Gaji UMR, Begini Tips Menabung untuk Beli Rumah

Gaji UMR, Begini Tips Menabung untuk Beli Rumah

Memiliki rumah sendiri adalah impian bagi banyak orang. Namun, untuk mencapai impian tersebut, diperlukan persiapan keuangan yang matang. Salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah menabung untuk membeli rumah. Dalam artikel ini, Joglonesia akan membagikan trik bagaimana tips menabung untuk beli rumah, serta memberikan beberapa strategi yang dapat membantu Anda mencapai tujuan finansial Anda.

Seiring dengan kemajuan jaman, menabung kini semakin mudah yang mana bisa dilakukan secara online. Saat ini, banyak tersedia aplikasi perbankan yang memudahkan nasabah dalam mengontrol keuangan.

Namun demikian, jika tidak bisa mengontrol keinginan untuk berbelanja, maka tabungan yang Anda rencanakan untuk beli rumah juga bisa kacau dan gagal.

Karena itulah, langkah awal yang pertama kali adalah Niat yang bulat dari tujuan menabung, yakni untuk beli rumah. Dengan demikian, rencana pembelian tempat tinggal bisa terwujud dengan lebih cepat.

Tips Menabung untuk Beli Rumah

Kehadiran teknolgi modern membuat sejumlah bank harus mengikuti perkembangan jaman. Tak jarang, bahkan hampir semua bank telah memiliki aplikasi untuk mengintrol keuangan dan juga bertransaksi secara online.

Tentu saja, perusahaan perbankan kin semakin berlomba untuk memberikan pelayanan terbaik guna menjaring konsumen yang lebih banyak. Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi Anda yang sedang ingin membeli rumah dengan cara menabung.

Baca Juga: Simulasi KPR Bank Muamalat Tanpa DP Bisa Punya Rumah

Karena, sejumlah bank bahkan menyediakan fasilitas tabungan bebas biaya admin dan juga ada yang menyediakan layanan bebas biaya transfer antar bank.

Inilah yang menjadi salah satu dari sekian banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh dari menabung. Namun, tentu saja hal ini tidaklah cukup karena ada tips jitu bagaimana gasji UMR bisa menabung untuk membeli rumah.

Selain itu, niat yang kuat diiringi dengan usaha, pasti rumah impian bisa terwujud dengan lebih cepat jika hal in memang sudah direncanakan dengan matang.

Rencana Keuangan untuk Membeli Rumah

Sebelum Anda mulai menabung, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat rencana keuangan yang jelas. Rencana keuangan akan membantu Anda memperkirakan berapa banyak uang yang perlu Anda tabung, serta waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Dalam tips menabung untuk beli rumah ini, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam membuat rencana keuangan jangka panjang ini. Pertama, tentukan berapa besar harga rumah yang ingin Anda beli.

Kedua, hitung berapa besar uang muka atau down payment (DP) yang perlu Anda bayarkan jika ingin membelinya secara kredit. Uang muka untuk pembelian rumah biasanya berkisar antara 20-30% dari harga rumah itu sendiri.

Ketiga, perhitungkan biaya-biaya tambahan seperti biaya notaris, biaya akta, biaya pengikatan, biaya administrasi bank, dan biaya lainnya.

Setelah itu, tentukan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk menabung. Dengan mengetahui berapa banyak uang yang harus Anda tabung setiap bulan dan waktu yang dibutuhkan, Anda dapat mengatur keuangan Anda secara lebih baik.

Strategi Menabung untuk Beli Rumah

Menabung untuk membayar uang muka rumah bisa menjadi tugas yang menakutkan, terutama jika DP yang dibutuhkan cukup besar. Berikut adalah beberapa strategi menabung yang dapat membantu Anda untuk mengumpulkan uang muka rumah dengan lebih cepat:

Buat rekening khusus untuk uang muka rumah

Buatlah rekening tabungan khusus untuk uang muka rumah. Dengan memiliki rekening khusus ini, Anda dapat dengan mudah melacak berapa banyak uang yang telah Anda kumpulkan.

