi PT Allo Bank Indonesia. Dari informasi yang Joglonesia kumpulkan, dalam 5 tahun ke depan, Mega Corpora menargetkan akan menggaet 50 juta nasabah.

Ini adalah sebuah visi yang cukup impresif mengingat bank terbesar seperti Mandiri dan BCA sendiri, jumlah pengguna aktif mobile bankingnya saat ini berkisar 20 juta nasabah.

Dan mungkin tujuan ini bisa tercapai karena Allo Bank berada dalam track yang benar pada kuartal ketiga. Tahun 2021 Allo Bank mengantongi laba bersih sebesar 22,93 miliar, menyalurkan kredit sebesar 2,07 triliun dan memiliki total aset 6,9 triliun.

Lalu di quartal ken 3 tahun 2022 terjadi peningkatan yang sangat signifikan. Allo bank mengumumkan perolehan laba bersih setelah pajak sebesar 209 miliar.

Ini berarti naik sebesar 812% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Hal ini mengingat pada tahun 2021 yang mana hanya mendapatkan laba bersih sebesar 22 miliar. Dan hal ini bisa tercapai karena terjadi pertumbuhan penyaluran kredit menjadi 7,16 triliun dan kenaikan dana pihak ketiga menjadi 4,08 triliun.

Legalitas

Setelah mengenal Allo Bank Itu Apa, kini saatnya Review Allo Bank tentang legalitas dari perusahaan perbankkan ini. Tentu saja ini sangat penting mengingat ini berhubungan dengan pengelolaan keuangan Anda.

Allo Bank juga bukan bank penipuan karena perusahaan ini berizin dan diawasi oleh otoritas jasa keuangan, serta merupakan peserta program lembaga penjamin simpanan.

Jadi kamu sebagai nasabah tidak perlu khawatir untuk menggunakan Allo Bank sebagai transaksi keseharianmu. Baik untuk menyimpan uang maupun untuk pengajuan kredit atau pinjaman untuk keperluan mendadak.

Produk Keuangan Allo Bank

Selanjutnya buat Anda yang tertarik untuk menggunakan Allo Bank, Joglonesia akan mencoba memberikan Review Allo Bank tentang 6 produk keuangan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan mulai dari tabungan, deposito dan bahkan ada pinjaman online.

Allopay Dompet Digital

Produk yang pertama adalah dompet digital allopay. Allopay merupakan produk wallet dari Allo Bank yang praktis karena dapat langsung kamu pergunakan setelah registrasi.

Baca Juga: Tabungan Tanpa Biaya Administrasi Dengan Bunga Tinggi

Dan keunggulan dari Allopay adalah gratis biaya admin dan saldo minimum yang dapat ditekan sampai dengan 0 rupiah. Namun dalam penggunaannya Allopay punya batas maksimal saldo yaitu sebesar 2 juta rupiah.

Allopay Pluss

Produk Allo Bank yang kedua adalah dompet digital Allopay plus. Allopay plus adalah produk dompet digital dari Allo Bank dengan fasilitas yang sama persis seperti Allopay.

Selain gratis biaya admin dan tanpa minimum saldo, Allopeplus juga sudah dilengkapi dengan Qris untuk bisa bertransaksi.

Dan seperti namanya, ada perbedaan antara Allopay plus dan Allopay regular. Yang pertama adalah saldo maksimalnya bisa mencapai 10 juta sedangkan pada Allopay hanya 2 juta.

Lalu perbedaan berikutnya adalah fitur transfer dan tarik tunai di mana Allopay plus memungkinkan Anda untuk bisa transfer ke e-money ataupun ke bank-bank lainnya. Selain itu kamu juga bisa tarik tunai di ATM yang sudah support.

Allo Prime

Review Allo Bank berikutnya yakni produk yang ketiga yakni tabungan Allo Prime. Allo Prime adalah tabungan yang sudah 100% digital. Anda dapat membuka rekening Allo Prime langsung melalui aplikasi tanpa perlu datang ke kantor cabang.

Selain itu tabungan Allo Prime menawarkan bunga yang menarik sampai 4% per tahun. Tentu saja ini sudah sesuai dengan ketentuan LPS.

Walaupun ini tampaknya masih dibawah kompetitor yang berani menawarkan bunga tabungan 5% bahkan 6%. Tapi tenang saja karena rekening ini bebas biaya apapun. Mulai dari biaya admin bulanan itu gratis, biaya di bawah saldo minimum gratis, biaya dorman gratis sampai biaya penutupan rekening juga gratis.

Selain itu Allo Bank juga tidak memberlakukan saldo minimum, jadi artinya kalian tetap bisa memiliki rekening dengan saldo 0 rupiah. Tentunya hal ini berbeda dengan bank-bank konvensional yang mana jika saldonya 0 dalam 3 bulan maka rekening akan tutup secara otomatis.

Jadi di sini tabungan Allo Prime itu punya kelebihan. Lalu di Alloprime juga tidak ada saldo yang ditahan. Anda bisa tarik semua uang dari tabungan jika diperlukan atau dalam artian tanpa ada sisa sampai benar-benar nol.

Deposito Allo Bank

Lalu review produk Allo Bank yang keempat adalah deposito Allo Bank. Deposito Allo Bank menawarkan suku bunga yang sangatlah kompetitif.

  • Untuk saldo 10 sampai dengan 100 juta, bunga yang ditawarkan adalah 4% untuk semua periode simpanan.
  • Lalu untuk saldo 100 sampai dengan 500 juta, bunga untuk 1 bulan adalah 4%. Sedangkan untuk di atas 3 bulan itu sama dengan 4,25%.
  • Lalu untuk saldo 500 juta sampai dengan 1 miliar itu bunga untuk bulan pertama adalah 4,75%. Sedangkan untuk bulan-bulan selanjutnya adalah 5%.
  • Lalu untuk kamu yang punya saldo di atas 1 milyar tempo 1 bulan adalah 5,75% dan bunga tempo 3 bulan sampai dengan 24 bulan adalah 6%.

Allo Paylater

Lalu Review Allo Bank untuk produk yang kelima adalah paylater Allo Bank. Jadi Allo Bank menyediakan produk paylater yang dapat digunakan oleh nasabah untuk membayar belanja secara cicilan.

Baca Juga: Kartu Kredit Jenius BTPN, Ini Faktanya

Pengajuan paylater dapat dilakukan melalui aplikasi dengan penawaran limit yang sangatlah besar yakni sampai 100 juta. Jadi apabila dibandingkan dengan paylater dari fintech yang rata-rata memberikan limit maksimal itu 30 juta, paylater dari Allo Bank itu sangatlah besar.

Untuk pilihan tenornya juga bervariasi antara 1, 3, 6 bulan sampai dengan maksimal 1 tahun.

Pinjaman Online Allobank

Produk yang keenam adalah pinjaman online Allo Bank. Jadi yang namanya kredit tanpa agunan atau KTA adalah produk finansial yang sangat krusial pada era keuangan modern saat ini.

Allo bank memberikan fasilitas pinjaman online instant yang secara teknis adalah tarik tunai pada limit paylater yang telah disetujui.

Dana yang telah ditarik akan otomatis masuk ke dompet digital allopay atau allopay plus dan dapat digunakan untuk bertransaksi.

Sedangkan suku bunga pinjamannya itu bervariasi sesuai dengan tenor yang Anda pilih yakni 1 sampai dengan 12 bulan.

Jadi setiap tenor akan menghasilkan bunga yang berbeda-beda. Tapi Anda tenang saja karena yang namanya bunga pinjaman bank pastilah lebih murah dibandingkan dengan bunga dari pinjaman online fintech.

Biaya Biaya

Selanjutnya joglonesia akan Review Allo Bank yang berkaitan dengan biaya-biaya yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan Allo Bank.