Selain itu, beberapa bank juga menawarkan program tabungan khusus untuk membeli rumah, seperti bunga yang lebih tinggi dan biaya administrasi yang lebih murah.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Dari Neobank Ternyata Cukup Mudah

Sebagai contoh bank syariah yang aman menyeidakan tabungan dengan akad wadiah dimana uang Anda tidak akan berkurang sedikitpun untuk biaya administrasi.

Atau, bisa memilih jenis tabungan dengan akad Murabahah yang mana uang tabungan Anda akan di investasikan untuk program syariah dengan sutem bagi hasil.

Menabung secara berkala

Cobalah untuk menabung secara berkala, misalnya setiap bulan. Dengan menabung secara berkala, Anda dapat mengatur keuangan Anda dengan lebih baik dan terhindar dari godaan untuk menggunakan uang untuk kebutuhan lain.

Saat ini, sejumlah bank menyediakan tabungan berkala yang mana bunga atau keuntungan yang ditawarkan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan tabungan biasa.

Kurangi pengeluaran

Tips menabung untuk beli rumah selanjutnya yakni dnegan membatasi pengeluaran yang bukan sebagai bentukkebutuhan. Membeli rumah membutuhkan pengorbanan, termasuk pengorbanan dalam pengeluaran sehari-hari.

Cobalah untuk mengevaluasi pengeluaran Anda dan cari cara untuk menghemat uang. Misalnya, mengurangi makan di restoran atau makanan mahal, membatasi pengeluaran pada barang-barang yang tidak diperlukan.

Cari penghasilan tambahan

Jika Anda ingin menabung lebih cepat, cobalah mencari penghasilan tambahan. Misalnya, Anda dapat menjual barang-barang yang tidak lagi digunakan atau mencari pekerjaan paruh waktu. Dengan cara ini, Anda dapat mengumpulkan uang muka dengan lebih cepat.

Bahkan, beberapa waktu yang lalu Joglonesia telah memberikan ulasan bagaimana mengambil keuntungan dari menabung dengan menjadi referal salah satu bank digital.

Dengan mengajak untuk bergabung menggunakan bank tersebut, Anda akan mendapatkan keuntungan mulai dari 25 ribu hingga 500 ribu untuk setiap nasabah yang berhasil bergabung.

Baca Juga: Cara Deposito BSI Mobile – Cara Smart Simpan Uang Pasti Cuan

Bahkan, hanya sekedar buka rekening dan mulai menabung saja Anda sudah berhasilmendapatkan saldo tambahan sebagai nasabah baru. Dengan cara ini, tentunya menjadi tips menabung untuk beli rumah yang cukup cerdik.

Hindari hutang

Hutang memang cukup membahayakan dari segi keuangan Anda. Bahkan, saat ini banyak sekali perusahaan fintech yang memberikan kemudahan dalam berhutang. Jadi, alangkah baiknya untuk menghindari hutang atau bahkan mencoba install aplikasi pinjol apalagi yang ilegal.

Sebelum membeli rumah, pastikan bahwa Anda tidak memiliki hutang yang terlalu banyak. Hutang dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk menabung, karena sebagian besar uang Anda akan digunakan untuk membayar cicilan hutang. Cobalah untuk melunasi hutang Anda terlebih dahulu sebelum memulai menabung untuk membeli rumah.

Pilih Bank yang Memberikan Promo

Saat ini ada sejumlah bank yang secara masif memberikan promo besar besaran terkait dengan simpanan terutama tabungan berjangka. Nah, dengan memanfaatkan momen ini, Anda memiliki kesempatan untuk menyimpan uang sambil menikmati berbagai promo yang disediakan.

Seperti contohnya Promo Line Bank yang belakangan ini gencar dan semakin menggila, atau juga tabungan bank muamalat yang memberikan hadiah iPhone. Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk memiliki rekening di sejumlah Bank. Namun, tetap perhatikan untung rugi terutama biaya admin yang perlu Anda perhitungkan.

Kesimpulan

Menabung untuk membeli rumah membutuhkan persiapan dan perencanaan yang matang. Pilihlah pilihan tabungan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda, dan hindari hutang yang terlalu banyak.

Dengan trik dan tips menabung yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat mempersiapkan diri untuk membeli rumah dengan lebih mudah dan efektif.


Ikuti info menarik lainnya di Google News