Berapa sih biaya yang ditetapkan oleh Allo Bank untuk setiap transaksinya serta berapa limit transaksi per harinya. Berikut adalah data lengkapnya.

Biaya Transfer

Pertama untuk transaksi transfer ke sesama nasabah Allo Bank, jumlah minimum tiap transaksi yang diperbolehkan adalah rp 1 maksimal 1 miliar. Dan per hari dibatasi nominal transaksi maksimal 1 miliar dan semuanya gratis biaya admin.

Lalu untuk transfer online ke Bank Mega dan Bank Mega Syariah jumlah minimum per transaksi adalah 10.000 maksimum 500 juta, batas maksimal per hari adalah 500 juta dan transaksi transfer ke bank mega juga bank mega syariah itu gratis biaya admin.

Lalu untuk biaya ketiga transfer online ke bank lain paling sedikit itu 10.000 paling banyak 50 juta untuk satu kali transaksi dan limit hariannya adalah 100 juta. Namun kamu perlu perhatikan bahwa ada biaya admin sebesar 6500 yang akan diterapkan kalau kamu mau transfer ke bank lain.

Namun Ada opsi lain transfer ke bank lain yakni dengan menggunakan BI-Fast. Nah jika Anda menggunakan BI-Fast ini ada program promo jika kalian menggunkanai Allopay plus ataupun pakai Allopay Prime itu biayanya 0 dengan transaksi minimal 10.000 dan maksimum nominalnya adalah 250 juta dengan limit harian maksimal 500 juta.

Biaya Pembayaran Tagihan

Review Allo Bank yang terakhir terkait dengan biaya adalah untuk pembayaran tagihan dan pembelian produk prabayar maupun pascabayar tidak ada jumlah minimum transaksinya. Tapi ada jumlah maksimum yaitu 20 juta untuk satu kali transaksi per hari.

Baca Juga: Cara Buka Tabungan BCA Online Itu Mudah. Syarat Hanya KTP

Anda dapat melakukan pembelian hingga 20 juta dengan biaya admin yang menyesuaikan masing-masing jenis transaksinya.

Kelebihan dan Kekurangan Allo Bank

Nah, dari uraian review Allo Bank di atas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa terdapat beberapa kelebihan dari Allo Bank. Adapun kelebihan dan kekurangan Allo Bank ini sebagai berikut:

Kelebihan

  • Pertama adalah gratis transfer dan tidak ada biaya admin sama sekali.
  • Yang kedua sudah mendukung transfer BI-Fast yang mana itu gratis dan bisa jadi alternatif transfer online.
  • Dan yang ketiga, banyak promo di jaringan usaha mereka.
  • Dan Terakhir Aplikasi Allo Bank sudah suport finger print jadi lebih aman saat pengelolaan data dan akun.

Nah itu adalah 3 kelebihan dari bank digital Allo Bank. Lalu apa saja kekurangannya?

Kekurangan

Kekurangan Allo Bank yang pertama adalah fiturnya masih kurang dan tidak selengkap fitur dari bank online lainnya. Jadi kalau di bank online-nya itu ada tabungan investasi dan pinjaman, sedangkan di Allo Bank saat ini baru ada tabungan dan pinjaman. Sedangkan untuk investasinya belum ada. Jadi kalau misalkan Allo Bank sudah bisa menawarkan fitur investasi mungkinj bisa dikatakan cukup lengkap.

Lalu kekurangan kedua, suku bunga tabungan sebear 4%-nya itu lebih tinggi dibandingkan dengan bank konvensional. Namun ini tetap lebih rendah dibandingkan dengan bank kompetitornya yang merupakan bank digital yang berani menawarkan bunga sampai dengan 6%.

Setelah review singkat tentang Allo Bank, bisa dibilang ini adalah branding bank digital yang dimiliki oleh Chairul Tanjung Corporation dimana untuk bank konvensionalnya tentu kita sudah kenal dengan yang namanya bank mega.


Ikuti Info Lainnya di Google News